Wakil Presiden FIFA Ditangkap Polisi

Wakil Presiden FIFA Ditangkap Polisi

321
0
SHARE
Wakil Presiden FIFA Ditangkap Polisi
Wakil Presiden FIFA Ditangkap Polisi

Rebutbola – Enam pejabat sepakbola termasuk wakil presiden FIFA, Jeffrey Webb ditangkap di sebuah hotel mewah di Zurich, Swiss pada haru Rabu pagi tadi. Kini para petinggi FIFA itu telah di tahan oleh pihak kepolisian sambil menunggu ekstradisi ke Amerika Serikat.

Proses Penangkapan
Proses Penangkapan

Swiss Federal Office telah melakukan proses pidana sehubungan dengan tuduhan pencucian uang yang di lakukan mereka pada Piala Dunia 2018 dan 2022.

Selain itu, pihak kejaksaan pun telah mencantumkan 10 nama anggota komite eksekutif FIFA untuk dimintai keterangannya, hal ini dikarenakan ada kecurigaan pada 10 anggota komite tersebut dalam pengambilan suara saat menentukan dimana Piala Dunia di gelar.

Yang lebih parahnya lagi, kasus ini juga melibatkan tindak pidana suap dengan total lebih dari $ 100 juta atau senilai £ 65m.

Kecurigaan ini mulai terbongkar saat salah satu pihak anggota dari FIFA melaporkan bahwa presiden Sepp Bletter secara aktif telah melobi untuk menunda lokasi pemilihan.

Selain itu pihak kepolisian juga telah menyita sejumlah data elektronik dan beberapa dokumen yang berada di markas FIFA. Hal ini telah disampaikan secara langsung oleh kejaksaan Swiss.

Pada saat proses penangkapan, Sepp Bletter memang tidak berada di hotel mewah tersebut. Di hotel tersebut hanya ada sang wakil, Jeffrey Webb. Hal ini juga disampaikan langsung oleh juru bicara dari FIFA.

Jeffrey Webb Wakil Presiden FIFA
Jeffrey Webb Wakil Presiden FIFA

Diantara anggota FIFA lainnya juga ditangkap Eugenio Figueredo selaku eksekutif sepakbola Uruguay, namun saat ini beliau telah mundur dari posisinya tersebut. Kemundurannya di lakukan setelah pemillihan umum presiden FIFA.

Sebuah prosedur telah dibuat dan disepakati untuk segera melakukan ekstradisi, hal ini pun disetujui oleh otoriter Amerika Serikat.

Dan ini daftar nama yang telah ditangkap dan ditahan oleh pihak kepolisian Swiss : Webb, Figueredo, Li, Jack, Warner, Julio Rocha, Costas, Esquivel, Maria, dan Leoz.

Berikut proses penangkapan yang terkam oleh kamera.