Sejarah Pertemuan: ARSENAL vs BARCELONA

Sejarah Pertemuan: ARSENAL vs BARCELONA

165
0
SHARE
Sejarah Pertemuan: ARSENAL vs BARCELONA
Arsenal vs Barcelona

Inilah Pertemuan-Pertemuan Terdahulu Di Antara Kedua Tim

rebutbola – Menjelang bentrokan antara Barcelona dengan Arsenal di laga UEFA Champions League hari Rabu mendatang, disini kami akan bahas semua pertemuan the Blaugrana dan juga the Gunners yang sebelumnya..

PERTANDINGAN PERSAHABATAN

Sudah ada dua pertandingan persahabatan yang dilakoni kedua tim ini di tahun 1973 sebelum pertandingan-pertandingan resmi apapun. Ini merupakan pertemuan pertama yang berujung kemenangan untuk tim Barca dengan skor 1-0 alhasil dari pemainnya yakni Juanito yang sukses membobol gawang Arsenal. Pertandingan tersebut diatur sebagai salah satu bagian dari sebuah rentetan pertandingan yang dilaksanakan dan dimaksudkan untuk membantu membayar biaya transfer Johan Cruyff. Sedangkan pertandingan yang kedua merupakan sebuah tanda penghargaan untuk George Hamilton. Barcelona lagi-lagi berhasil memenangkan laga tersebut dengan skor akhir 3-1 atas Arsenal dan merupakan kunjungan mereka yang pertama dan satu-satunya ke Highbury.

UEFA CHAMPIONS LEAGUE, TAHAP GRUP (1999-2000)

Pertandingan Pertama: Barcelona 1-1 Arsenal

Ini merupakan pertama kalinya kedua tim bertemu dalam laga resmi dan keduanya mendapatkan hasil seri dari laga ini di Camp Nou. Siapa lagi kalau bukan Luis Enrique yang berhasil mencetak skor pembukaan di menit ke 18 dalam pertandingan itu, akan tetapi, Nwankwo Kanu pada akhirnya berhasil menyamakan kedudukan dan mengamankan the Gunners. Laga seri tersebut memang menguntungkan bagi kedua belah pihak yakni tetap mempertahankan Barcelona di posisi atas dalam grupnya dan Arsenal di posisi keduanya.

Pertandingan Kedua: Arsenal 2-4 Barcelona

Pertandingan ini adalah kemenangan pertama Barcelona melawan Arsenal yang terjadi di stadion Wembley di London. Rivaldo sukses merobek gawang Arsenal di menit ke 14 dan Luis Enrique melipatgandakan keunggulan tersebut persis satu menit kemudian. Arsenal kemudian menyusul dengan satu skor via Denis Bergkamp sebelum waktu istirahat. Akan tetapi, Luis Figo dan juga Philip Cocu kemudian langsung membantai Arsenal setelah pertengahan terakhir dimulai untuk membuat skor menjadi 4-1. Marc Overmars juga berhasil menyelamatkan rasa malu yang menimpa Arsenal paling tidak dengan membobol gawang Barca satu kali dan skornya berhenti di 4-2. Pada akhirnya, Barcelona berhasil lolos dari sistem gugur grup sedangkan Arsenal berakhir di posisi ketiga dan di-drop­ ke UEFA Cup.

UEFA CHAMPIONS LEAGUE FINAL (Musim 2005-06)

Barcelona 2-1 Arsenal

Medali Champions League pertama yang berhasil dimenangkan Barca sejak kejuaraan Eropa mereka di tahun 1992 alhasil dari kemenangan mereka atas the Gunners. Ludovic Giuly sempat membobol gawang untuk mencuri skor untuk Barca, akan tetapi sang wasit membatalkan aksi tersebut karena pelanggaran yang terjadi sebelumnya oleh Jens Lehmann sang kiper dari Arsenal. Meski itu dilakukan di luar kotak penalti, namun itu dianggap sebagai pelanggaran sang kiper yang kemudian terpaksa menepi. Meski Barcelona unggul satu pemain, mereka tetap tanpa gol karena sang Ronaldinho menyeleweng dari tendangan bebas. Sol Campbell akhirnya berhasil mendahului Barca dan membukukan 1 skor untuk timnya. Barcelona juga sempat mendominasi kepemilikan bola, namun the Gunners lebih mendapat kesempatan lebih selagi Valdes beraksi heroik untuk menghentikan Thierry Henry agar tidak memberikan kemenangan kepada timnya. Para pemain pengganti Frank RijkaardHenrik Larsson, Juliano Belletti, dan seorang pemuda bernama Andres Iniesta – yang akhirnya mengubah pertandingan itu sepenuhnya. Pertama, sebuah tendangan Iniesta-ke-Larsson-ke-Eto’o berhasil menyeimbangkan Barcelona dengan gol yang sudah lama dinanti. Kemudian, sebuah umpan dari Larsson ke Belletti mengunggulkan tim tersebut dengan skor dari sang pemain bek kanan itu yang kemudian menangis karena telah menjadi pahlawan yang luar biasa untuk Barcelona. Di momen itu, dewi fortuna ternyata sedang berpihak kepada Barca.

