Peraturan Khusus Untuk Para Wasit di ISC

Peraturan Khusus Untuk Para Wasit di ISC

87
0
SHARE
Peraturan Khusus Untuk Para Wasit di ISC
wasit indonesia

Menghindari Keputusan Kontroversi, Wasit ISC di Beri Peraturan Khusus dan Tegas

rebutbola – Ketua instruktur wasit Setiono menyatakan, telah menyiapkan cara khusus untuk menjaga wasit di Indonesia Soccer Championship (ISC) A, agar bertugas dengan baik. Ia menyebutkan para pengadil lapangan itu akan mendapatkan evaluasi setiap empat  kali memimpin pertandingan.

Menurut Setiono, langkah itu diambil karena wasit merupakan bagian terpenting dalam sebuah pertandingan sepakbola. Maka dari itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti adanya suap terhadap wasit atau lainnya, pihaknya membuat peraturan tersebut.

Nantinya, setelah mendapatkan evaluasi wasit-wasit itu akan mendapatkan grade yang dibagi menjadi tiga kelas. Ketiga kelas itu adalah sangat baik, baik, dan cukup.

setiono
setiono – photo

“Bila wasit itu mendapatkan grade kepemimpinannya cukup akan kami ganti wasit itu dengan wasit cadangan yang ada,” kata Setiono.

Setiono melanjutkan, ada 100 orang calon wasit yang mengikuti tes untuk jadi pengadil lapangan di ISC A. Dari jumlah tersebut pihaknya hanya mengambil 68 orang, dengan rincian 32 wasit tengah, dan 36 asisten wasit.

“Sisa wasit yang tidak terpilih di ISC A, akan kami gunakan di ISC B. Kami mesti memilih orang-orang yang terbaik untuk ISC A,” ujarnya.

Rencananya wasit yang lolos untuk ISC A bakal diumumkan dalam waktu dekat ini. “Sekarang kami lakukan tes untuk calon wasit ISC A selama dua hari ke depan. Nanti setelah itu baru kami umumkan siapa saja yang berhak menjadi wasit di ISC A,” tutur Setiono.

rebutbola.com