Pemilik Newcastle United Menuai Aksi Protes

Pemilik Newcastle United Menuai Aksi Protes

83
0
SHARE
Mike Ashley
Mike Ashley

Fans Newcastle United Lakukan Aksi Protes

rebutbola – Fans Newcastle United telah meluncurkan salah satu demonstrasi yang paling merakyat sejauh ini terhadap sang milyuner pemilik klub yakni Mike Ashley, memamerkan sebuah spanduk saat klub mereka menghadapi Manchester United kemarin untuk memprotes tentang cara sang milyuner tersebut menjalankan cabang retail-nya, Sports Direct. Para fans di sepanjang Gallowgate membentangkan spanduk mereka yang bertuliskan ”#SportsDirectShame” (Sports Direct Memalukan), dekat penghujung pertandingan di ronde pertama.

Fans Newcastle United dengan Spanduknya
Fans Newcastle United dengan Spanduknya

Kejadian ini merupakan yang terbaru dalam rentetan aksi protes terhadap kepemilikan Ashley atas klub sepak bola tersebut yang ia beli di tahun 2007. Cabang toko tersebut juga terlibat dalam kontroversi yang masih hangat mengenai kondisi jam kerja yang berlebih dan masalah pembayaran.

Sekitar 1milyar Poundsterling telah dihapus dari nilai pasar saham Sports Direct tahun ini mengikuti adanya kekhawatiran mengenai perdagangan perusahaan tersebut yang ditingkatkan oleh investigator Guardian Desember silam yang juga menemukan bahwa pengecer tersebut telah mengupah para pekerja gudang temporernya secara terus menerus dengan upah dibawah upah minimum nasional.

Laporan the Guardian mengarah ke sebuah pertanyaan di parlemen dan memanggil untuk sebuah investigasi oleh HM Revenue & Customs serta memancing kritikan dari institusi direktur yang melabelkan Sports Direct sebagai sebuah “goresan di perbisnisan Inggris”.

Dalam malam perayaan tahun baru, Sports Direct menjanjikan kenaikan upah dengan total sejumlah 10juta Poundsterling untuk semua stafnya dimulai dari tahun ini. Ashley juga berjanji untuk memimpin ulasan yang harus dipertimbangkan ulang mengenai staf temporernya serta kondisi-kondisinya.

rebutbola.com