Sejarah Singkat Perjalanan Karir Gerrard

Sejarah Singkat Perjalanan Karir Gerrard

408
0
SHARE
Sejarah Singkat Perjalanan Karir Gerrard
Sejarah Singkat Perjalanan Karir Gerrard

Rebutbola – Stadion Anfield dipastikan akan sangat emosianl pada hari Sabtu ini, pasalnya ini adalah penampilan Steven Gerrard untuk yang terakhir kalinya langsung di depan para The Kopites sebagai pemain Liverpool.

Menjelang kepindahannya ke LA Galaxy, kami tim Rebutbola spesial merangkum beberapa cerita dalam perjalanan karir Gerrard.

Bakat Gerrard tampak jelas sejak ia masih bersetatus sebagai siswa SMA, Steve Monghan, salah satu guru dari Stevie G di SMA Kardinal Heenan mengaku sangat sedih mendengar kapten legendaris ini harus pergi dari klub yang telah ia bela sejak kecil.

“Saya bergabung dengan SMA itu pada tahun 1991, tahun yang sama dengan masuknya Steven. Saya diberitahu oleh beberapa pengajar disana bahwa tim sepakbola SMA ini memiliki satu pemain yang sangat hebat, saya melihat permainan Steven pertama kali saat kami bermain melawan Savio (sekolah dari Jamie Carragher saat SMA). Steven membuat saya terkejut dengan permainannya, bakatnya sudah terlihat meski usianya masih sangat muda.” Kata Steve Monghan.

“Dia bermain dengan sangat tenang, hal itu persis seperti pribadinya sehari – hari. Tapi terkadang dia menjadi seorang pemain yang ganas, ia bisa menembak dari jarak 20 yard dengan sangat keras dan ter arah.”

“Pada akhir tahun pertama, kami berhasil menembus babak final melawan sekolah lokal lain yang disebut Blue Coat. Kami kalah 3-0 di babak pertama, tapi Steven berhasil memberikan perubahan di babak kedua. Dia mencetak 2 gol, satu gol tercipta lewat kepalnya dan satu gol lewat tendangan volinya yang sangat keras, kami akhirnya menang 4-3. Kemenangan itu pun rasanya seperti laga finaldi Istanbul yang terjadi 15 tahun lebih awal!” Tutup sang guru.

Awal Karir Gerrard Di Liverpool
Awal Karir Gerrard Di Liverpool

Steven Gerrard nampaknya memang harus bekerja keras dalam meniti karirnya, setelah lulus SMA, ia berhasil bergabung dengan Liverpool, namun tidak murni sebagai pemain, melainkan ia menjalani pekerjaan lainnya sebagai salah satu pembersih sepatu para pemain saat itu, Gerrard menjadi pembersih sepatu dari Stig Inge Bjornebye.

Meski menjadi seorang pembersih sepatu, Steven berhasil menjadi pekerja yang dibanggakan karena ketekunannya dalam bekerja.

“Saya tidak pernah melihat anak muda yang membersihkan sepatu bisa bermain untuk tim pertama, namun saya rasa itu sangat pantas ia dapatkan, di sela sela jam istirahatnya, Steven sering mengikuti pelatihan, ia berhasil menunjukan kehebatannya dalam bermain sepakbola, Steven sangat diandalkan pada saat itu, ia tenang dan sangat fokus setiap menjalani pelatihan.” Ujar Stig Inge.

Saya ingat saat saya diajak menonton anak-anak berlatih di Melwood dengan Steve Heighway (Direktur Akademi saat itu). Dia menunjuk Steven, menggelengkan kepalanya karena kagum dan berkata “Lihat anak ini, dia akan menjadi sesuatu yang hebat”. “

“Sejak itu saya tidak pernah terkejut dengan apa yang di raih oleh Steven di masa depan, karena saya telah melihatnya secara langsung sejak ia masih muda. Ia akan menjadi salah satu cerita terbesar yang dimiliki Liverpool.”

Gerrard terus menunjukan hal yang positif bersama tim muda Liverpool, hingga pada akhirnya ia bekerja sama dengan agen pemain , Struan Marshall. Selam 17 tahun terkahir ia telah memberikan pelajaran yang hebat pada Steven, ia selalu membimbingnya hingga Steven menjadi pesepakbola professional.

“Sebelum saya bertemu dengan Steven Gerrard, saya telah dicerikatan sedikit tentang kapten legendaries tersebut oleh Gerard Houllier, Gerrard datang bersama Dominic Matteo dan juga Jamie Carragher, dan saat itu kami mulai saling mengenal.” Ungkap Struan Marshall.

“Ketika kita bertemu untuk pertama kalinya, di sebuah hotel di Liverpool, hal yang pertama ada dalam benak saya adalah sebuah pertanyaan apakah benar anak ini memiliki kemampuan seperti apa yang dicertikan oleh Gerard Houllier?”

