AC Milan Tersungkur di San Siro oleh AS Roma

AC Milan Tersungkur di San Siro oleh AS Roma

68
0
SHARE
review milan vs roma

RebutBola – AS Roma mempermalukan AC Milan dengan kemenangan telak 3-1, Minggu (15/5) dini hari WIB, di San Siro. Ini merupakan kemenangan perdana Roma di San Siro sejak 2010.

Tampil di kandang lawan, Giallorossi justru tampil dominan. Radja Nainggolan, Daniele De Rossi, Miralem Pjanic dan Kevin Strootman menguasai lini tengah. Mohamed Salah dan Stephan El Shaarawy memanfaatkan kecepatan kakinya untuk mengacaukan pertahanan Rossoneri.

Salah mendapatkan kesempatan emas ketika melakukan backpass gegabah kepada Gianluigi Donnarumma. Operan pendek bek veteran Brasil itu ternyata terlalu pelan dan Salah yang sudah mengincarnya langsung menyambar bola. Beruntung, sepakannya masih meleset di sisi gawang.

Sang winger asal Mesir membayar kegagalannya tak sampai lima menit berselang. Tepatnya di menit 19, ia melakukan umpan satu-dua dengan Kevin Strootman. Bola yang dilambungkan Strootman ternyata berada di jalur yang tepat sehingga Salah berlari sendirian ke kotak penalti Milan. Dengan dingin, eks winger Basel itu menaklukkan Donnarumma.

Berbeda dengan lini depan Roma yang mengeksploitasi ruang, duo penyerang Milan justru mati kutu. Carlos Bacca kesulitan mencari celah, sementara pergerakan Mario Balotelli tidak efektif. Satu-satunya peluang emas tuan rumah justru tercipta lewat sepakan jauh Keisuke Honda yang mampu ditepis Wojciech Szczesny.

Milan berusaha untuk tampil eksplosif setelah jeda. Luis Adriano masuk menggantikan Balotelli yang inefektif. Honda nyaris menyamakan kedudukan menyusul kemelut di depan gawang, tapi sepakan gelandang Jepang itu melambung terlalu tinggi.

Di menit 59, Roma menegaskan posisi mereka lewat gol cantik El Shaarawy. Winger Italia itu mengontrol umpan akurat Pjanic dengan dada, lalu melepaskan tembakan ke sudut gawang Donnarumma. Ia tak melakukan selebrasi setelah membobol mantan klubnya, tapi posisi Roma berada di atas angin.

Ada kejadian unik tak lama kemudian. Donnarumma yang tampil cukup baik melakukan kesalahan fatal dengan menangkap backpass dari Giacomo Bonaventura. Ia menerima kartu kuning dan sepakan bebas di kotak penalti, tapi membayar dosanya dengan penyelamatan gemilang.

Tidak terjadi banyak perubahan setelahnya. Cristian Brocchi menurunkan Davide Calabria, tapi tidak terlalu membantu daya gedor Milan. Pertahanan rapat Roma yang diprakarsai oleh Antonio Rudiger dan Kostas Manolas terlalu tangguh bagi Milan.

Untuk melengkapi penderitaan Milan, Roma berhasil mencetak gol ketiga mereka lewat pemain yang menggantikan El Shaarawy, yakni Emerson. Dimulai dari backheel apik Francesco Totti, Salah mengirim bola ke gawang, tapi mampu ditepis Donna. Bola muntah ternyata jatuh ke hadapan Emerson yang dengan tenang menceploskannya ke gawang Milan.

Di menit akhir, Bacca berhasil mencetak gol hiburan untuk Milan, tapi tak mampu mengubah keadaan. Roma menang 3-1 atas Milan di San Siro.

Susunan Pemain :

AC Milan: Gianlugi Donnarumma, De Sciglio, Alex (Calabria 66′), Mexes, Allesio Romagnoli, Kucka, Locatelli, Bertolacci, Kesuke Honda, Carlos Bacca, Mario Balotelli (Luis Adriano 45′)

Roma: Szczesny, Alesandro Florenzi, Kostas Manolas, Alexander Rudiger, Digne, Radja Nainggolan, Daniele De Rossi, Kevin Strootman (Fracesco Totti 63′), Miralem Pjanic, Mohamed Salah (Edin Dzeko 85′), Stephan El Shaarawy (Emerson 78′)