10 Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya Se-Eropa

10 Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya Se-Eropa

351
0
SHARE
10 Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya Se-Eropa

Inilah Urutan Pemilik-Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya Di Daratan Negeri-Negeri Eropa

rebutbola – Perindustrian sepak bola Eropa terus memikat hati dari para kaum hartawan di penjuru dunia. Itu membuat mereka menjadi modal utama di olah raga Eropa yang menghasilkan jumlah uang terbanyak juga.

Karena itu, yuk kita lihat klub Eropa mana yang memiliki pemilik terkaya dan seberapa kaya kah mereka.

Karena sepak bola tak selalu berarti menghabiskan begitu banyak uang untuk para pemain dan pelatih-pelatihnya, industri persepakbolaan juga menghasilkan pendapatan yang begitu besar dari tiket, liga, ikut berpartisipasi di banyak kompetisi, dari sponsor, dan juga tentunya dari evaluasi pasar saham.

Itu berarti, para kaum-kaum terkaya di sekeliling bumi ini yang memiliki klub-klub Eropa pastinya juga memiliki sumber finansial tambahan selain urusan bisnis utama mereka yang menjadi sumber hartanya.

Jadi, setelah berjuta-juta dollar dalam transfer atau kesepakatan sponsor untuk perangkat olah raga terbaik atau juga dari merek-merek tersohor di seluruh dunia, di setiap akhir periode, orang-orang terkemuka ini pasti tetap akan menarik garis dan menghitung apa yang klub mereka telah hasilkan untuk mereka.

  1. DMITRY RYBOLOVLEV – Rp 118 Trilyun

    10 Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya Se-Eropa
    Dmitry Rybovlev

Orang pertama yang memasuki daftar pemilik klub tertajir di persepakbolaan. Ia merupakan seorang pebisnis yang masuk ranking selama lima tahun terakhir di daftar 200 orang-orang terkaya sedunia di majalah Forbes.

Ia dikenal dari perusahaan Potash and Uralkali-nya, penanaman-penanaman modal di The Bank of Cyprus, dan juga pembelian klub sepak bola AS Monaco.

Dengan kekayaan bersih sebesar Rp 118 Trilyun (8,8milyar Dollar) menurut majalah Forbes itu, ia juga terkenal dengan kedermawanannya dalam beberapa aksinya seperti pembangunan ulang segelintir monumen historis dan penting. Yang termasuk dari kategori ini adalah pembangunan ulang istana Oranienbaum di St. Petersburg, mengkonstruksikan gereja ortodok Rusia yakni St. Nicholas di Limassol, dan juga banyak donasi lain untuk gereja-gereja dan juga biara agar dapat dikonstruksikan ulang atau dibangun ulang.

Di tahun 2011 ia mengungkil sejumlah besar saham di tim persepakbolaan Perancis yakni AS Monaco dan mengurusnya untuk bertahun-tahun kedepan untuk menyempurnakan kewajiban yang ia sudah ambil.

Kemudian, di tahun 2013 ia sempat menghabiskan sejumlah besar uang untuk urusan transfer timnya itu setelah Monaco berhasil kembali ke Ligue 1.

  1. SILVIO BERLUSCONI – Rp 121 Trilyun

    10 Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya Se-Eropa
    Silvio Berlusconi (kanan)

Satu sosok yang begitu penting di kepolitikan Italia dan merupakan pemegang saham media terbesar di negaranya. Ia adalah Silvio Berlusconi yang kontroversial.

Ia paling dikenal atas skandal-skandal besarnya yang dipamerkan di media dan pada kenyataannya, ia sempat dipilih ulang sebanyak 3 kali untuk posisi Perdana Menteri Italia. Pria ini disebut-sebut Forbes sebagai orang paling berkuasa di Italia dan juga yang ke-12 di dunia.

Kekayaan bersihnya adalah sekitar Rp 121 Trilyun (9milyar Dollar). Berlusconi menghasilkan pendapatannya yang pertama di konstruksi dan penjualan properti. Itulah dimana kerajaan medianya mendapat modal awalnya.

Dalam industri persepakbolaan, ia membeli klub AC Milan dan sukses menyelamatkannya dari kebangkrutan serta berinvestasi dalam jumlah uang yang sangat besar di waktu itu. Pasalnya, ia mampu memboyong pemain-pemain palling mahal dan berharga dimasa-masa itu seperti Ruud Gullit, Marco van Basten, dan juga Frank Rijkaard.

Untuk sekarang ini, ia masih tetap menjadi salah satu pemilik klub terkaya di daratan Eropa meski sekarang, ketua eksekutif the Rossoneri juga merupakan putrinya sendiri, Barbara.

  1. ROMAN ABRAMOVICH – Rp 137 Trilyun

    10 Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya Se-Eropa
    Roman Abramovich

Semua orang pasti tahu Roman Abramovich. Semua orang mencintainya dan mencintai apa yang ia telah lakukan dan berikan untuk klub sepak bola Inggris yakni Chelsea FC.

