Yaya Toure: “Penghargaan CAF Membawa Aib Untuk Afrika”

Yaya Toure: “Penghargaan CAF Membawa Aib Untuk Afrika”

131
0
SHARE
Yaya Toure
Yaya Toure

Toure Kritik Keputusan Penghargaan Yang Membawa Aib Untuk Afrika

rebutbola – Gelandang Manchester City, Yaya Toure, telah bereaksi penuh amarah atas kekalahannya di penghargaan CAF African Footballer of the Year dan mengatakan keputusan yang telah diambil ialah ‘menyedihkan’, ‘tidak senonoh’, serta ‘membawa aib untuk Afrika’.

Toure melontarkan kritik-kritiknya dalam sebuah wawancara kontroversial Oktober lalu, menuduh para tukang fitnah telah ‘menyebarkan omong kosong’ dan beberapa kali memperkarakan hal tersebut di Inggris dan benua kampong halamannya.

Pemain berumur 32 tahun tersebut sempat menjadi kapten di Pantai Gading dan menuntun mereka ke kejuaraan pertama mereka di Africa Cup of Nations sejak tahun 1992 di awal tahun lalu dan telah dimasukkan juga namanya kedalam tim dalam turnamen tersebut.

Namun ternyata ia kalah dari bomber Borrusia Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang di saham perindividual – yang diusulkan oleh para pelatih dan direktur teknis – dan kini tengah mengamuk kepada para pembuat keputusan dengan bersikeras bahwa ‘bahkan Fifa’ tidak akan mencapai kesimpulan semacam itu.

“Saya sangat sangat kecewa,” ujar Toure. “Sedih sekali untuk melihat Afrika berasksi dengan cara seperti ini, bahwa mereka pikir pencapaian Afrika tidaklah penting.

“Saya pikir inilah yang membawa noda ke Afrika karena bertingkah seperti itu sangatlah menyedihkan. Namun apalah yang bisa kami lakukan? Kami para warga Afrika, bisa-bisanya tidak menunjukkan bahwa Afrika itu penting dimata kita. Lebih menyukai apa yang di luar negeri daripada di benua kita sendiri, itu sangatlah menyedihkan.

“Bahkan Fifa, dengan semua sejarah korupsinya tak akan melakukan hal seperti ini.”

Pierre-Emerick Aubameyang
Pierre-Emerick Aubameyang

Toure tidaklah asing dengan mengundang kontroversi di pers dan itu tampak lebih lagi setelah ia bersumpah untuk ‘mengatakan yang sejujurnya’ saat pertanyaan-pertanyaan menghujani dirinya.

Ia menambahkan: “Yaya akan mengurus diri Yaya sendiri dan membiarkan Afrika mengurus dirinya sendiri juga. Seperti yang seringkali diberitahu kepada saya, kau tidak bisa terlalu menjaga Afrika karena Afrika akan menjadi yang pertama untuk mengecewakanmu.

“Saat saya kembali ke Eropa, akan ada banyak sekali pertanyaan untuk saya. Saya pikir saya hanya tinggal menjawab itu semua. Karena saya adalah orang yang jujur, saya akan selalu menyatakan kejujuran.”

rebutbola.com