Barcelona Berhutang Pada Johan Cruyff

Barcelona Berhutang Pada Johan Cruyff

139
0
SHARE
Barcelona Berhutang Pada Johan Cruyff
Warisan Johan Cruyff

Pep Guardiola Mengatakan Bahwa Selama 25 Tahun Barcelona Berhutang Pada Johan Cruyff

Rebutbola – Awan hitam memang kini sedang menyelimuti dua tim raksasa Eropa yaitu Ajax dan Barcelona pasalnya legenda mereka Johan Cruyff dinyatakan meninggal dunia pada 24 maret 2016 di usia ke 68 tahun akibat penyakit Kanker Paru-paru yang ia derita.

Untuk mengenang kepergian sang legenda maka dipertandingan persahabatan antara Belanda vs Prancis, pertandingan akan dihentikan pada menit ke 14 selama satu menit untuk mengheningkan cipta.

Pilihan menit itu berkaitan dengan nomor punggung yang dikenakan Cruyff semasa bermain. Nuansa sendu di laga itu kian bertambah karena kedua tim juga akan melilitkan kain hitam di lengan dan mengheningkan cipta sebelum kick-off untuk mengenang para korban bom Brussels di Belgia.

Ucapan berduka cita pun datang bermunculan tak terkecuali dari Pep Guardiola yang juga adalah bekas anak didiknya kala di Barcelona.

Cruyff adalah orang yang berjasa atas karir Pep sebagai pemain atau pun pelatih dan Pep pun telah mengembangkan tiki taka filosofi ciptaan Cruyff untuk menaklukan Eropa.

Pep pun mengatakan bahwa dirinya sangat berterima kasih kepada legenda asal Belanda tersebut.

“Lupakan soal titel, saya memenangi lebih banyak titel daripada dia. Rasa terima kasih kita semua padanya tidaklah berbatas, demikian juga warisannya,” ujar Guardiola kepada radio asal Catalunya, RAC 1.

Barcelona Berhutang Pada Johan Cruyff
perbandingan Cruyff dan Pep Guardiola

Pep pun menambahkan bahwa warisan yang ditinggalkan oleh Cruyff tidak bisa diukur dengan trofi yang mereka sudah dapatkan.

“Dan warisannya tidak bisa diukur dengan trofi-trofi. Yang lebih penting adalah dia membuat perubahan. Johan mengubah dua klub. Tapi, bukan hanya Ajax dan Barcelona, dia juga mengubah dua tim nasional: Belanda dan Spanyol.”

Menurut Pep Barcelona hingga saat ini masih berhutang padanya atas jasa dan filosofi yang hingga saat ini masih mereka pakai.

“Apa yang dilakukannya pada sepakbola tidak bisa dibandingkan dengan apa pun. Sepakbola yang dimainkan Barcelona dalam 25 tahun terakhir berutang padanya dan itu sesuatu yang tidak bisa diruntuhkan,” Tutup Guardiola.

Rebutbola.com