Akhir Cerita Pelarian, La Nyalla Akhirnya Ditangkap

Akhir Cerita Pelarian, La Nyalla Akhirnya Ditangkap

225
0
SHARE
Akhir Cerita Pelarian La Nyalla Mataliti

La Nyalla Mataliti di Tangkap Oleh Otoritas Imigrasi Singapura

RebutBola – Mantan Ketum PSSI La Nyalla yang ditetapkan menjadi tersangka dugaan korupsi dana hibah Kadin Jawa Timur senilai Rp 5,3 miliar oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Timur akhirnya dipulangkan ke Indonesia dari Singapura.

La Nyala Mataliti Keluar dari Sidang Pertama Kasus Penggelapan Hibah Dana Kadin
La Nyala Mataliti Keluar dari Sidang Pertama Kasus Penggelapan Hibah Dana Kadin – photo

“Sore ini La Nyalla dipulangkan ke Jakarta dengan Garuda Airways 835. Dia dipulangkan paksa, dideportasi, karena izin tinggalnya di Singapura habis atau overstay,” kata seorang sumber di Mabes Polri Selasa (31/5).

Pemulangan alumni Universitas Brawijaya ini hampir sama dengan mekanisme pemulangan buron Bank Century, Hartawan Aluwi, dari Singapura beberapa saat lalu. Saat itu izin tinggal Hartawan juga dicabut sehingga tidak ada pilihan baginya selain dipaksa pulang ke Indonesia.

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti yang dihubungi terpisah membenarkan penangkapan tersebut. Dia meminta untuk mengonfirmasi lebih lanjut pada kejaksaan. “Benar, sedang dalam menuju ke Jakarta,” tutur singkatnya.

Mantan ketum PSSI itu dijadikan tersangka karena dugaan menggunakan dana hibah Kadin sebesar Rp 5,3 miliar untuk kepentingan pembelian saham dalam penawaran umum saham perdana (initial public offering) Bank Jatim pada 2012.

Kejaksaan Tinggi Jawa Timur menerbitkan surat perintah penyidikan khusus ketiga kali dalam kasus pria berumur 57 tahun itu terkait korupsi dana hibah itu.

Sebelumnya Kepala Kejati Jatim Maruli Hutagalung, sprindik baru untuk La Nyalla baru dikeluarkan pada Senin (30/5). Sprindik kembali dikeluarkan setelah Pengadilan Negeri Surabaya menerima gugatan praperadilan yang diajukan anak La Nyalla dan membatalkan statusnya sebagai tersangka pada Senin pekan lalu.