Sanksi FIFA Buat Indonesia

Sanksi FIFA Buat Indonesia

155
0
SHARE
PSSI Umumkan Pelatih Timnas Senior Pada 3 Juni 2016
Timnas Indonesia Piala AFF 2012 - photo

Indonesia Absen di 3 Event Internasional 2016

Rebutbola – Sanksi FIFA yang masih berlaku di 2016 membuat Indonesia dipastikan tidak bisa mengikuti 3 perhelatan internasional di seluruh level, baik timnas maupun klub.

Sejauh ini memang belum terdapat tanda -tanda FIFA bakal mencabut sanksi pasalnya, pemerintah melalui Kementrian Pemuda dan Olahraga belum mencabut pembekuan PSSI. FIFA menjatuhkan sanksi untuk Indonesia pada Kongres FIFA 30 Mei 2015.

Mekanisme pemutihan sanksi untuk Indonesia harus melalui Kongres FIFA yang digelar sekali dalam setahun.

Situasi ini cukup rumit, pasalnya Kongres FIFA 2016 bakal digelar Februari mendatang. Bila Indonesia masih disanksi, Indonesia harus menunggu beberapa bulan lagi agar bisa diakui FIFA dan kembali manggung di pentas internasional.

Tim Ad Hoc untuk PSSI dari FIFA sejauh ini pun belum bisa bekerja optimal karena beberapa elemen bisa bergabung diantaranya dari pemerintah dan Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI).

Berikut daftar beberapa event yang bakal dilewati Timnas Merah Putih di ajang internasional

  1. Piala AFF

Timnas Merah Putih kemungkinan besar absen di perhelatan Piala AFF 2016. Menurut rencana, turnamen sepak bola terbesar di kawasan Asia Tenggara ini bakal dihelat di dua negara, Myanmar dan Filipina.

Belum ada kepastian dari AFF kapan gelaran ini digelar, namun spekulasi yang berkembang, sekitar Desember 2016. Peluang Timnas Merah Putih mengikuti turnamen ini masih terbuka, bila sanksi FIFA dicabut. Sebab, AFF bukan anggota AFC dan FIFA.

Sanksi FIFA Buat Indonesia
Timnas

Bila Timnas absen, ini pertama kalinya Tim Merah Putih tidak ambil bagian di AFF 2016 sejak turnamen ini pertama kali diselenggarakan pada 1996.

Sepanjang turnamen ini, Tim Merah Putih belum pernah keluar sebagai juara. Pencapaian terbaik Timnas hanya mencapai runner-up tahun 2000, 2002, dan terakhir 2010.

Dua tahun lalu, di Piala AFF 2014 Vietnam dan Singapura, Indonesia harus tersingkir di babak penyisihan grup.

Torehan buruk tercipta di turnamen ini. Dalam kurun waktu 50 tahun terakhir, Indonesia dikalahan Filipina dengan skor telak 0-4 dalam pertandingan di My Dinh National Stadium, Hanoi, Vietnam.

  1. Liga Champions Asia

Macan Asia juga tidak mengirimkan wakil ke Liga Champions Asia karena kompetisi di ISL berhenti di tengah jalan. Sanksi FIFA juga membuat AFC mencoret klub ISL sebagai daftar peserta Liga Champions Asia.

Sebenarnya, Indonesia memiliki peluang bermain di kasta kompetisi tertinggi klub di Asia ini melalui jalur playoff. klub ISL terakhir kali bermain di Liga Champions Asia musim 2011. Ketika itu, Indonesia diwakili Arema Cronus.

Sanksi FIFA Buat Indonesia
Persipura

Jatah playoff Liga Champions Indonesia milik juara ISL. Musim 2014, Persib Bandung tampil di babak playoff putaran ke 2. Maung Bandung kalah telak 0-4 dari Hanoi T&T.

Kekalahan tersebut membuat Persib terlempar ke AFC Cup. Tim besutan Djadjang Nurdjaman ini bergabung dengan Persipura Jayapura.

  1. Piala AFC

Nasib Macan Asia di AFC Cup sama seperti di Liga Champions Asia. Tim Merah Putih tidak memiliki wakil di kompetisi kasta kedua di Benua Kuning ini.

Ketiadaan kompetisi reguler membuat Indonesia sekaligus sanksi FIFA yang masih berlaku membuat ISL tidak bisa mengirimkan wakil di AFC Cup.

Musim lalu, kiprah wakil dari ISL di kompetisi ini cukup menjanjikan dengan keberhasilan Persib Bandung dan Persipura Jayapura melewati fase grup. Namun langkah mereka terhenti di babak 16 besar.

Persib harus mengakui keunggulan Kitchee di 16 besar yang digelar satu pertandingan. Sedangkan Persipura lebih apes kalah WO dari Pahang karena tersangkut kasus visa.

Rebutbola.com