Juventus Bershasil Menekuk Milan Di Final Coppa Italia 2016

Juventus Bershasil Menekuk Milan Di Final Coppa Italia 2016

137
0
SHARE
review milan vs juventus

Rebutbola – Tim AC Milan menghadapi juara bertahan Juventus di final Coppa Italia 2015/16, Minggu (22/5). Di Stadio Olimpico, Roma, Juventus menang lewat gol tunggal pemain pengganti Alvaro Morata di extra time.

I bianconeri berpesta dan Massimiliano Allegri menjadi pelatih pertama yang bisa mempertahankan double Serie A serta Coppa Italia. Sedangkan, Milan dipaksa berurai air mata. Musim yang mengecewakan ini semakin lengkap dengan kegagalan mereka mendapatkan tiket ke Eropa.

i Rossoneri finis peringkat tujuh di Serie A musim ini, dengan selisih 34 poin dari Juventus yang meraih Scudetto beruntun kelima. Milan, yang sudah cukup lama absen di Eropa ingin kembali ke ‘habitat’ mereka. Final ini adalah kesempatan terakhir bagi il Diavolo untuk lolos ke Liga Europa musim depan.

Babak pertama di Olimpico berjalan di luar dugaan. Pasalnya, laga justru dikuasai Milan, yang di awal kurang diunggulkan dibanding Nyonya Tua. Di 30 menit awal, Milan bahkan sudah melepas total lima tembakan dan Juventus nol. Giacomo Bonaventura punya peluang emas menit 23, tapi digagalkan Neto di bawah mistar. Juventus harus menunggu sampai menit 34 untuk mendapatkan tembakan pertama mereka, tapi upaya Paulo Dybala kandas karena digagalkan lawan.

Bermain tanpa gol di paruh pertama. Namun, permainan impresif Milan mendapatkan apresiasi dari para tifosi mereka.

Juventus tampil beda di babak kedua, Juventus meningkatkan tempo serangan mereka dan beberapa kali mencoba menciptakan peluang untuk membobol gawang Gianluigi Donnarumma. Namun, Milan yang sudah terlebih dahulu panas tak mau membiarkan aliran permainan lepas dari tangan mereka.

Pertandingan berjalan lebih menarik. Namun, tetap belum ada gol yang tercipta, bahkan hingga sepuluh menit menuju akhir waktu babak.

Pelatih Cristian Brocchi lalu memberi kesempatan M’Baye Niang melakoni debutnya usai absen cukup lama akibat cedera. Niang masuk menggantikan Andrea Poli untuk menambah ketajaman serangan Milan. Namun, itu belum cukup bagi Milan untuk meraih kemenangan di waktu normal. Tetap tanpa gol, laga berlanjut ke extra time.

Satu pergantian pemain dilakukan di kubuh Juventus di menit 108 atau di babak kedua extra time, Morata masuk menggantikan Hernanes. Dua menit sejak masuk lapangan, Morata menuntaskan crossing Juan Cuadrado untuk membobol gawang Donnarumma, yang bermain cukup baik selama di bawah gawang Milan.

Skor 1-0 untuk Juventus, dan Milan di ambang petaka. Brocchi lantas memasukkan Mario Balotelli untuk mencoba menyelamatkan keadaan.

Tensi memanas, terutama setelah Milan meminta penalti usai Keisuke Honda  terjatuh dalam sebuah kemelut di kotak penalti dan tidak dikabulkan oleh wasit. Milan mencoba membalas di sisa waktu yang ada, namun kandas.

Juventus juara. Milan kembali absen di Eropa, karena jatahnya jatuh ke tangan Sassuolo yang merupakan peringkat enam Serie A.

Susunan Pemain 

Milan (4-3-3): Gianluigi Donnarumma, Mattia De Sciglio, Alessio Romagnoli, Cristián Zapata , Davide Calabria, Andrea Poli (M’Baye Niang 85), Montolivo (Mauri 109), Juraj Kucka (Mario Balotelli 112), Giacomo Bonaventura, Carlos Bacca, Keisuke Honda .

Juventus (3-5-2): Norberto Murara Neto, Giorgio Chiellini, Andrea Barzagli, Daniele Rugani, Patrice Evra (Alex Sandro 62), Paul Pogba, Anderson Hernanes (Alvaro Morata 108, Mario Lemina, Stephan Lichtsteiner (Juan Cuadrado 75), Paulo Dybala, Mario Mandzukic.