Menanti Kehebatan Madrid, Atau Kejutan Roma

Menanti Kehebatan Madrid, Atau Kejutan Roma

133
0
SHARE
Menanti Kehebatan Madrid, Atau Kejutan Roma
As Roma VS Real Madrid

Hitungan Statistik Madrid Dan Roma

Rebutbola – Jelang laga AS Roma melawan Real Madrid pada lanjutan babak 16 besar Liga Champions diatas kertas Real Madrid mungkin lebih diunggulkan saat ini. Sama-sama sedang dalam masa penyesuaian diri dengan pelatih anyarnya, Real Madrid lebih mencolok di liga domestik mereka, dibandingkan calon lawannya.

Menanti Kehebatan Madrid, Atau Kejutan Roma
AS Roma VS Real Madridid

Sama-sama baru menjalankan enam pertandingan setelah resmi dilantik jadi pelatih kepala, Zinedine Zidane telah mencatat 5 kali menang dan satu hasil seri, sementara Luciano Spalletti 4 kali menang sekali kalah dan satu hasil seri. Produktifitas jelas Roma kalah telak mereka baru mencetak 11 gol dan kemasukan 5 gol dari enam pertandingan yang mereka jalankan, sementara Real Madrid mencetak 22 gol dan kebobolan 5 gol dari enam pertandinag juga.

Di Liga Champions Los Blancos memiliki catatan statistik sejarah yang menawan saat bersua AS Roma. Los Blancos sudah mengoleksi 10 gelar Liga Champions. La Decima mereka raih pada musim 2013-2014 setelah mampu mengalahkan Atletico Madrid di partai final.

Sedangkan, AS Roma belum pernah sekalipun meraih supremasi tertinggi di benua Eropa ini. Prestasi terbaik mereka di Liga Champions adalah runner-up pada 1982-1983. Dalam satu dekade terakhir ini, Roma juga sebatas pelengkap di Liga Champions dan sekadar memberi kejutan kecil, belum sampai tahap menjadi kandidat juara.

Perjalanan AS Roma di fase grup memang tak terlalu mulus. Mereka meraih satu tiket 16 Besar setelah menjadi runner-up Grup E. Il Lupi memperoleh 6 angka hasil dari 1 menang, 3 imbang, dan menelan 2 kekalahan. Mereka mencetak 11 gol dan kebobolan 16 gol.

Sementara Real Madrid menjadi pemuncak Grup A dengan 16 poin. Koleksi tersebut berasal dari 5 kemenangan dan sekali imbang. Cristiano Ronaldo dkk mencetak 19 gol dan kebobolan 3 gol.

Los Blancos memang superior. Mereka tercatat melakukan 127 percobaan mencetak gol dengan 52 di antaranya menemui sasaran. Statistik tersebut lebih baik dibandingkan Roma yang melakukan 89 percobaan dengan 38 di antaranya menemui sasaran.

Francesco Totti dkk tercatat melakukan 68 pelanggaran dan 73 kali dilanggar. Total ada 9 kartu kuning yang mereka terima. Sedangkan, di kubu lawan, melakukan 72 kali pelanggaran dan 66 kali dilanggar dengan menerima 10 kali hukuman kartu kuning.

Berdasarkan statistik diatas Madrid terlihat lebih superior dibandingkan AS Roma namun bukan berarti Roma tidak bisa mengulang sejarah semifinal musim 2007-2008. Ketika itu mereka menyingkirkan Real Madrid dengan skor aggregaat 4-2. Terlebih status Spalletti sebagai pelatih berpengalaman, bisa saja membuat Pelatih Rea Madrid, Zinedine Zidane kagok saat berlaga di zona Eropa. Maklum, pengalaman tetap menjadi prioritas utama ketika berlaga di turnamen antarklub Benua Biru.

Rebutbola.com