Indonesia Terancam Absen di Piala AFF

Indonesia Terancam Absen di Piala AFF

222
0
SHARE
Menpora Akan Arak Timnas Indonesia Seperti Owi/Butet Jika Juara Piala AFF
piala aff

Bila Sanksi FIFA Belum di Cabut, Indonesa Lewatkan Piala AFF

Rebutbola – Piala AFF 2016 bakal bergulir mulai November mendatang. Namun, hingga bulan ini sanksi FIFA untuk sepak bola Indonesia belum juga dicabut.

Sebelumnya, Indonesia adalah negara ke-12 yang dijatuhi sanksi FIFA, akibat konfilik PSSI dan Kemenpora. FIFA menjatuhi sanksi kepada Indonesia tanggal 17 April 2015 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Bila kondisi ini kian berlanjut hingga Mei 2016, Timnas Indonesia terancam menjadi penonton pada turnamen sepak bola antar negara di Asia Tenggara tersebut. Mengapa Mei 2016? karena saat itu FIFA akan menjalani kongres tahunan.

Indonesia Terancam Absen di Piala AFF
timnas indonesia

Dalam pernyataannya pada 24 Februari lalu, FIFA menjadwalkan kongres tahunan di Meksiko pada Mei 2016. Kongres tersebut juga akan membahas masalah negara-negara anggota FIFA yang masih berstatus terkena sanksi.

Bila dalam kongres tersebut sanksi untuk Indonesia tidak dicabut, maka Tim Garuda bakal absen di Piala AFF 2016. Pada turnamen tahun ini, AFF secara resmi telah menunjuk Filipina dan Myanmar sebagai tuan rumah.

Dengan status tengah disanksi FIFA, sebagian besar media di Asia Tenggara tidak menyebut Indonesia sebagai peserta di Piala AFF 2016. Jika tanpa Indonesia, berarti enam tim yang sudah lolos ke putaran final  yakni, Filipina dan Myanmar (tuan rumah), Thailand (juara Piala AFF 2014), Malaysia (runner up Piala AFF 2014, Singapura, serta Vietnam.

Sepak bola Indonesia mendapat sanksi dari FIFA sejak 30 Mei 2015. Sanksi itu diberikan FIFA menyusul intervensi yang dilakukan pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), yang mengeluarkan surat keputusan pembekuan kepada PSSI.

Tentu saja kondisi ini bakal sangat berpengaruh kepada Timnas Indonesia. Bahkan, Timnas Indonesia kini tidak punya pelatih, setelah Pieter Huistra, yang terakhir berada di jabatan itu memutuskan mundur karena konflik sepak bola Indonesia karena intervensi pemerintah.

Kompetisi sepak bola di Indonesia juga sudah absen selama setahun, yang ada hanya turnamen yang silih berganti digelar. Rasanya kurang masuk akal bila Timnas Indonesia bisa tampil di Piala AFF, lalu ditargetkan menjadi juara.

rebutbola.com