Sejarah Dikenalnya Copa America

Sejarah Dikenalnya Copa America

271
0
SHARE
Sejarah Dikenalnya Copa America
Copa Ame

Revolusi Mei Tonggak Sejarah Copa America di Mulai

Rebutbola – Copa America sebelumnya dikenal dengan nama Kejuaraan Sepakbola Amerika Selatan (The South American Football Championship, dalam bahasa Spanyol: (Campeonato Sud Americano de Football). Kompetisi tersebut merupakan kejuaraan internasional yang diperebutkan kesebelasan-kesebelasan nasional dari konfederasi CONMEBOL, asosiasi sepakbola Amerika Selatan, untuk menentukan siapa rajanya sepakbola benua Amerika Selatan ini.

Turnamen ini merupakan kompetisi sepakbola internasional tertua di dunia. Dimulai pertama kali pada 1916 di Argentina. Artinya, tahun ini, akan menjadi perayaan ke-100 tahun Copa America, CONMEBOL akan menggelar Copa America Centenario 2016 di Amerika Serikat. Khusus untuk perayaan 100 tahun ini, Copa America untuk pertama kali akan digelar di luar wilayah Amerika Selatan.

Sejarah Dikenalnya Copa America
trofi Copa Americarica

Pertandingan sepakbola pertama di Amerika Selatan terselenggara di Argentina pada 1867 oleh para pekerja kereta api dari Inggris. Kesebelasan pertama diciptakan di Argentina bernama Gimnasia y Esgrima de La Plata pada 1887 sebagai salah satu cikal bakal terdirinya Asosiasi Sepakbola Argentina pada 1983.

Kemudian pada awal abad ke-20 sepakbola semakin tumbuh sebagai olahraga populer sehingga kompetisi internasional benua Amerika Selatan pertama kali diadakan pada 1910. Saat itu Argentina menyelenggarakan sebuah acara untuk memperingati 100 tahun Revolusi Mei (May Revolution).

Sementara itu kompetisi internasional pada 1910 itu belum dianggap resmi oleh CONMEBOL. Barulah pada turnamen yang diselenggarakan di Argentina pada 1916 yang menjadi ajang resmi pertama. Turnamen pada 1916 itu dibuat sebagai perayaan 100 tahun kemerdekaan Argentina dan dihelat antara 2 Juli sampai 17 Juli 1916. Turnamen itu disebut Campeonato Sudamericano de Football yang kemudian dikenal sebagai Copa America. Diikuti Argentina, Chili, Uruguay dan Brazil. Uruguay menjadi juara pertama, kemudian disusul Argentina sebagai runner-up serta Brazil di peringkat ketiga dan Chili keempat.

Rebutbola.com