Hukuman Untuk Sang Inspektur World Cup

Hukuman Untuk Sang Inspektur World Cup

85
0
SHARE
Inspektur World Cup
Inspektur World Cup

Inspektur Tawaran Dilarang Selama Tujuh Tahun

Rebutbola – Seorang inspektur tawaran Piala Dunia 2018 dan 2022 telah diberi pelarangan dari seluruh aktifitas persepakbolaan alhasil dari perbuatannya yakni mencari keuntungan pribadi untuk para anggota keluarganya. Komite etika FIFA telah mengesahkan sanksi selama tujuh tahun setelah memproses inspektur tersebut selama enam bulan terakhir.

Harold Mayne-Nicholls yang berasal dari Chile itu “berulang-ulang kali mengajukan permintaan personal terkait penerimaan serta pelatihan untuk para kerabatnya yakni seorang anak lelaki, seorang keponakan laki-laki, serta adik ipar,” juri etika FIFA menyatakan dalam sebuah pernyataan Kamis kemarin.

Sang penawar dan institusinya tidaklah teridentifikasi meskipun sebelumnya telah dilaporkan bahwa Mayne-Nicholls menemui akademi The Aspire di Doha dan berbincang mengenai pekerjaan yang tidak diberi upah serta posisi magang. Akademi pemuda tersebut dikaitkan dengan kesuksesan Qatar di tahun 2022 atas tawaran tuan rumah Piala Dunia.

“Tuan Mayne-Nichols tidak berperilaku dalam batas kepentingan FIFA semata dan mengabaikan tanggung jawabnya sebagai orang resmi berpangkat tinggi di FIFA, seseorang yang diharapkan untuk bersikap dengan sangat netral dan berintegritas, dan itu semua hanya demi mengincar kepentingannya sendiri,” dijelaskan dalam pernyataan FIFA.

Dewan juri etika telah mengungkapkan Mayne-Nicholls yang telah melanggar beberapa pasal dari kode etis FIFA, termasuk penawaran dan penerimaan hadiah serta konflik kepentingan.

Mayne-Nicholls ternyata sempat dipertimbangkan untuk ikut dalam pemilihan presiden FIFA namun kasus etikanya dilaporkan di tahun 2014 silam.

Ia dulu ditunjuk oleh FIFA di tahun 2010 untuk memimpin tim beranggotakan enam orang untuk mengevaluasi para penawar Piala Dunia 2018 dan 2022. Seluruh sembilan kandidat dikunjunginya diantara bulan Juli hingga September 2010.

Harold Mayne-Nicholls
Harold Mayne-Nicholls
Harold Mayne-Nicholls
Harold Mayne-Nicholls

Dalam sebuah laporan teknis, Mayne-Nicholls menandai kemungkinan pemenang yakni Rusia dan Qatar dijadikan sebagai resiko paling besar sebagai calon negara penjamu FIFA.

Komite eksekutif FIFA menolak mentah-mentah laporannya ditambah juga Mayne-Nicholls diputuskan untuk dikeluarkan dari pencalonan presiden FA Chile langsung setelah ia menyelesaikan tugasnya untuk FIFA.

Rebutbola.com