Hitungan Tim Inggris yang Bakal Lolos Liga Champions

Hitungan Tim Inggris yang Bakal Lolos Liga Champions

386
0
SHARE
Hitungan Tim Inggris yang Bakal Lolos Liga Champions
Selebrasi gol Giroud

Kans United Lolos Liga Champions Kembali Terbuka

Rebutbola – Persaingan Zona Liga Champions antara posisi ke-3 yang diduduki Arsenal hingga posisi ke-5 yang dipegang Manchester United masih menimbulkan rasa penasaran tim mana yang akhirnya akan lolos ke Liga Champions musim depan.

Hitungan Tim Inggris yang Bakal Lolos Liga Champions
Manchester City tertunduk

Hasil seri yang diraih Manchester City tentu disyukuri oleh rival sekota, Manchester United. Hasil tersebut membuat The Citizens hanya unggul dua poin dari The Red Devils yang masih punya tabungan satu pertandingan. Dengan hasil seri 2-2 tersebut, City hanya mampu meraih poin maksimal 68 sementara MU berpeluang meraih 69 poin. Kalau Arsenal kalah di pertandingan terakhir, MU bahkan bisa lolos langsung ke fase grup Liga Champions karena menempati peringkat ketiga.

Berikut kami gambarkan situasi soal kesebelasan mana yang mungkin lolos ke Liga Champions musim depan.

[Klasemen saat ini. Catatan: MU baru bermain 36 kali, sementara City dan Arsenal bermain 37 kali]

Situasi Pertama ( MU: menang,menang, City: menang, Arsenal: menang )

Situasi pertama adalah ketika tiga kesebelasan tersebut menyapu bersih semua pertandingan. MU akan dijamu West Ham United dan menjamu Bournemouth. City akan bertandang ke Liberty Stadium dengan menghadapi Swansea, sementara Arsenal akan menjamu tim degradasi, Aston Villa. Apabila ketiga kesebelasan menyapu bersih pertandingan, maka MU yang akan menyusul Arsenal ke Liga Champions meski harus lewat fase play off.

Situasi Kedua ( MU: menang,menang, City: Kalah, Arsenal: Kalah)

Situasi kedua adalah kalau MU menyapu bersih kemenangan, sementara Arsenal dan City gagal menang. Dengan hasil ini, MU dipastikan lolos langsung ke fase grup Liga Champions. Namun, tentu saja situasi ini tidak menarik.

Situasi Ketiga ( MU: Menang;menang, City: Menang, Arsenal: Kalah

Yang menarik justru situasi ketiga di mana MU dan City menang sementara Arsenal kalah. Siapa yang akan lolos ke Liga Champions? City atau Arsenal?

Dari data terlihat kalau Arsenal ternyata masih belum pasti lolos ke Liga Champions musim depan. Berdasarkan peraturan Liga Inggris, jika ada dua kesebelasan dengan poin sama, maka yang dihitung kemudian adalah selisih gol, gol yang dicetak, dan pertandingan play off. Hingga pekan ke-37, City unggul dalam selisih gol 30 gol sementara Arsenal 25. City pun unggul dari jumlah gol yang dicetak dengan 70 gol, sementara Arsenal 61. Kalaupun kalah, Arsenal tentu bisa lolos asalkan selisih golnya lebih banyak dari City.

Situasi Keempat (MU: Manang,kalah, City: Imbang, Arsenal: menang)

Namun, situasi di atas pun menjadi kurang menarik karena Arsenal hanya akan menghadapi Aston Villa yang terdegradasi pada musim ini. Situasi selanjutnya adalah Manchester United cuma sekali menang sementara City pun bermain imbang. Siapa yang akan lolos?

terlihat kalau MU dengan sekali menang sementara City bermain imbang, kemungkinan besar City-lah yang akan lolos. Hal ini terjadi karena MU tak punya selisih gol yang mencolok, pun dengan gol yang dicetak. Hingga pekan ke-36, selisih gol MU hanya 13 sementara The Red Devils hanya mencetak 44 gol, kelewat jauh jika dibandingkan dengan City yang mencetak 70 gol.

Dari hitung-hitungan di atas, pertandingan Selasa (10/5) esok saat MU dijamu West Ham akan sangat penting. Kemenangan akan membuat peluang MU lolos kian terbuka lebar. Namun, kekalahan, membuat lolos tidaknya MU bergantung pada pertandingan terakhir City di Liberty Stadium.

Rebutbola.com