Ia merupakan salah satu pemilik klub paling ikonik. Pasalnya, ia telah mengerahkan hampir seluruh kekayaannya untuk klub tersebut dengan menginvestasikan pemain-pemain dan juga pelatih-pelatih papan atas.

Selama bertahun-tahun investasinya membuahkannya begitu banyak tropi dan juga ketenaran. Para pers berspekulasi bahwa jumlah terakhir yang ia berikan kepada klubnya itu adalah sekitar Rp 13 Trilyun (1milyar Dollar).

Ia menghasilkan harta dan kekayaannya dari beberapa hal lainnya juga. Di awal-awal tahun, sebagai seorang pebisnis, kami melihatnya di banyak sekali perusahaan yang menghasilkannya milyaran harta, namun ternyata harta tersebut pada dasarnya datang dari bisnis perminyakan.

Sang pria perminyakan Rusia ini menghasilkan uang yang begitu bergelimpah selama bertahun-tahun hingga jumlah total yang ia sumbangkan secara cuma-Cuma sudah berjumlah hingga lebih dari Rp 34 Trilyun demi membangun banyak sekolah, rumah sakit, dan juga infrastruktur dari wilayah timur utara Rusia.

Abramovich juga merupakan pemilik dari pesawat-pesawat jet paling mahal nomor 1 sedunia dan juga kapal yacht kedua termahal di seluruh dunia!

  1. JOHN FREDRIKSEN – Rp 154 Trilyun

    10 Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya Se-Eropa
    John Fredriksen

Daftar ini terus berlanjut hingga pria terkaya di Norwegia yang kini berusia 70 tahun dan memiliki armada tangki minyak terbesar di seluruh dunia.

Ya, sekarang kau pasti sudah tau, ia menghasilkan kekayaannya itu dari tangki-tangki minyak dan perindustrian kapal.

Ia paling banyak mendapat hartanya itu ketika masa-masa perang Iran dan Irak di tahun 1980 ketika perusahaannya menjadi pilihan transportasi utama untuk minyak-minyak yang masih beresiko serta berbahaya dan memang sedang sangat berharga waktu itu yang akhirnya membuatnya meraup keuntungan yang besarnya susah dibayangkan.

Di tahun 2006, Fredriksen menolak kewarganegaraan Norwegia dan malah menjadi WN Cyprus. Baginya, memiliki sebuah tim sepak bola tidak berarti menghamburkan jumlah uang yang besar dan menginvestasikannya untuk pembelian pemain. Maka dari itu timnya sempat rehat dan vakum selama 10 tahun sejak saat terakhir mereka memenangkan kejuaraan mereka.

Pria ini diketahui masih bekerjasama dengan pria terkaya nomor 8 di daftar pemilik klub terkaya kami, Roman Abramovich, yang memberi Fredriksen sebuah tawaran senilai Rp 3 Trilyun untuk sebuah rumah yang Fredriksen kini miliki di London.

  1. FRANCOIS-HENRI PINAULT – Rp 201 Trilyun

    10 Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya Se-Eropa
    Francois-Henri Pinault

Hingga sekarang, divisi sepak bola Perancis yakni Ligue 1 telah memberikan kami milyuner kedua yang juga tentunya masuk daftar orang-orang terkaya Forbes.

Lahir di Rennes di tahun 1962, Francois-Henry Pinault merupakan seorang pejabat tinggi ekskulif di Kering. Itu merupakan firma yang ayahnya miliki terdahulu. Ayahnya juga merupakan pengusaha pengembang merk-merk mewah ternama untuk olah raga dan lifestyle seperti Gucci, Bottega Veneta, Saint Laurent, dan masih banyak yang lainnya.

Sang milyuner ini adalah pemilik tim lainnya yang juga tidak menghamburkan uangnya terlalu banyak di perindustrian sepak bola. Alhasil, Stade Rennais terpaksa harus menerima dengan pahit ranking dekat posisi terakhir di Ligue 1 yakni posisi ke-12 di klasemennya.

Ayahnya membeli tim tersebut di tahun 2000 dari kotamadya dan sang hartawan tersebut menginvestasikan sejumlah kekayaannya di klub tersebut. Namun di tahun 2001 ia meninggalkan klubnya itu demi diambil alih oleh putranya sendiri yakni si Francois-Henri.

  1. RINAT AKHMETOV – RP 207 Trilyun

    10 Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya Se-Eropa
    Rinat Akmetov (kanan)

Di pertengahan lain dari urutan pemilik klub terkaya sepak bola Eropa, kami memiliki milyuner lainnya. Ia adalah pemilik dari klub Ukrania yakni FC Shakhtar Donetsk dan juga merupakan pria terkaya di Ukraina.

