Pemain yang Pernah Bermain di EURO Dengan 3 Negara Berbeda

Pemain yang Pernah Bermain di EURO Dengan 3 Negara Berbeda

165
0
SHARE
Pemain yang Pernah Bermain di EURO Dengan 3 Negara Berbeda
Igor Dobrovolski

Igor Dobrovolski Menjadi Satu-satunya Pemain yang Pernah Bermain di EURO Dengan 3 Negara Berbeda

Rebutbola – Peraturan FIFA menyebutkan bahwa setiap pemain hanya boleh membela satu negara saja di ajang Internasional baik untuk pemain kelahiran negara itu sendiri ataupun naturalisasi.

Namun sejarah mencatat ada satu nama yang pernah membela tiga negara berbeda di ajang EURO Cup dan dia adalah Igor Dobrovolski.

Nama Igor memang kurang bersinar di periode 90an, Igor sendiri lahir di Odessa Oblast, sebuah desa kecil di Ukraina. Pria ini menghabiskan karirnya di beberapa klub, di mana tidak ada pencapaian baik di level individu maupun level klub yang cukup menonjol.

Bermula ketika pada tahun 1986 dimana dirinya yang bermain untuk klub lokal Uni Soviet Dinamo Moscow mampu menembus tim inti di usia 19 tahun dan ia mendapatkan panggilan timnas Uni Soviet yang kala itu dilatih oleh Valeriy Lobanovsky.

Igor muda bersama Uni Soviet
Igor muda bersama Uni Soviet

Namun Igor muda tidak dimasukan dalam tim inti skuad Uni Soviet di 1988, melainkan di ajang Olimpiade di tahun yang sama dan berhasil membawa pulang Medali Emas dari cabang Sepakbola dan Sepatu Perak.

Di tahun 1992 Uni Soviet resmi membubarkan diri sehingga untuk mengisi kekosongan untuk mengisi EURO di tahun 1992 maka mereka membentuk Timnas CIS dimana mantan pemain Atletico Madrid itu masuk ke dalam skuat tersebut dan kemudian berlaga di ajang EURO di tahun 1992.

Pemain yang Pernah Bermain di EURO Dengan 3 Negara Berbeda
Igor bersama timnas CIS

Namun sayang Timnas CIS tak mampu berbuat banyak di ajang tersebut dan kemudian akhirnya mereka bubar setelah gelaran EURO 1992 selesai.

Selanjutnya para pemain pun dipersilahkan bebas memilih kemana mereka akan memilih kewarganegaraan dan Igor pun memilih Rusia meski dirinya dilahirkan di Ukraina. Igor pun kembali ikut berpatisipasi di EURO terakhirnya di tahun 1996 bersama timnas Rusia.

Rebutbola.com