Menghitung Peluang Tim Besar Eropa untuk ke Liga Champions

Menghitung Peluang Tim Besar Eropa untuk ke Liga Champions

312
0
SHARE
Menghitung Peluang Tim-Tim Inggris, Italia, Jerman dan Spanyol untuk ke Liga Champions

Laga Terakhir Akan Jadi Laga Penentuan Beberapa Tim untuk Berkiprah di Liga Champions

Rebutbola – Gelar juara Liga Premier sudah dipegang oleh tim yang tak diduga sebelumnya. Tim yang musim lalu berjuang keras keluar dari zona degradasi, Leicester City kini dipastikan berlaga di Liga Champions musim depan bersama Tottenham Hotspur dan Arsenal. Namun masih ada satu slot lagi tersisa bagi tim Liga Premier untuk berlaga di kompetisi elit Eropa musim depan melalui playoff.

Manchester City (4) dan Manchester United (5) akan berjuang habis-habisan untuk merebut tiket ke zona Liga Champions pada akhir pekan ini. City punya 65 poin, sedangkan United 63 poin. City hanya butuh hasil seri kontra Swansea pada akhir pekan ini untuk memastikan diri lolos ke Liga Champions. Pasalnya, mereka memiliki selisih jumlah gol yang jauh dari tim asuhan Louis van Gaal dengan 30 angka. Sedangkan Rooney dkk hanya memperoleh 12 angka.

Menghitung Peluang Tim-Tim Inggris, Italia, Jerman dan Spanyol untuk ke Liga Champions
Kevin de Bruyne (City) dan Antonio Valencia (United)

Namun United juga bukan tanpa peluang. Mereka bisa lolos ke zona Liga Champions asalkan City kalah, dan mereka meraih kemenangan. Dengan begitu poin akhir mereka adalah 66 poin, sedangkan Aguero dkk 65 poin.

Sedangkan di Italia, Juventus, Napoli, AS Roma sudah dipasikan lolos ke Liga Champions. Namun, Napoli dan AS Roma tengah berjuang memperebutkan posisi ke dua, agar langsung lolos ke fase grup Liga Champions. Napoli sendiri memiliki peluang yang lebih besar. Selain berada di urutan ke dua dan selisih dua poin dengan tim ibukota, laga terakhir yang mereka lakoni juga cukup mudah, yaitu kontra Frosinone. Sedangkan AS Roma harus melalui laga sulit dengan bertandang di laga terakhir ke markas AC Milan.

Bayern Munchen, Borussia Dortmund dan Bayer Leverkusen sudah lolos ke zona Liga Champions untuk perwakilan Jerman. Namun di urutan keempat, perebutan tiket Liga Champions (knockout) cukup ketat. Monchengladbach unggul 2 angka dari 3 tim di bawahnya, yaitu Mainz 05, Hertha Berlin dan Schalke 04.

Monchengladbach jelas diunggulkan. Mereka hanya butuh hasil seri untuk melangkah ke fase knockout kompetisi elit Eropa, mengingat selisih gol mereka (15) jauh di atas pesaing-pesaing di bawahnya. Sedangkan tiga tim lainnya harus berjuang ekstra meraih kemenangan jika ingin lolos ke Liga Champions, itu pun jika Monchengladbach kalah. Mainz 05 sedikit lebih unggul dari dua tim lainnya karena memiliki selisih gol 4, sedangkan Hertha Berlin memiliki selisih gol dan Schalke bahkan -1.

Di Liga Spanyol, empat tim sudah dipastikan lolos. Mereka adalah Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid dan Villareal (knockout). Celta Vigo (60 poin) di urutan ke lima tidak akan mampu merebut posisi Villareal (64 poin).

Rebutbola.com