Pemain Mahal Belum Tentu Bagus, Ini Buktinya

Pemain Mahal Belum Tentu Bagus, Ini Buktinya

127
0
SHARE
Raheem Sterling - Manchester City

10 Pemain Ini Berharga Selangit, Tanpa Banyak Beri Kontribusi

Rebutbola – Bicara soalLiga Inggris, seperti stigma yang akan terbentuk di pikiran masyarakat pecinta sepakbola adalah sebuah liga di mana akan banyak uang yang dikeluarkan banyak klub untuk belanja dan menggaji pemain.

Tidak salah jika Anda berpikir seperti itu. Setidaknya, budaya tersebut menang tak bisa dielakkan dari liga sepakbola Negeri Ratu Elizabeth sejak Juni 2003, di mana seorang kaya raya asal Rusia, Roman Abramovich mengambil alih Chelsea.

Baru lah setelah itu muncul era sepakbola di mana banyak menyebut “Money Power“. Seperti yang terjadi dalam revolusi Manchester City setelah diambil alih Syeikh Mansour, atau klub tetangganya, Manchester United yang saldo rekening klubnya membengkak setelah memecahkan rekor kerjasama dengan apparel asal Jerman, Adidas.

Belanja pemain dengan harga selangit seolah tak menjadi perkara sulit bagi klub yang mendapat kekuatan “Money Power”. Pertanyaannya, dengan harga tinggi, apa pemain yang dinilai bermain bagus di klub sebelumnyam bisa memberikan perbandingan yang lurus atas harga yang dibayarkan klub peminat?

Sepertinya tidak selalu demikian. Berikut adalah 10 pembelian termahal Premier League musim ini, beserta rating pernampilan:

1. Kevin De Bruyne (Wolfsburg – ManCity – 54 juta poundsterling)

Pellegrini Khawatirkan Cedera Kevin De Bruyne
Kevin de Bruyne terlihat meringis kesakitan

De Bruyne hengkang ke Etihad Stadium dengan status pemain termahal kedua dalam sejarah Premier League setelah Angel Di Maria yang hijrah ke MU saat diboyong dari Real Madrid dengan nilai transfer 60 juta poundsterling.

Pemain asal Belgia yang pernah memperkuat Chelsea ini langsung menunjukkan performa impresif di musim pertamanya bersama The Citizens. Tujuh gol dan sembilan assist menjadi persembahan di musim perdana.

RATING: 8/10

2. Raheem Sterling (Liverpool – ManCity – 49 juta poundsterling)

Pemain Mahal Belum Tentu Bagus, Ini Buktinya
Raheem Sterling

Kecaman dari fans Liverpool mengiringi kepergian Sterling ke Etihad. Fans The Reds melabeli pemain asli didikan Liverpool ini sebagai pengkhianat dan “mata duitan”.

Momen yang paling diingat dari Sterling selama berkostum City adalah kala dia mencetak hat-trick ke gawang Bournemouth pada Oktober lalu. Namun setelah itu, dia justru terlihat melempem dan minim kontribusi.

RATING: 6/10

3. Anthony Martial (AS Monaco – Manchester United – 36 juta poundsterling)

Pemain Mahal Belum Tentu Bagus, Ini Buktinya
Anthony Martial

Meski baru genap berusia 20 tahun pada Desember nanti, Anthony Martial sudah menjadi tumpuan bagi klubnya, Manchester United di lini depan. Publik sempat memandang sebelah mata akan kemampuannya, karena selain masih muda, dia juga diboyong dengan harga yang terbilang mahal.

Namun, gol di debutnya saal melawan Liverpool, September lalu, seolah menjadi cara Martial untuk berkata “Hai, kenalkan. Saya Martial” pada fans dan lawan. 11 gol dan tiga assist jadi penanda kariernya di Premier League musim ini

RATING: 8,5/10

4. Christian Benteke (Aston Villa – Liverpool – 32,5 juta poundsterling)Pemain Mahal Belum Tentu Bagus, Ini Buktinya
Ekspektasi tinggi digantungkan pada Christian Benteke setelah dia mencetak gol kemenangan 1-0 The Reds atas Bournemouth di pertandingan perdananya di Anfield musim ini.

Dia kemudian mencetak gol lewat tendangan overhead yang luar biasa melawan Manchester United pada bulan September. Tapi, setelah pengangkatan Juergen Klopp sebagai manajer, dampak pemain asal Belgia menyusut.

Benteke tidak disukai oleh Klopp, yang lebih suka tipikal striker yang mobile, sehingga Benteke hanya berperan sangat minim musim ini. Terlihat dalam catatan bahwa dia tidak mencetak gol dalam 13 pertandingan (di semua kompetisi) antara akhir Desember sampai awal Maret.