Sejarah Pertemuan: ARSENAL vs BARCELONA
Laga Final
Sejarah Pertemuan: ARSENAL vs BARCELONA
UEFA Champions League 2006

UEFA CHAMPIONS LEAGUE (Ronde ke-16, Musim 2009-10)

Leg Pertama: Arsenal 2-2 Barcelona

Barcelona mendominasi hampir dalam keseluruhan pertandingannya dan Zlatan Ibrahimovic yang pemberani berhasil menghadiahi Barca di awal-awal waktu dalam pertengahan kedua pertandingan dengan dua kali bobolan ke gawang Arsenal sebagai pengunggul. Namun, Arsenal kemudian kembali melawan; pertama melalui gol dari Theo Walcott dan kemudian setelah Carles Puyol ditepikan karena melakukan pelanggaran atas Cesc Fabregas di kotak penalti, Fabregas kemudian menjadi sang pahlawan yang paling tidak berhasil menyamakan kedudukan di laga tersebut.

Leg Kedua: Barcelona 4-1 Arsenal

The Gunners mungkin hampir sukses dalam comeback-nya. Pasalnya, di menit ke 18 dalam leg kedua tersebut, tendangan Nicklas Bendtner berhasil ditepis oleh Victor Valdes namun Bendtner melakukan rebound kemudian untuk memberikan skor agregat unggul kepada Arsenal yakni 3-2. Akan tetapi, terjadilah ‘Messi’. Pertama, melakukan upaya dalam tendangan jarak panjangnya melewati sang wasit untuk menyamakan skor menjadi 1-1 serta mengunggulkan Barca dalam gol-gol tandangnya. Kemudian menghadiahi Barca satu gol lagi menjadi 2-1 dan juga 4-2 di agregatnya menjelang 10 menit terakhir di halftime. Ia kemudian mengerjai sang kiper untuk melakukan hat-trick nya saat sudah tersisa 4 menit sebelum waktu istirahat. Selagi waktu terus menipis, Messi membukukan gol keempatnya dalam salah satu dari penampilan yang paling berkenang darinya dalam karir bermutunya. Itu merupakan, paling tidak hingga hari ini, kemenangan yang paling imbal atau berat sebelah untuk kedua tim ini dalam sejarahnya.

UEFA CHAMPIONS LEAGUE (Ronde ke-16, Musim 2010-11)

Leg Pertama: Arsenal 2-1 Barcelona

Barcelona hadir dalam laga ini sebagai tim yang paling digemari oleh kebanyakan orang, namun ternyata Arsenal lah yang berhasil mencengangkan semuanya karena berhasil membawa kemenangan di leg pertama ini dalam laga kandang. David Villa melontarkan tendangan untuk menghasilkan gol pembukaan untuk Barcelona dan Lionel Messi juga sebetulnya bisa memperbesar keunggulan, akan tetapi golnya di menit ke 39 betul-betul sangat terlarang dan dianulir. Robin van Persie dan juga Andrey Arshavin kemudian memberikan gol-gol yang mencengangkan di menit-menit terakhir untuk membawa pulang kemenangan untuk Arsenal dengan skor akhir 2-1 atas Barcelona. Ini merupakan kemenangan Arsenal yang pertama – sejauh ini – dalam menghadapi Barcelona.

Leg Kedua: Barcelona 3-1 Arsenal

The Blaugrana memberikan penampilan yang sangat brilian dalam laga ini dan betul-betul secara keseluruhan mendominasi Arsenal. Meski begitu, Arsenal terus tabah dan cepat berpegas serta hampir mencuri kemenangan di akhir-akhir pertandingan. Messi disaat itu sukses dalam sasarannya untuk menjadikan tendangannya kandidat Goal of the Year di waktu tambahan pertengahan pertama, namun gol tunggal Sergio Busquets lagi-lagi mengizinkan Arsenal untuk kembali unggul dalam skor agregat. Kemudian muncul lah sebuah kartu kuning yang kontroversial dan sangat membuang-buang waktu yang akhirnya merugikan Van Persie dan itu memberikan Barca keuntungan lebih 1 orang dalam skuatnya. Xavi Hernandez membobol gawang lawannya itu, diikuti juga oleh keberhasilan tendangan penalti dari Messi yang memberikan mereka skor unggul 3-1 dan 4-3 dalam skor agregatnya. Nicklas Bendtner juga hampir memberikan Arsenal gol tandang, namun pemain bertahan yakni sang Javier Mascherano sukses mentekel Bendtner untuk mencegah kesempatan menendang secara leluasa. Barcelona kemudian menjadi tim yang akhirnya memenangkan Champions League.

rebutbola.com