FIFA Naik Banding Untuk Beratkan Hukuman Para Koruptor

FIFA Naik Banding Untuk Beratkan Hukuman Para Koruptor

131
0
SHARE
Blatter & Platini
Blatter & Platini

Mantan Presiden FIFA Dan Mantan Ketua UEFA Terancam

rebutbola – Dewan investigasi dan komite etika FIFA kini tengah naik banding untuk meningkatkan pelarangan (ban) selama delapan tahun yang diberikan kepada Sepp Blatter dan Michel Platini.

Mantan presiden FIFA, Blatter, serta mantan ketua UEFA, Platini, diberi pelarangan dari segala jenis aktifitas persepakbolaan alhasil dari sebuah konflik kepentingan yang menyangkut perjanjian pembayaran senilai 1.35juta Poundsterling ke Platini yang juga merupakan subyek dari investigasi kriminal di Swiss.

Dewa investigasi tersebut telah meminta pelarangan seumur hidup untuk keduanya, namun dewan ajudikasi yang diketuai oleh Hans-Joachim Eckert, hanya memberikan hukuman selama delapan tahun saja. Sekarang nampaknya hukuman tersebut terlalu ringan.

Seorang juru bicara dari dewan investigasi etika FIFA mengatakan: “Saya dapat mengonfirmasi bahwa kami berniat untuk naik banding.”

Platini sudah lama berencana untuk bengkit dari kursinya untuk menggantikan posisi Blatter dalam pemilihan presiden FIFA 26 Februari mendatang namun ia tidak akan penuh persyaratan bahkan sebelum ia mengundurkan diri dari persaingan itu.

Keduanya diincar untuk kenaikan banding oleh komite FIFA setelah komite etika tersebut menyediakan kedua koruptor tersebut dengan alasan tertulis yang lengkap untuk penskorsan mereka.

Juri etika juga menyingkapkan bahwa Blatter juga menerobos kode etika FIFA atas kepentingan pribadi, pelanggaran loyalitas, serta menawarkan ataupun menerima hadiah.

Blatter & Platini
Blatter & Platini

Keduanya membantah kesalahan apapun di tahun 2011 terutama saat Platini mengambil 1.35juta Poundsterling tersebut dari uang milik FIFA dan disetujui oleh Blatter sebagai upah tanpa kontrak untuk pekerjaannya sebagai penasihat presidensial dari tahun 1999 hingga 2002.

Blatter juga didenda sebesar 50.250 Dollar dan Platini didenda senilai 80.400 Dollar.

rebutbola.com