“Namun setelah kami melakukan banyak pembicaraan, saya mulai melihat kecocokan dengan Steven, saat itu saya yakin bahwa dia memiliki kemauan yang sangat besar, dia pun seorang pekerja keras, dan yang sangat terlihat adalah dirinya memiliki loyalitas yang sangat besar pada kampung halamannya.”

“Saat ia mulai menjalani karirnya bersama skuat utama Liverpool ia mulai menunjukan kehebatannya, banyak tawaran dari klub yang datang padanya, namun sejak usianya masih 18 tahun, ia telah berambisi tidak akan meninggalkan Liverpool dan ingin memberikan banyak trofi pada klubnya ini, namun ia mengaku hanya ingin pergi dari Liverpool saat ia sudah tidak lagi merasa mampu membawa klubnya ini bersaing dengan klub lain.” Tutup sang agen.

Gerrard Jalani Debut Timnas Bersama Inggris U-21
Gerrard Jalani Debut Timnas Bersama Inggris U-21

Howard Wilkinson benar benar menjadi orang yang paling berjasa di persepakbolaan Gerrard bersam Timnas Inggris, ia memulai debutnya bersama Inggris U-21 dan berhasil mencetak gol saat mereka menang 5-0 atas Luksemburg pada tahun 1999.

Sebelum laga melawan Luksemburg, Steven terlihat sangat resah di malam hari, ia terlihat keluar hotel dan berjalan di pekarangan hotel Mottram Hall tempat para pemain timnas U-21 menginap, Howard Wilkinson pun menemani keresahan Gerrard sambil mengajaknya bercerita agar keresahan itu sedikit memudar.

“Dia adalah seorang pria yang serius dan berdedikasi tinggi, dia sangat memiliki loyalitas yang tinggi. Dan di laga tersebut pun Gerrard berhasil tampil dengan luar biasa, sejak saat itu saya yakin bahwa ia akan menjadi pemain yang luar biasa.” Ujar Howard.

Pada bulan Oktober 2003, Gerard Haoullier menyerahkan ban kapten untuk pertama kalinya pada Steven Gerrard, kala itu Steven masih berusia 23 tahun. Hingga kini ia telah mengenakan 469 kali ban kapten dalam 708 penampilan.

Pada bulan Oktober 2003, Gerard Houllier menyerahkan kemudian 23 tahun tanggung jawab utama untuk menjadi kapten Liverpool. Dia telah dikenakan ban 469 kali dalam 708 penampilan

“Dia sangat terkejut saat saya memilihnya sebagai kapten selanjutnya, namun secara naluriah saya sangat yakin, dan dia adalah orang yang sangat tepat.” Ujar Gerard Haoillier.

Hari dimana Steven Gerrard di percaya sebagai kapten diakuinya sebagai hari yang sangat membahagiakan dan paling tidak terlupakan.

Gerrard Tunjuk Henderson Sebagai Kapten
Gerrard Tunjuk Henderson Sebagai Kapten

Kali ini giliran pelatih Gerrard saat ini, Brendan Rodgers yang mengungkapkan perasaannya terhadap hari hari terakhir Gerrard di Liverpool.

“Aku akan merindukannya. Ia telah bermain 42 pertandingan bagi saya di musim pertama. Dia telah membuat 38 penampilan musim ini. Itu adalah hal terbaik yang saya miliki dari dia sebagai pemain.”

“Dia adalah pemain yang saya kagumi, dia tidak akan tergantikan, sebenarnya ia bisa jauh lebih baik dari saat ini jika dia pergi ke klub hebat di Eropa, namun lihat dirinya, dia terus bertahan di Anfield. Di layak menjadi ikon di kota ini.” Tutup Rodgers.

Sebelum Gerrard pergi, ia telah menunjuk Jordan Henderson sebagai wakil kapten Liverpool, dan Hendo pun telah menadapatkan pendidikan yang sangat berharga selama empat tahun terakhir.

“Steviea adalah pemain idola saya saat saya tumbuh dewasa, dan saya sangat gugup ketika saya datang kesini untuk pertama kalinya dan harus bermain bersama dengannya. Tapi Stevie membuat saya sangat nyaman, dan selalu membantu saya menyelesaikan semua masalah baik di lapangan maupun di luar lapangan.” Kata Henderson.

“Mellwood pasti akan menjadi seperti kota mati untuk beberapa hari setelah kepergian Stevie nanti, saya tidak bisa membayangkan apa yang akan terjadi nanti saat ia meninggalkan kami, namun satu yang saya yakini, tidak aka nada lagi yang seperti dia.” Tutup Henderson.

Steven Gerrard Berhasil Raih Trofi Liga Champions Di Istanbul
Steven Gerrard Berhasil Raih Trofi Liga Champions Di Istanbul

Demikian rangkuman singkat dari kami tentang perjalanan Gerrard, selamat jalan kapten, semogo sukses bersama klub baru mu.