Juventus Kenang Tragedi Heysel

Juventus Kenang Tragedi Heysel

919
0
SHARE
Juventus Kenang Tragedi Heysel
Juventus Kenang Tragedi Heysel

Rebutbola – Targedi Heysel terjadi pada tanggal 29 Mei 1985. tragedi itu terjadi saat pertandingan Liverpool melawan Juventus di ajang Piala Champions (Saat ini bernama Liga Champions).

Ini adalah salah satu tragedi buram untuk persepakbolaan Eropa, di tahun 1985 klub asal Inggris sedang berjaya dalam kompetisi Eropa, namun semua kejayaan itu hancur akibat adanya tragedi yang menewaskan banyak korban ini.

Tragedi Heysel
Tragedi Heysel

Selaini itu, peristiwa ini berimbas pada klub lain yang barasal dari Inggris, mereka dilarangg bermain di tingkat Internasional selama 5 tahun.

Peristiwa ini bermula dari fans masing-masing klub yang saling mengejek dan melecehkan satu sama lain. Lalu tiba-tiba sekitar satu jam sebelum kick off kelompok hooligan Liverpool yang merasa kesal mencoba menerobos pembatas dan berhasil masuk ke wilayah tifosi Juventus.

Tragedi Ini Selalu Dikenang Setiap Tahun
Tragedi Ini Selalu Dikenang Setiap Tahun

Tidak terjadi perlawanan karena yang berada di bagian tersebut bukanlah kelompok Ultras garis keras dari Juve (Fighters). Pendukung Juventus pun berusaha menjauh namun kemudian sebuah tragedi terjadi. Dinding pembatas di sektor tersebut roboh karena tidak mampu menahan beban dari orang-orang yang terus beruhasa merangsek dan melompati pagar. Ratusan orang tertimpa dinding yang berjatuhan. Akibat dari peristiwa ini sebanyak 39 orang meninggal dunia dan 600 lebih lainnya luka-luka.

Pasca Tragedi Heysel
Pasca Tragedi Heysel

Meskipun terjadi peristiwa yang mengenaskan dengan jumlah korban yang begitu besar, panitia memutuskan untuk terus melanjutkan pertandingan. Kick off dilakukan setelah kapten kedua kesebelasan meminta penonton untuk tenang. Alasan lain adalah untuk meredam atmosfer kerusuhan yang mulai menyebar. Tifosi Ultras garis keras (Fighters) dari Juventus di bagian lain stadion sempat akan melakukan pembalasan. Mereka mencoba untuk bergerak ke arah pendukung Liverpool namun berhasil dicegah satuan keamanan stadion setempat. Dengan dimulainya pertandingan maka suasana bisa mulai dikendalikan. Pertandingan itu sendiri dimenangi Juventus dengan hasil akhir 1 – 0. Michel Platini mencetak gol semata wayang Juventus dari titik penalti setelah dilanggar oleh pemain Liverpool.

Peringatan Tragedi Heysel
Peringatan Tragedi Heysel

Dan pada saat Juventus berhadapan dengan Napoli, para fans dari Juve melakukan penghormatan bagi seluruh fans yang menjadi korban di tragedi Heysel kala itu.

Tepatnya di menit ke 39 para fans membentangkan bendera besar yang bertuliskan “Tidak ada yang benar-benar mati, mereka akan hidup selamanya di hati kami.”

Kemudian para suporter pun mengangkat nama nama korban dari tragedi yang terjadi pada saat itu, lebih dari 40.000 suporter berdiri dan memberikan tepuk tangan.

40.000 Suporter Angkat Nama Korban Heysel
40.000 Suporter Angkat Nama Korban Heysel

Rafa Benitez yang juga mantan pelatih dari Liverpool ikut serta berdiri dan memberikan tepuk tangannya sebagai tanda penghormatan pada para korban.

Laga kontra Napoli pun berhasil dimenangkan oleh Si Nyonya Tua dengan skor 3-1.