FA Qatar Dituduh ‘Kanker Dunia Persepakbolaan’

FA Qatar Dituduh ‘Kanker Dunia Persepakbolaan’

103
0
SHARE
Theo Zwanziger
Theo Zwanziger

FA Qatar Menuntut Ucapan Eks Presiden FA Jerman Tersebut

rebutbola – Asosiasi Sepak Bola Qatar kini sedang menuntut eks presiden FA Jerman yakni Theo Zwanziger akibat menyebut negara bangsa Teluk sebagai sebuah ‘kanker dalam dunia persepakbolaan’ mengikuti penawaran Piala Dunianya yang sukses, seperti yang diujar sidang daerah Dusseldorf.

Zwanziger, yang memimpin DFB hingga tahun 2012 silam, telah ditanya dalam sebuah wawancara televisi tahun lalu mengenai apakah keputusan untuk mengizinkan Qatar menjamu Piala Dunia 2022 seharusnya diulas atau tidak setelah pelanggaran akibat korupsi yang membentur FIFA yang merupakan badan pemerintahan dunia sepak bola.

Menurut sebuah pernyataan di sidang tersebut, Zwanziger menjelaskan kepada seorang penyiar umum yakni Hessischer Rundfunk sebuah ulasan adalah ‘mungkin dilakukan dan perlu dilakukan’ serta menambahkan: “Saya dari dulu selalu bilang bahwa Qatar adalah kanker di dunia persepakbolaan. Itu semua berawal dari keputusan tersebut.”

FIFA kini menghadapi krisis terbesar dalam sejarahnya dengan beberapa penyelidikan yang mengarah ke 41 orang dan entitas yang diindikasikan tuntutan korupsi.

Jaksa penuntut Swiss kini tengah menyelidiki kedua keputusan FIFA untuk menghadiahkan Piala Dunia 2018 ke Rusia dan turnamen tahun 2022 nya ke Qatar, sebuah negara kecil dan kaya di padang pasir tanpa ada tradisi asli sepak bola.

FA Qatar berkata ucapan Zwanziger menunjukkan ketidakhormatan yang kolektif dan bersifat fitnah dan dirinya tidak seharusnya dibiarkan mengulanginya, menurut pernyataan pengadilan tersebut.

Theo Zwanziger
Theo Zwanziger

Kasus Zwanziger dengan Qatar akan dimulai pada tanggan 2 Februari mendatang.

rebutbola.com