Ini 3 Cedera Yang Sering Terjadi Dalam Sepakbola Berserta Penyembuhannya

Ini 3 Cedera Yang Sering Terjadi Dalam Sepakbola Berserta Penyembuhannya

346
0
SHARE
Jenis Cedera Terparah Dalam Sepakbola
Owen terkena ACL pada Piala Dunia 2006

Berikut Ini Adalah Jenis Cedera Terparah Dalam Sepakbola dan Cara Penyembuhannya

Rebutbola – Semua orang setuju kalau olahraga sepakbola adalah salah satu olahraga yang cukup keras, dimana resiko cedera sangat rentan kepada para pelaku olahraga ini.

Cedera dalam olahraga sepakbola mungkin dianggap sebagian orang adalah hal yang lumrah terjadi, namun sangat menjengkelkan bagi pemain yang terkena cedera itu sendiri, apalagi kalau pemain itu bagian penting dari tim yang pastinya membuat pusing pelatih dan pastinya akan sangat merugikan tim.

Cedera dalam sepakbola itu sendiri sangat bervariasi, ada tingkatan kategori cedera parah, menengah dan ringan.

Cedera parah bisa dikatakan jika si pemain diharuskan menjalani perawatan lebih dari 2 bulan dan kami telah merangkumkan tiga cedera terparah dalam sepakbola dan cara perawatannya :

  • ACL
Cedera ACL
Cedera ACL

ACL atau Anterior Cruciate Ligament adalah urat di dalam sendi yang menjaga kestabilan sendi lutut. Pada umumnya ACL dapat cedera pada keadaan ketika sedang lari mendadak berhenti kemudian berputar arah sehingga menyebabkan lutut terpuntir atau lompat dan mendarat dengan posisi lutut terpelintir. Untuk perawatan cedera ini biasanya memakan waktu yang lama bisa 3-9 bulan tergantung dari tingkatan kerusakan ACL itu sendiri dan untuk penyembuhan sebagian besar melalui jalan Operasi.

  • Hamstring
Cedera Hamstring
Cedera Hamstring

Hamstring terdiri dari empat otot yaitu semitendinous, semimebranosus, biceps femoris caput lognum, dan caput breve. Penyebab terjadinya hamstring ketika seseorang tiba-tiba melakukan gerakan eksplosif seperti Sprint atau otot sudah capek namun dipaksa bekerja yang akhirnya dapat mengakibatkan otot tersebut tertarik ringan hingga putus. Untuk perawatan hamstring sendiri akan memerlukan waktu 1-6 bulan tergantung dari tingkat keparahan cedera itu sendiri dan untuk penyembuhan itu sendiri dapat dengan cara konsumsi obat pereda nyeri, kompres dengan es batu, menggunakan tongkat penyangga, terapi fisik dan jika cederanya parah maka bisa dilakukan sampai tahap pembedahan.

  • Meniscus
meniscus
meniscus

Meniscus adalah bantalan sendi lutut berbentuk seperti cincin dan berfungsi sebagai penahan benturan. Cedera ini bisa terjadi jika ACL tertarik sangat keras sehingga yang terkena cedera ini tak boleh menekuk lututnya. Cedera ini bisa memakan waktu 3-6 bulan perawatan dengan Diagnosis menggunakan pemeriksaan MRI.
Pengobatan dapat mulai dengan yang sederhana seperti istirahat, obat-obatan sampai pada keadaan yang parah diperlukan tindakan operasi Arthroscopy.

Rebutbola.com