Sejarah Tentang Derby London Utara

Sejarah Tentang Derby London Utara

221
0
SHARE
Sejarah Tentang Derby London Utara
Skuad Arsenal

Derby London Utara Dulu Hingga Kini.

Rebutbola – Persaingan antara Arsenal dan Tottenham Hotspur, atau yang biasa disebut Derby London Utara, menjadi salah satu rivalitas paling panas di sepak bola Inggris. Kini, keduanya akan kembali bertemu di pertandingan Premier League, Minggu (1/9). Sebelum menyaksikan duel yang akan berlangsung di Emirates Stadium, berikut beberapa cerita menarik mengenai Derby London Utara yang patut diketahui:

Sejarah Tentang Derby London Utara
Derby London Utara

Asal Mula

Pertandingan kompetitif pertama antara Arsenal dan Tottenham terjadi pada tahun 1909. Kala itu The Gunners berhasil meraih kemenangan tipis 1-0. Sebelumnya, kedua klub telah bertemu dalam sebuah laga persahabatan pada tanggal 19 November 1887. Persaingan benar-benar dimulai saat Arsenal pindah dari Plumstead ke Highbury yang terletak di London Utara. Inilah yang memunculkan persaingan sengit karena markas mereka hanya berjarak empat kilometer.

Sejarah

Selama beberapa dekade, Arsenal menjadi klub paling dominan di London Utara. The Gunners lebih unggul dibanding pesaing mereka, setidaknya itulah yang tercatat dalam buku sejarah Arsenal. Namun dalam beberapa tahun terakhir Tottenham mulai mengubah gaya permainan mereka dan menjadi penantang serius Arsenal. Dalam dua musim terakhir kedua klub ini bahkan telah berbagi kemenangan. Tottenham memenangi dua pertandingan dengan skor 2-1, sementara Arsenal meraih kemenangan 5-2 pada dua kesempatan.

[Baca juga : Data Dan Fakta Arsenal VS Tottenham Hotspur]

St. Totteringham’s Day

Totteringham’s Day adalah saat di mana Arsenal berhasil finis di atas Tottenham dalam tabel klasemen akhir Liga Inggris atau saat The Lilywhites tak bisa lagi mengejar perolehan poin Tim Meriam London. Totteringham’s Day selalu dirayakan pendukung Arsenal setidaknya dalam 18 musim terakhir.

Namun, perayaan itu tampaknya belum tentu terjadi kembali musim ini mengingat Tottenham baru saja mendatangkan pemain-pemain berkualitas seperti Roberto Soldado, Erik Lamela dan Paulinho ke White Hart Lane. Di sisi lain, Arsenal tak mengeluarkan sepeser uang pun untuk membawa wajah baru di bursa transfer musim panas ini, meskipun mereka berhasil mendapatkan dua pemain dengan status bebas transfer.

Pertandingan Terbaik Derby London Utara

Arsenal dan Tottenham telah bertemu di banyak pertandingan dan pertandingan Premier League antara keduanya pada 3 Mei 1971 menjadi salah satu laga penuh makna, terutama bagi The Gunners. Saat itu, Arsenal hanya membutuhkan satu poin untuk meraih gelar Divisi Utama dan, semuanya terwujud saat gol Ray Kennedy menggetarkan gawang Spurs.

Selang 20 tahun kemudian, Tottenham menikmati masa kejayaan mereka di Wembley Stadium.

Di pertandingan pertama semifinal Piala FA antara keduanya, Spurs sukses mengalahkan Arsenal dengan skor 3-1 melalui tendangan bebas Paul Gascoigne dan dua gol Gary Lineker. Selanjutnya, The Lilywhites kembali menaklukkan Arsenal di leg kedua semifinal Piala Liga pada 22 Januari 2008. Saat itu mereka memenangi pertandingan dengan skor telak 5-1 di White Hart Lane.

Hasil itu menjadi kemenangan pertama Spurs atas Arsenal sejak bulan November 1999, dan merupakan titik balik persaingan keduanya.

Rebutbola.com