Pelajaran Pertama Untuk Zidane

Pelajaran Pertama Untuk Zidane

106
0
SHARE

Bukan Hanya Tropi, Zidane Harus Dapat Kuasai Tim

Rebutbola – Sukses sebagai pemain sepakbola belum tentu sukses menjadi pelatih, kesuksesan Zinedine Zidane dalam bermain dilapangan mungkin tidak perlu diragukan lagi, namun untuk menjadi pelatih dan langsung menangani tim sekelas Real Madrid bukan menjadi perkara mudah, apalagi setiap pelatih Madrid selalu dibebani target yang sangat tinggi. Bukan cuma harus menghadirkan trofi juara, tapi mereka juga dituntut untuk menampilkan gaya permainan yang menghibur.

Pelajaran Pertama Untuk Zidane
Ciro Ferrara

Selain itu, pelatih-pelatih Madrid juga harus bisa menguasai ruang ganti dan mengendalikan ego pemain-pemain bintang berharga mahal. Hal inilah yang masih harus dipelajari oleh Zidane.

“Tentu ini adalah sebuah peran baru untuk Zidane. Jadi, dia harus, secara perlahan-lahan, laga demi laga, lewat kata-kata yang dia katakan ke skuatnya, mendapatkan kepercayaan mereka meskipun mungkin sekarang dia telah mendapatkan kepercayaan penuh dari mereka. Ini adalah sesuatu yang secara otomatis Anda miliki setelah menjadi legenda sejati seperti Zizou,” ujar mantan rekan setim Zidane di Juventus, Ciro Ferrara, seperti dikutip Soccerway.

“Setelah itu dia harus menemukan cara yang tepat untuk mentransfer filosofinya, mungkin tak banyak pada awalnya. Khususnya karena ini tidak seperti di Italia, di mana para pelatih cenderung banyak berfokus pada taktik. Di Spanyol, mereka cenderung tak terlalu banyak melakukannya. Namun, saya yakin Zidane akan punya beberapa ide taktik yang dia peroleh selama bertahun-tahun bermain untuk Juventus, yang ingin dia katakan kepada timnya sekarang,” imbuh Ferrara.

“Saya pikir Zizou tidak akan pernah mendekati Cristiano Ronaldo dan berkata: ‘Lihat, kamu perlu menendang bola seperti ini’ atau mendekati Sergio Ramos dan mengajarinya cara bertahan. Para pemain sudah tahu apa yang harus dilakukan dan sekarang Zidane harus menunjukkan kecerdasan, demi membantu mereka jadi lebih baik,” kata mantan pelatih Juventus itu.

Rebutbola.com