Lima Pelatih Yang Bertahan Lama Dalam Satu Tim

Lima Pelatih Yang Bertahan Lama Dalam Satu Tim

188
2
SHARE
Pelatih Yang Bertahan Lama Dalam Satu Tim
fergusen

5 Pelatih Ini Bertahan Untuk Satu Tim

Rebutbola – Pelatih, sosok yang sangat  penting dalam majunya sebuah tim, baik-buruknya tim sangat bergantung kepada bisa atau tidaknya seorang pelatih mengatur pemainnya.

Namun, sosoknya jarang ada yang bertahan lama di dalam sebuah tim, seperti para pemain, pelatih yang tak mampu mengangkat reputasi tim di satu musim kerap secara paksa diberhentikan oleh petinggi klub tanpa harus menunggu kontraknya berakhir.

Dari banyak pelatih ada beberapa pelatih yang mampu bertahan dalam satu tim untuk jangka waktu yang sangat lama. Siapa sajakah pelatih yang dimaksud? Berikut ini daftarnya seperti dilansir UEFA.

Sir Alex Ferguson – Manchester United (1986-2013)

Pelatih Yang Bertahan Lama Dalam Satu Tim
ferguson

Mungkin akan sulit menemukan lagi pelatih yang menangani tim Eropa dalam kurun seperempat abad. Dan Sir Alex Ferguson pernah melakukannya bersama Manchester United.

Ferguson datang ke Old Trafford pada tahun 1986 dan mampu meraih 45 trofi di sana selama 25 tahun masa kepemimpinannya. Selain itu, Ferguson juga telah mengorbitkan banyak pemain bintang dalam dunia sepakbola.

Ronnie McFall – Portadown (1986–2016)

Pelatih Yang Bertahan Lama Dalam Satu Tim
Ronnie McFall

Ronnie McFall pertama kali ditunjuk menangani Portadown di bulan Desember 1986, satu bulan setelah Sir Alex Ferguson bergabung dengan Manchester United. Ia memimpin Portadown meraih gelar liga pertama pada tahun 1990 dan mampu mempertahankannya pada musim berikutnya dengan meraih dua gelar.

Setelah selama bertahun-tahun menangani Portadown, McFall akhirnya mundur dari jabatannya setelah timnya menelan kekalahan dari Lurgan Celtic di Piala Irlandia. McFall termasuk salah satu manajer paling sukses dalam sejarah Liga Irlandia setelah merengkuh lima gelar liga, empat Piala Irlandia dan 20 trofi lainnya.

Bill Struth – Rangers (1920–1954)

Pelatih Yang Bertahan Lama Dalam Satu Tim
Bill Struth

Bill Struth awalnya merupakan asisten manajer sejak tahun 1914. Ia baru naik jabatan menjadi kepala pelatih pada usia 45 saat menggantikan sang bos William Wilton yang meninggal akibat kecelakaan kapal.

Struth sukses memenangkan 18 gelar liga selama menangani Rangers. Ia diangkat menjadi wakil presiden klub setelah pensiun. Struth sudah memenangkan 73 piala selama karir yang panjang bersama Rangers.

Willie Maley – Celtic (1897–1940)

Pelatih Yang Bertahan Lama Dalam Satu Tim
Willie Maley

Willie Maley adalah manajer pertama Celtic. Pelatih kelahiran Irlandia ini mulai menjabat sebagai manajer Celtic di tahun 1897 saat usianya baru menginjak 29 tahun dan sejak saat itu, kursi kepelatihan tim tidak pernah berganti.

Maley adalah manajer Celtic yang paling lama dan termasuk sukses. Dalam kurun waktu 43 tahun, ia sudah memenangkan 63 trofi termasuk termasuk Liga Skotlandia, Piala Skotlandia, dan Piala Glasgow.

Guy Roux – Auxerre (1961–2005)

Pelatih Yang Bertahan Lama Dalam Satu Tim
Guy Rouxh

Nama Guy Roux memang tak bisa lepas dari sejarah Auxerre. Bagaimana tidak, selama aktif menjadi pemain, ia hanya membela satu klub saja, yakni Auxerre. Selepas gantung sepatu, Roux melanjutkan karir sebagai pelatih di tim yang sama.

Roux mulai menangani klub Auxerre dari tahun 1961 sampai 2005. Selama itu pula Auxerre dibawanya merasakan kejayaan sepanjang sejarah klub. Tidak hanya itu, Roux juga banyak mengorbitkan pemain bintang seperti  Eric Cantona, Laurent Blanc, Basile Boli, Alain Goma, Djibril Cisse hingga Philippe Mexes.

Rebutbola.com

2 COMMENTS