Buruknya Pembangunan Piala Dunia 2022 Di Qatar

Buruknya Pembangunan Piala Dunia 2022 Di Qatar

299
0
SHARE
Rusia dan Qatar dikabarkan bisa saja kehilangan statusnya sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022
Rusia dan Qatar dikabarkan bisa saja kehilangan statusnya sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022

Rebutbola – Dua perusahaan dari sponsor resmi FIFA, Coca-Cola dan Visa, mengatakan sangat prihatin atas buruknya kondisi dari para pekerja migran di dalam pembangunan proyek stadion-stadion di Qatar untuk Piala Dunia tahun 2022. Visa sempat memberikan pernyataan jika mereka sangat terganggu dengan laporan yang terkait permasalahan Piala Dunia Qatar serta kondisi dari para pekerja migran.

Para sponsor menilai pekerja yang berada disana sama sekali jauh dari kata layak, setiap pekerja terlihat tidak memenuhi standar keselamatan dalam bekerja, padahal setiap proyek yang dilakukan, setiap pekerja diwajibkan memakai alat keselamatan sebelum memulai pekerjaan.

Para Pekerja migran Di Qatar
Para Pekerja migran Di Qatar

Visa mengatakan keprihatinannya itu langsung kepada FIFA, permasalahan tentang buruknya kondisi para pekerja, dan mendesak badan sepak bola dunia dapat dengan cepat memperbaiki kondisi tersebut dan memastikan akan keselamatan dan kesehatan semua orang yang terlibat dengan Piala Dunia 2022.

Sementara dari pihak Coke pun mengatakan dan sangat meminta FIFA dapat bekerja sama dengan para pejabat di Qatar untuk dapat menjamin hak-hak dari para pekerja. Mereka sangat berharap FIFA dapat terus menangani permasalahan ini dengan serius dan dapat membuat sebuah langkah maju.

Qatar memang sering dikeritik tentang buruknya kondisi para pekerja migran, yang sebagian besar dari selatan dan timur asia. Kritik tersebut ditujukan kepada proyek pembangunan dari sejumlah stadion serta fasilitas lainnya untuk Piala Dunia Qatar 2022.

Sebuah grup yang bernama “New FIFA Now” pada pekan yang lalu sempat mengatakan bahwa mereka telah melayangkan sebuah kiriman surat kepada delapan sponsor utama FIFA yaitu Adidas, Gazprom, Hyundai, Kia, McDonald’s, Budweiser, Coca-Cola dan Visa. Agar mereka turut menaruh prihatin kepada para pekerja di Qatar.