RATING: 5,5/10

5. Nicolas Otamendi (Valencia – Manchester City – 32 juta poundsterling)

Pemain Mahal Belum Tentu Bagus, Ini Buktinya
nicolas otamendi

Kegemilangan mengawal tembok pertahanan Valencia dan timnas Argentina, nama Otamendi sempat menjadi rebutan klub duo Manchester. Namun, Manchester Biru lah yang beruntung mendapatkan servisnya.

Otamendi digadang-gadang akan menjadi salah satu bek terbaik Premier League. Namun, seperti pemain City lain pada umumnya, penampilan gemilang, kerap diikuti dengan penurunan performa.

Pemain asal Argentina ini menunjukkan dirinya sebagai tandem yang tepat bagi Vincent Kompany, Martin Demichelis, dan Eliaquim Mangala. Tapi, dengan absennya Kompany, Otamendi terlihat tak berdaya di barisan belakang.

RATING: 6,5/10

6. Roberto Firmino (Hoffenheim – Liverpool – 29 juta poundsterling)
Pemain Mahal Belum Tentu Bagus, Ini Buktinya
Firmino telah berkembang di bawah Jurgen Klopp, yang sudah mengenal karakter pemain asal Brasil ini sejak keduanya berada di Bundesliga.

Pemain berusia 24 tahun ini telah menjadi salah satu pahlawan The Anfield Genk musim dan ini. Meskipun menjadi seorang penyerang, pekerjaan yang dia lakukan di sisi defensif juga terbilang efisien. Dengan daya kreatifnya yang tinggi, Firmino sudah menorehkan tujuh assist dan 10 gol, sebuah dorongan besar bagi Liverpool.

RATING: 7.5 / 10

7. Memphis Depay (PSV Eindhoven – Manchester United – 25 juta poundsterling)

Pemain Mahal Belum Tentu Bagus, Ini Buktinya
Memphis Depay

Top skor Eredivisie, punya akurasi free kick yang mumpuni, dribbling cepat, membuat nama Memphis Depay disebut-sebut sebagai The Next Cristiano Ronaldo. Apalagi Memphis dengan ‘pede’ meminta nomor punggung keramat di MU, 7.

Namun, kepedean Memphis menjadi boomerang. Harapan fans yang terlalu besar, tak mampu dipenuhinya. Bisa dibilang, dia pemain gagal, bila melihat hanya dua gol yang dia persembahkan dari 28 penampilan.

RATING: 3/10

8. Morgan Schneiderlin (Southampton – Manchester United – 25 juta poundsterling)

Pemain Mahal Belum Tentu Bagus, Ini Buktinya
Morgan Schneiderlin

Schneiderlin direkrut oleh MU sebagai upaya untuk melindungi tim kembali urutan empat besar. Dan tipikal permaina yang ditunjukkanya kala berkostum Southampton dinilai memenuhi syarat sebagai pemain yang dibutuhkan MU.

Memang, bila melihat jumlah penampilan, Schneiderlin terbilang banyak. Dia dipercaya Louis Van Gaal untuk tampil 29 laga -25 di antaranya sebagai starter. Namun, perannya di lapangan tak memperlihatkan perubahan signifikan untuk klub. Hasilnya, nama Schneiderlin tak masuk dalam skuad timnas Prancis untuk Euro 2016.

RATING: 6/10

9. Son Heung-Min (Bayer Leverkusen – Tottenham Hotspur – 22 juta poundsterling)

Pemain Mahal Belum Tentu Bagus, Ini Buktinya
Son Heung-Min

Son mencetak gol kemenangan saat penampilan perdananya Premier League untuk Tottenham di White Hart Lane, kala The Lily Whites melawan Crystal Palace pada tanggal 20 September.

Son mencetak gol di kompetisi di luar Premier League saat klubnya melawan Qarabag di Liga Europa pada debut di kandang, tiga hari sebelumnya.

Pemain berpaspor Korea Selatan tersebut kemudian tidak mencetak gol lagi sampai saat melawan Watford pada tanggal 28 Desember. Meskipun secara keseluruhan dia adalah anggota skuad yang berperan untuk perebutan gelar Premier League untuk Spurs musim ini.

RATING: 6.5 / 10

10. Pedro (Barcelona – Chelsea – 21 poundsterling)

Pedro
Pedro

Ketika Pedro bergabung dengan juara Premier League musim lalu, Chelsea, dia baru saja memenangkan La Liga, Copa del Rey dan Liga Champions dengan Barca.

Tapi sayangnya, itu tidak berhasil seperti saat dirinya bermain di Spanyol, kendati mencetak gol pada debutnya saat The Blues menang 3-2 atas laga tandang melawan West Bromwich Albion pada 23 Agustus.

Dia kemudian memulai musim yang tak ideal, di mana dia tidak mencetak gol sampai tanggal 19 Desember, meskipun dia bisa mengakhiri musim ini dengan mengemas tujuh gol.

RATING: 5/10

Rebutbola.com