Kemungkinan merupakan salah satu orang paling berpengaruh di negerinya, Akhmetov menghasilkan seluruh kekayaannya dari perusahaan System Capital Management yang ia bangun di tahun 2000. Semenjak itu, perusahaan tersebut telah menjadi pemimpin pemegang bisnis finansial dan industrial.

Dengan saham-saham di pertambangan, listrik, perbankan, insuransi, telekomunikasi, media, dan juga perumahan, selain itu ia juga merupakan pria penuh kontroversi pasalnya nama yang ia miliki itu terkait dengan mafia-mafia besar dan penting di Rusia.

Pria ini menjadi pemilik klub yang sekarang setelah pemilik klub terdahulu wafat dalam sebuah upaya pemboman. Dengan uang Akhmetov, ia berhasil dihadiahi kejuaraan dan piala-piala oleh timnya.

  1. LAKSHMI MITTAL – Rp 220 Trilyun

    10 Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya Se-Eropa
    Lakhsmi Mittal

Pria ini diketahui memegang saham sebesar 34% dari klub persepakbolaan Inggris, Queens Park Rangers F.C.

Mittal merupakan CEO dan juga ketua dari Arcelor Mittal, perusahaan produksi metal terbesar sedunia, dan namanya seringkali muncul di Forbes sebagai pria terkaya selama berthaun-tahun.

Sebelum QPR, namanya tak jarang disebut-sebut dalam urusan penjualan dan pembelian klub-klub seperti Wigan dan juga Everton. Namun QPR merupakan klub terakhirnya yang ia pegang sahamnya, dengan dua rekan lainnya.

Akan tetapi, dari tahun 2010, yang menjadi pemegang saham QPR hanya tinggal 2 saja yakni dirinya dan kawannya sendiri. Dan dalam timnya itu, Mittal mengangkat menantu lelakinya untuk menduduki kursi dewan direktur untuk mewakili minatnya terhadap klub tersebut.

  1. ALISHER USMANOV – Rp 250 Trilyun

    10 Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya Se-Eropa
    Alisher Usmanov

Lahir di Uzbekistan, ia merupakan salah satu pria terkaya di Rusia.

Seperti pemilik-pemilik di urutan sebelumnya, ia tidak mempunyai hak kepemilikan penuh atas tim Inggris, Arsenal FC. Ia dan rekannya memegang saham sebesar 29 persen di tahun 2011 meski dirinya ingin menjadi pemegang saham terbesar.

Ia menghasilkan harta kekayaannya paling banyak dari industri baja dan telekomunikasi dan juga sebagai pemilik kedua dari operator telepon seluler terbesar kedua di dunia, menjadi pemilik channel TV olah raga Rusia, dan juga media cetak koran.

  1. GEORGE SOROS – Rp 263 Trilyun

    10 Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya Se-Eropa
    George Soros

Pria ini merupakan seorang pebisnis berkebangsaan Amerika Serikat yang lahir di Hungaria. Ia menghasilkan sekitar Rp 13 Trilyyun hanya dalam satu spekulasi pasar saja.

Spekulasi yang spesifik tersebut membuatnya merusak harga saham di saat krisis perdagangan saham Inggris di Bank of England-nya.

Ia kini memiliki 8% saham klub Manchester United, dan juga namanya kini kuat terkait dengan beberapa dugaan pembelian AS Roma.

Karena kedermawanannya untuk hal-hal liberal dan progresif, ia sudah menyumbangkan bilyunan uang secara cuma-cuma kepada organisasi-organisasi yang mengurus edukasi, kesehatan, dan juga hak kemanusiaan.

1.AMANCIO ORTEGA – Rp 858 Trilyun

10 Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya Se-Eropa
Amancio Ortega

Pejuang terakhir dalam urutan pemilik klub sepak bola di Eropa yang juga merupakan salah satu pria terkaya di planet bumi.

Ia merupakan pendiri dari grup fashion yakni Inditex dan diurutkan sebagai orang terkaya KETIGA di seluruh dunia dengan kekayaan bersih senilai 64milyar Dollar.

Grup mode tersebut juga merupakan rantai ritel pakaian terbesar di dunia dengan merk-merk besar yang sudah pasti anda tahu, seperti Zara, Pull and Bear, Bershka, Massimo Dutti, Stradivarius, Oysho, dan juga Tempe.

Hingga tahun 2000, dirinya sempat ­low-profile dengan menjalani kehidupan layaknya orang biasa hari per harinya hingga akhirnya ia menjadi seorang anggota aktif dari urusan desain dan juga produksi dalam setiap produk dalam perusahaannya.

Pria ini juga merupakan pemilik klub sepak bola terkaya se-Eropa atas kepemilikan klubnya, Deportivo La Coruna, salah satu klub tradisional Spanyol yang telah membawa pulang beberapa piala dan juga gelar kejuaraan.

rebutbola.com