Enaknya Jadi Warga Kazakhstan, Pilih Pelatih Timnas Sendiri

Enaknya Jadi Warga Kazakhstan, Pilih Pelatih Timnas Sendiri

131
0
SHARE
Fans Kazakhstan
Fans Kazakhstan

Warga Negara Kazakhstan Dibolehkan Pilih Pelatih Negaranya Sendiri

rebutbola – Para suporter Kazakhstan sangat beruntung sekali bisa diberikan kesempatan untuk memilih sendiri pelatih negara mereka yang berikutnya dalam sebuah voting online sebagai bagian dari eksperimen kedemokratisasian yang sangat langka.

Fans-fans tersebut telah ditawarkan pilihan antara seorang pelatih berkebangsaan Kazakh juga atau pelatih warga negara asing di website federasi tersebut. Dalam ronde keduanya, para fans akan memilih nama dari sebuah daftar calon-calon pelatih – ini dijelaskan oleh juru bicara federasi tersebut, Dmitry Nesterenko.

Para kandidat semuanya dipilih secara realistis saja dan bukanlah yang bintang-bintang global. Nesterenko menambahkan juga bahkan dengan “pada dasarnya, tak perlu ada Mourinho” yang baru-baru ini meninggalkan Chelsea. Namun, negara Asia Tengah tersebut menghalami penghambatan dalam demokrasi internetnya pasalnya partisipannya tidak cukup banyak.

Federasi tersebut menjelaskan bahwa suara pemilihan sebanyak 50,000 dibutuhkan untuk mempertimbangkan validitas pemilihan tersebut namun tak sampai 5% dari jumlah tersebut sudah dicapai sampai malam Senin kemarin padahal pemilihan tersebut tersisa 3 hari lagi. Dari jumlah tersebut terlihat jelas yang terpilih lebih banyak ialah pelatih asing dan opsi tersebut memimpin sebanyak 1,732 dari 836 (pelatih negara sendiri).

“Sebetulnya tak ada masalah dengan popularitas sepak bola disini. Orang-orang semua menonton sepak bola namun saya masih tidak bisa memahami mengapa tidak ada yang mau voting,” ujar Nesterenko.

Dari hasil tersebut pun belum ada jaminan bahwa yang memilih merupakan suporter Kazahkstan karena tidak ada yang bisa menghentikan pemilih asing untuk registasi otomatis dan ikut memilih di website tersebut.

Empat pelatih Kazakhstan sebelumnya merupakan orang asing terutama yang baru-baru ini, warga negara Rusia, Yuri Krasnozhan.

Yuri Krasnozhan
Yuri Krasnozhan

Kesuksesan Kazakhstan belum sempat juga bersinar di timnas mereka yang telah gagal menjuarai European Championship di Perancis pasalnya mereka hanya memenangkan satu laga dari 10 pertandingan kualifikasi.

rebutbola.com