Lima Negara Didenda Akibat Chant Homofobik

Lima Negara Didenda Akibat Chant Homofobik

191
0
SHARE
5 negara yang di denda akibat chants homo
5 negara yang di denda akibat chants homo

FIFA Kembali Berantas Para Diskriminator Homofobik

rebutbola – Lagi-lagi fans berulah. FIFA baru-baru ini telah memberi denda kepada asosiasi sepak bola Argentina, Chile, Mexico, Peru, dan Uruguai akibat chant para fans mereka yang berunsur homofobik.

Badan pemerintahan tersebut mengatakan “chant yang menghina dan bersifat diskriminasi” tersebut muncul saat laga kualifikasi untuk World Cup 2018.

Chile telah diberi sanksi yang paling tinggi yakni sejumlah 70.000 Swiss Francs (48.000 Poundsterling) mengenai kasusnya atas aksi-aksi memalukan tersebut di empat pertandingan yang berbeda-beda. FIFA juga menjatuhkan denda berupa sanksi sebesar 20.000 Swiss Francs (13.720 Poundstering) kepada Argentina, Mexico, Peru, serta Uruguai. Proses yang berlangsung terhadap Honduras yang fansnya melakukan aksi serupa juga kini masih terus berlanjut.

Claudio Sulser, kepala dari komite kedisiplinan FIFA, menjelaskan: “FIFA telah lama berjuang untuk memberantas perlakuan dan sikap diskiriminasi dalam bentuk apapun dalam sepak bola selama bertahun-tahun lamanya dan salah satu bagian dari pemberantasan tersebut adalah melalui sanksi.

FIFA
FIFA

“Namun, proses pendisiplinan sendiri saja sebenarnya tak cukup untuk mengubah perilaku dari beberapa grup atau kelompok fans tertentu yang sayang sekali bertentangan dengan nilai-nilai inti dari setiap permainan kami. FIFA dan seluruh komunitas sepak bola di seluruh penjuru dunia harus mulai dan bahkan harus terus menerus menjadi proaktif dalam mengedukasi dan mengilhami pesan ‘persamaan’ (equality) serta hormat antara semua tingkat permainan.”

rebutbola.com