Total Gol Messi Bukanlah 501 Melainkan 485?

Total Gol Messi Bukanlah 501 Melainkan 485?

89
0
SHARE
Total Gol Messi Bukanlah 501 Melainkan 485?
Lionel Messi

Meski Messi Didewakan Atas Gol Ke-501, Belum Tentu Itu Hitungan Yang Paling Benar

rebutbola – Sebetulnya, Lionel Messi kemungkinan tidak mencetak sebanyak 501 gol karir.

Hal tersebut sudah begitu luas dilaporkan sejak malam Rabu kemarin bahwa juara lima kali Ballon d’Or tersebut telah melampaui batu loncatannya ketika sedang melakoni pertandingan dimana Barcelona, klubnya, mempermalukan Valencia yang dinahkodai oleh Gary Neville.

Messi, yang berhasil menjebloskan gawang lawan sebanyak tiga kali di Nou Camp, menambahkan koleksi golnya hingga ke angka 24 dari total 27 pertandingan musim ini dan – pada awalnya dikira – mencapai gol ke 501 nya dalam seluruh perjalanan karir pemain tersebut.

Namun ternyata, sebuah badan statistika olah raga yakni Opta, berkata bahwa mereka punya hitung-hitungan yang betul-betul berbeda untuk sang kapten tim nasional Argentina tersebut.

Lalu, dari mana datangnya perbedaan tersebut?

Opta berkata bahwa ketika mereka menghitung di angka 485 cetakan gol, sumber-sumber lain mengatakan bahwa tendangan Messi sukses merobek gawang lawan sebanyak 14 kali yakni untuk tim U-21 Argentina dan sebanyak dua kali untuk tim U-23nya.

Para ahli statistik pun mampu memberikan sebuah rincian yang tepat dari keseluruhan 485 gol tersebut – namun tetap tidak mampu menentukan keabsahan dari 16 gol tambahan yang diakui sumber-sumber lain.

Total Gol Messi Bukanlah 501 Melainkan 485?
Lionel Messi

Ini bukan pertama kalinya juga jumlah gol seorang pemain dipertanyakan. Disaat bertanding untuk Vasco de Gama pada tanggal 20 Mei 2007 silam, seorang legenda Brazil yakni Romario dilaporkan telah membukukan gol karir yang keseribunya.

Total Gol Messi Bukanlah 501 Melainkan 485?
Romario

Akan tetapi, karena tidak ada yang mampu membuktikan jumlah golnya yang amat banyak itu, perhitungan batu loncatan tersebut akhirnya tetap dipertentangkan.

Dibawah ini merupakan rincian dari keseluruhan 485 gol Lionel Messi:

  1. 70 menggunakan kaki kanan, 392 menggunakan kaki kiri, 21 dengan kepala, dan 2 lainnya.
  2. Sebesar 13% gol Messi berasal dari luar kotak penalti, sedangkan 87% berasal dari dalam kotak penalti.
  3. Gol penalti Messi adalah sebanyak 61 kali dan tendangan bebasnya sebanyak 23 kali.
  4. Messi mencetak gol sebanyak 10% untuk Argentina dan 90% untuk Barcelona.

rebutbola.com