Fakta Unik dan Catatan Menarik Van Gaal di Manchester United

Fakta Unik dan Catatan Menarik Van Gaal di Manchester United

128
0
SHARE
Mengupas Biang Keladi Dipecatnya Van Gaal
Louis van Gaal

Louis Van Gaal Kembangkan Bakat Pemain Muda di Manchester United

RebutbolaLouis van Gaal resmi dipecat sebagai manajer Manchester United pada Senin (23/5), dengan kontrak yang masih tersisa satu tahun. Sang manajer telah dianggap gagal oleh banyak pihak ketika memanajeri Setan Merah. Namun sebenarnya sang meneer memiliki beberapa warisan serta catatan unik ketika menangani tim yang bermarkas di Old Trafford tersebut.

MU meraih gelar Piala FA setelah menang atas Crystal Palace lewat babak tambahan, yang juga merupakan gelar Piala FA ke-12 sepanjang sejarah tim. Namun tanpa diduga dua hari kemudian, United memecat van Gaal setelah sang manajer memberikan trofi yang dalam 12 tahun belum pernah Seteh Merah dapatkan.

Beberapa pihak menyebuatkan, bahwa gagal membawa MU finis di posisi empat besar dan juga gagal memaksimalkan gelontoran dana yang dikeluarkan klub menjadi penyebab pelatih asal Belanda ini dipecat. Beberapa pemain yang diboyong dengan harga yang tidak murah seperti Ander Herrera, Luke Shaw, Marcos Rojo dan Angel Di Maria gagal bersinar di bawah pelatih berusia 64 tahun ini.

Jika dilirik dari jam terbangnya, van Gaal merupakan pelatih yang patut diperhitungkan. Pasalnya ia pernah membawa Ajax Amsterdam menjuarai trofi Liga Champions pada musim 1994/1995, serta trofi La Liga bersama Barcelona di musim 1997/1998 dan 1998/1999. Terakhir, dia membawa United memenangkan trofi Piala FA, dua hari sebelum dipecat.

Fakta Unik dan Catatan Menarik Van Gaal di Manchester United
Van Gaal ucapkan selamat tinggal

Selain itu van Gaal tak hanya mampu mencapai banyak gelar bersama klub yang berbeda-beda. Dia juga dikenal sebagai pelatih yang memiliki metode kepelatihan yang unik, salah satunya dengan menjajal kemampuan pemain muda.

[Baca juga: 10 “To Do List” Mourinho]

Berikut merupakan beberapa fakta unik dan catatan menarik ketika van Gaal bertugas sebagai manajer MU, dilansir dari Opta.

  1. Van Gaal menjadi salah satu pelatih berani mengambil resiko dengan pemain yang variatif di timnya. Ia telah memainkan 33 pemain sepanjang 2015/2016, kedua terbanyak di Liga Inggris,
  2. Manchester United mencetak 49 gol di Liga Inggris musim ini. Jumlah tersebut hanya lebih satu gol dari Blackburn Rovers ketika terdegradasi pada musim 2012.
  3. Manchester United gagal mencetak gol di babak pertama, dalam 11 pertandingan pertama musim ini.
  4. Manchester United berada di puncak daftar rekor clean sheet di Liga Inggris. Rekor mereka setara dengan Arsenal, yakni 18 kali.
  5. Manchester United memenangkan 51,3% pertandingan Liga Inggris di bawah asuhan Louis van Gaal. Persentase yang lebih baik hanya diraih dua pelatih lain, Sir Alex Ferguson (60.4%) dan Ernest Mangall (54.2%).
  6. Manchester United rata-rata mencetak 1,29 gol per pertandingan di Liga Premier di 2015-16. Terendah sejak 1989-1990
  7. Van Gaal memimpin MU dalam 103 pertandingan di semua kompetisi. Dia meraih 54 kemenangan, 25 hasil imbang dan 24 kali kekalahan. Tingkat keberhasilannya membawa MU meraih kemenangan sebesar 52,43 persen.
  8. Pada musim 2015/16, Setan Merah gagal mencetak gol dalam 10 pertandingan Liga Premier Inggris. Itu menjadi catatan terburuk tim selama berkompetisi di Liga Premier Inggris.
  9. Van Gaal adalah manajer ketiga asal Belanda yang berhasil memenangkan FA Cup. Sebelumnya ada Guus Hiddink dan Ruud Gullit.
  10. Rasio gol MU pada musim 2015/16 masuk dalam rekor buruk tim selama berkompetisi di di Liga Premier Inggris. Bila dikalkulasi, rasio gol MU hanya 1,29 per laga.
  11. MU juga mencatatkan rekor buruk bersama Van Gaal. Musim ini, hanya ada 32 gol tercipta di Old Trafford Stadium. Hal itu menjadi rekor buruk yang pernah dibuat MU selama berkompetisi di Liga Premier Inggris.
  12. Beberapa pemain muda seperti Anthony Martial, Marcus Rashford dan Timothy Fosu-Mensah serta beberapa nama lainnya bersinar di bawah asuhan LvG
Rebutbola.com