Liverpool Melenggang ke Final Usai Lumat Villareal 3-0

Liverpool Melenggang ke Final Usai Lumat Villareal 3-0

69
0
SHARE

Rebutbola – Liverpool sukses memetik kemenangan dengan skor meyakinkan 3-0 atas Villarreal dalam laga leg kedua babak semi-final Liga Europa musim ini yang berlangsung di Anfield, Jumat (6/5) dini hari WIB.

Hasil tersebut membuat The Reds memastikan satu tempat di partai final turnamen kasta kedua Eropa tersebut dengan bekal kemenangan agregat 3-1, membalikkan kedudukan dari sebelumnya tertinggal 1-0 ketika takluk di markas The Yellow Submarine sepekan sebelumnya.

Memulai pertandingan dengan ketertinggalan agregat, Liverpool langsung berusaha menekan sejak awal. Tuan rumah membuka keunggulan mereka ketika laga berjalan tujuh menit melalui gol bunuh diri Bruno Soriano yang mulanya berniat menghalau umpan silang Roberto Firmino kepada Daniel Sturridge di muka gawang.

Unggul cepat membuat pasukan Jurgen Klopp lebih tenang dalam memainkan alur serangan mereka, sementara Villarreal yang mendapat tekanan dalam intensitas tinggi hingga pertengahan babak pertama kesulitan untuk mengembangkan skema mereka.

Liverpool terus meningkatkan tempo permainan mereka untuk mencari gol kedua sebelum jeda, meski terus menekan pertahanan mereka memiliki celah. Beberapa saat sebelum turun minum, Villarreal punya kans untuk menyamakan skor, sayangnya tembakan Cedric Bakambu dari sudut sempit bisa diamankan Simon Mignolet.

Memasuki paruh kedua permainan, Marcelino Garcia Toral menginstruksikan pada anak buahnya untuk lebih banyak menebar ancaman, Bakambu dan rekan duetnya di lini depan, Roberto Soldado langsung menggempur pertahanan Liverpool, di antaranya kans eks striker Tottenham Hotspur itu pada menit ke-56 yang melebar.

Efektivitas serangan menjadi kendala yang dihadapi Villarreal, sementara hal itu justru dimiliki Liverpool dengan terbukti menggandakan keunggulan pada menit ke-63. Sebuah skema serangan membuat Firmino bisa memberikan umpan terobosan kepada Daniel Sturridge yang lolos dari jebakan off-side dan sukses memperdaya Alphonse Areola.

Perjuangan Villarreal untuk mengejar ketertinggalan semakin berat dengan diusirnya Victor Ruiz dari area permainan selepas menerima kartu kuning kedua pada menit ke-71 buntut dari aksinya yang melakukan tekel terlambat pada Adam Lallana sedikit di luar kotak penalti timnya sendiri.

Kalah jumlah pemain, wakil Spanyol tersebut semakin kesulitan mengimbangi agresivitas serangan Liverpool. Menit ke-81, Liverpool kian melebarkan jarak di papan skor usai Lallana yang bebas tak terkawal di mulut gawang menyontek bola hasil kreasi peluang Firmino dan Sturrdidge beberapa saat sebelumnya.

Dominasi permainan Liverpool semakin kental dalam sisa waktu babak kedua, sejumlah tekanan lanjutan mereka lancarkan ke jantung pertahanan Villarreal. Hanya saja kegemilangan Areola di bawah mistar turut andil dalam terhindarnya gawang Villarreal dari tambahan gol tuan rumah. Berkat hasil tersebut The Reds melaju ke final.

Susunan Pemain:
Liverpool:
Simon Mignolet, Clyne, Koulo Toure, Dejan Lovren, Alberto Moreno Peres, Emre Can, James Milner, Adam Lallana, Roberto Firmino, Phillipe Coutinho, Daniel Sturridge

Villareal: Areola, Mario, Musacchio, Victor Ruiz Torre, Jaume Costa, Jonathan dos Santos, Thomas Pina Isla, Bruno Soriano, Denis Suarez, Roberto Soldado, Cedric Bakambu

Rebutbola.com