5 Tim Underdog yang Berhasil Menjuarai Liga

5 Tim Underdog yang Berhasil Menjuarai Liga

395
0
SHARE
Tim Underdog yang Berhasil Menjuarai Liga
keberhasilan tim Underdog

Tidak Diunggulkan Menjadi Juara, 5 Tim Underdog Ini Mampu Mengejutkan dengan Menjadi Juara Liga

Rebutbola – Pepatah yang mengatakan uang bukanlah segalanya dalam Olahraga Sepakbola memang benar adanya.

Contoh nyata ketika baru saja klub non unggulan bahkan difavoritkan degradasi, Leicester City mampu menaklukan kerasnya persaingan di Liga Inggris dengan menjadi juara untuk pertama kalinya sepanjang sejarah klub.

Anak asuh Claudio Ranieri memberikan pukulan telak bagi klub-klub yang mempunyai dana besar namun gagal menjadi juara.

Namun jauh sebelum kejutan yang diberikan the foxes, setidaknya ada lima tim underdog yang berhasil memberikan kejutan dengan menjadi juara.

Nah siapa sajakah klub tersebut,kami telah merangkumkan secara spesial untuk para Rebuters :

  • Nottingham Forrest (1977-1978)
Nottingham forrest
Nottingham forrest

Kisah akhir indah bak dongeng pernah terjadi di Liga Inggris di tahun 1977-1978, klub Nottingham Forrest baru saja berhasil menjajaki dirinya di level teratas kasta Liga Inggris (saat itu Divisi Satu). Pandangan skeptis pun langsung di alamatkan kepada klub yang pernah menjuarai Liga Champions dua kali berturut-turut itu tidak akan bertahan di divisi satu. Namun berkat tangan dingin pelatih Brian Clough, tim ini menjadi kekuatan baru yang tak terbendung.

  • Sampdoria(1990-1991)
Sampdoria scudetto
Sampdoria scudetto

Periode awal 90an, Dominasi Juventus, Duo Milan, dan AS Roma terusik oleh munculnya kekuatan baru dalam Liga Italia. Sampdoria mampu mengejutkan publik negeri Pizza itu dengan menyabet Scudetto pertamanya di musim 1990-1991. Keberhasilan Sampdoria saat itu menghasilkan nama-nama besar seperti Gianluca Pagliuca, Attilio Lombardo, serta Gianluca Vialli dan Roberto Mancini.

  • FC Nantes (1994-1995)
Nantes beri kejutan
Nantes beri kejutan

Kisah serupa dengan Leicester juga pernah terjadi di Liga Prancis, di musim 1994-1995 FC Nantes mampu meruntuhkan dinasti tim papan atas seperti Olympique Lyonnais dan Olympique Marseille  dengan menjadi jawara Liga Prancis di akhir musim.

  • Blackburn Rovers (1994-1995)
Blackburn mengalahkan dominasi Arsenal dan MU
Blackburn mengalahkan dominasi Arsenal dan MU

Ditengah dominasi Arsenal dan Manchester United, Blackburn Rovers muncul dengan memberi kejutan. Dibawah komando Kenny Daglish sebagai manajer, Blackburn berhasil menjuarai Liga Inggris setelah dua tahun berada di kompetisi level teratas itu. Kala itu Alan Shearer dan kolega berhasil menutup musim tersebut dengan keunggulan satu poin atas Manchester United

  • FC Kaiserslautern (1997-1998)
Kaiserlautern buat sejarah baru
Kaiserlautern buat sejarah baru

Bundesliga pun juga pernah membuat sejarah di musim 1997-1998. Ketika Liga Jerman mulai monoton dengan dominasi Bayern Munchen sebagai raksasa kompetisi tertinggi di Liga Jerman itu, muncul klub promosi asal Jerman tengah yang mampu membuat Munchen tertunduk di akhir musim 1997-1998. Kaiserlautern berhasil finish diatas Munchen dengan keunggulan 2 poin dan mengorbitkan nama seperti Michael Ballack yang melakukan debut di Bundesliga.

Rebutbola.com