Proses Penyembuhan Untuk Cedera Hamstring

Proses Penyembuhan Untuk Cedera Hamstring

482
0
SHARE
Proses Penyembuhan Untuk Cedera Hamstring
Cedera Hamstring

Berikut Ini Adalah Proses Penyembuhan yang Tepat Untuk Cedera Hamstring

Rebutbola – Melakukan gerakan-gerakan eksplosif, sprint, melompat, memutar, memotong gerakan – yang kadang itu semua dilakukan dengan tiba-tiba dan mendadak dapat membuat seseorang Pesepakbola dapat terkena cedera Hamstring, dan sudah hal lumrah jika pesepakbola mendapatkan cedera seperti itu mengingat tensi permainan yang tinggi. Hamstring adalah merupakan kumpulan tiga otot yang memanjang dari pinggul hingga lutut. Yaitu otot bicep femoris, otot semimembranosus, dan otot semitendinosus. Jika salah satu otot ini kontraksi di luar batas, maka cedera akan terjadi. Cedera hamstring biasa terjadi karena otot paha tertarik yang bisa menyebabkan kerusakan otot paha. Beberapa gejalanya antara lain nyeri pada paha belakang secara tiba-tiba ketika latihan atau beraktivitas, kaki bagian belakang lebam, otot terasa robek atau putus, atau otot melemah sehingga kaki tidak mampu mengangkat beban.

Berikut ini kami rangkumkan Proses Penyembuhan yang Tepat untuk cedera Hamstring.

Diagnosis

Ketika seorang pemain mengalami masalah pada Hamstring, maka pemain itu harus melewati pemeriksaan fisik dan pencitraan atau MRI dan juga mekanisme gerakan atau proses kejadian yang menimbulkan cedera, bisa juga mereka gunakan USG untuk mendeteksi lokasi cedera bisa diperiksa secara dinamis, sembari menggerak-gerakkan bagian yang cedera (menekuk-meluruskan lutut). Dengan begitu, bisa diketahui secara lebih detail bagaimana kondisi otot hamstring serta dikatahui juga seberapa besar gangguan peredaran darah dalam ototnya.

Pengobatan dan Rehabilitasi

Setelah diketahui penyebab terjadinya cedera, kemudian masuk ke proses Pengobatan dan Rehabilitasi, sebelum masuk pada proses tersebut seseorang akan diberi waktu 3-7 hari untuk istirahat singkat dan juga guna memberikan kesempatan tubuh untuk mengobati dirinya sendiri. Istirahat tidak dilakukan dengan waktu yang lama agar menghindari efek immobilisasi (pembatasan gerak). Disamping itu tim medis akan memberikan cryotherapi (kompres es), elavasi (hamtring disposisikan lebih tinggi dari panggul) dan kompresi atau pembebatan menggunakan perban elastis atau taping kaku, dan berjalan menggunakan kruk apabila cedera parah.

Proses Penyembuhan Untuk Cedera Hamstring
cryotherapi

Kemudian masuk ke dalam latihan lutut dan panggul harus segera digerakkan secara bertahap sebatas rasa nyeri yang muncul. Jika nyeri maka gerakan di-stop dan juga ke latihan kontraksi isometris, dimana dilakukan gerakan yang menggerakan perpanjangan otot namun tidak terjadi gerakan pada sendi lutut dan panggul.

Proses Penyembuhan Untuk Cedera Hamstring
Nordic Hamstring

Selanjutnya masuk ke program latihan konsentrik dan eksentrik dengan beban yang naik secara bertahap. Selain itu juga diberikan latihan stabilitas otot inti atau biasa disebut core stability.

Proses Penyembuhan Untuk Cedera Hamstring
Standing Leg Hamstring Curl

Latihan yang berfokus pada otot-otot perut ke dalam hingga punggung yang bertujuan agar postur badan selalu berada pada posisi yang benar.

Proses Penyembuhan Untuk Cedera Hamstring
alat elektroterapi

Kemudian berikutnya latihan sudah berada di lapangan dengan membuat simulasi gerakan yang biasa dilakukan saat bermain, biasanya untuk latihan ini tim medis atau Fisioterapi akan bekerja sama dengan Pelatih Fisik. Kemudian untuk tahap pemulihan biasa digunakan Elektroterapi untuk pulihkan cedera pemain. Untuk kasus tertentu biasanya dilakukan operasi jika ada robekan total pada tendon atau adanya kelemahan total pada bagian inti dari otot hamstring dengan pertimbangan dan diagnosis yang sematang-matangnya.

Pasca Cedera

Setelah serangkaian sudah dilewati, dan pemain sudah dinyatakan sembuh dari cedera, maka pemain belum bisa langsung diturunkan dan harus melalui banyak faktor dan kriteria yang harus dipenuhi. Seperti faktor kebugaran, kelincahan, kecepatan dan kekuatan harus menunjukkan nilai yang baik.

Rebutbola.com