Sejarah Perjalanan Xavi Hernandez

Sejarah Perjalanan Xavi Hernandez

502
0
SHARE
Sejarah Perjalanan Xavi Hernandez
Sejarah Perjalanan Xavi Hernandez

Rebutbola – Xavi Hernandez adalah produk asli jebolan FC Barcelona, lahir di Creus, Terrassa Spanyol pada tanggal 25 Januari 1980, gelandang itu memulai karirnya lewat akademi muda pada tahun 1991, saat itu ia masih berumur 11 tahun.

Tujuh tahun menimba ilmu bersama akademi FCB, akhirnya gelandang ini berhasil menembus tim utama di tahun ke tujuhnya. Debut pertamanya datang saat Braulgrana menjalani Piala Super melawan Real Mallorca.

Iniesta Merasa Kehilangan Xavi Pindah Dari Barcelona
Iniesta Merasa Kehilangan Xavi Pindah Dari Barcelona

Xavi terlihat sangat produktif bersama rekan duetnya di lini tengah, Andres Iniesta. Duet gelandang asal Spanyol ini berhasil membangun klub Catalan menjadi luar biasa, kedua pemain ini pun sering disebut dengan pasangan emas di lini tengah.

Xavi, Marquez, Eto'o, Puyol
Xavi, Marquez, Eto’o, Puyol

Gaya permainan yang dimiliki keduanya pun bisa dikatakan sangat mirip, baik di level klub maupun di level manca negera kedua gelandang ajaib ini selalu bersama. Pada akhirnya di musim panas kemarin rekan dari Iniesta ini memutuskan untuk gantung sepatu dari sepakbola Internasional.

Ia memulai debutnya saat Timnas melakukan pertandingan persahabatan melawan Belanda di tahun 2000.

Bersama El Matador, Xavi telah membuat 133 caps dan berhasil memenangkan Piala Dunia tahun 2010, kemudain di tahun 2008 dan 2012 ia pun berhasil menyambar trofi kejuaraan Eropa.

Karir Xavi tidak semulus seperti yang kita lihat, di bulan Desember tahun 2005 ia sempat mendapatkan cedera ligamen cruciatum pada lututnya, cedera ini ia dapatkan saat menjalani sesi latihan bersama klub, selama lima bulan Xavi harus absen dari rumput hujau.

Cedera ini membuat dirinya tidak bisa memperkuat Barca saat final Liga Champions tahun 2006 yang di gelar di Paris. Meski ia hanya duduk di bangku cadangan, Barca masih berhasil menang dari Arsenal dengan skor 2-1.

Xavi Hernandez
Xavi Hernandez

Kemudian di musim 2008/09, Pep Guardiola datang sebagai pelatih, penampilan Xavi pun kian menggila, kala itu mereka berhasil membuat Braulgrana meraih treble winner untuk pertama kalinya.

Di tahun 2009 akhirnya Xavi berhasil meraih gelar Ballon d’Or untuk yang pertama kalinya. Keberhasilan Xavi seakan tidak pernah usai, Juli 2010 ia berhasil membawa Spanyol menjuarai Piala Dunia di Afrika Selatan.

Xavi Raih Penghargaan
Xavi Raih Penghargaan

Kemudian di tahun 2011 Xavi berhasil mengulang juara Liga Championsnya, dan di tahun selanjutnya Xavi berhasil berperan penting saat menjuarai Euro 2012, kala  itu ia juga berperan dengan golnya Torres. La Roja berhasil menggulung Italia dengan skor 4-0.

Namun penurunan mulai terjadi saat Piala Dunia tahun 2014 di Brazil. Mereka harus pulang lebih awal di kompetisi terebut, dan setelah turnamen itu berakhir, Xavi pun mengumumkan bahwa dirinya gantung sepatu dari sepakbola manca negara.

Xavi
Xavi

Di musim ini, Xavi memang lebih sering berada di bangku cadangan, posisinya mulai tergantikan dengan pemain muda asal Kroasia, Ivan Rakitic. Pemain muda ini pun sudah dianggap bisa menggantikan peran dari gelandang veteran asal Spanyol ini.

Selain itu, di musim ini mereka berhasil membawa pulang trofi Liga Spanyol untuk yang ke tujuh kalinya dalam 11 tahun terakhir.

Setelah berhasil meremiskan kemenangan di musim ini, Xavi langsung mengumumkan bahwa dirinya akan segera meninggalkan Spanyol dan bergabung dengan klub asal Qatar, Al-Sadd.

Xavi Umumkan Klub Barunya Di Musim Depan
Xavi Umumkan Klub Barunya Di Musim Depan

Pengumuman itu memang disambut dengan kekecewaan, sebagian orang berfikir Xavi akan menghabiskan karirnya di Spanyol dan pensiun di Barcelona. Selama karirnya ini Xavi telah memenangkan 23 gelar, 8 di La Liga, 3 di Liga Champions, 2 Piala Raja, 2 Piala Super Eropa, 6 Piala Super Spanyol, dan 2 Piala Dunia antar klub.

Torehan trofi Xavi masih bisa bertambah, di musim ini ia masih bisa memenangkan 2 trofi lagi, yaitu trofi Piala Raja dan trofi Liga Champions.

Selamat jalan Xavi Hernandez.

Mampukah Xavi bersinar bersama klub barunya, Al-Sadd?

Selamat Jalan Xavi
Selamat Jalan Xavi