Ini Dia 3 Tim Kuda Hitam yang Layak Diperhitungkan di Euro 2016

Ini Dia 3 Tim Kuda Hitam yang Layak Diperhitungkan di Euro 2016

763
0
SHARE
Ini Dia 3 Tim Kuda Hitam yang Layak Diperhitungkan di Euro 2016

Kuda Hitam Euro: Wales, Turki dan Polandia Bisa Bernasib Seperti Yunani di Pentas Euro

Rebutbola Kuda Hitam Euro – Di bulan Juni hingga Juli nanti, mata pengamat dan penonton sKuda Hitam Euroepakbola akan tertuju pada satu event yang paling ditunggu-tunggu yaitu Euro 2016. Perhelatan ajang yang mempertemukan negera-negara Eropa ini akan diselenggarakan di Prancis.

Setiap kompetisi, pasti ada yang namanya tim kuda hitam. Tim kuda hitam adalah tim yang tidak diunggulkan dalam suatu kompetisi, namun masih berpeluang untuk mencapai prestasi di kompetisi tersebut karena faktor-faktor tertentu. Euro kali ini pun demikian, tidak terlepas dengan namanya tim-tim kuda hitam.

Berikut kami sajikan 3 tim kuda hitam euro yang layak diperhitungkan di pentas Euro 2016.

Wales

Ini Dia 3 Tim Kuda Hitam yang Layak Diperhitungkan di Euro 2016
Gareth Bale, Wales

Euro 2016 akan menjadi turnamen besar pertama Wales dalam kurun waktu 50 tahun. Namun hal ini bukan berarti mereka tidak layak diperhitungkan. Tim ini lolos ke putaran final Euro meskipun kalah 2-0 melawan Bosnia dan Herzegovenia di laga akhir. Tapi karena israel kalah 2-1 dari siprus. Akhirnya Gareth Bale dkk berhasil lolos ke putaran final UEFA Euro 2016.

Timnas Wales yang sekarang merupakan suatu tim yang percaya bahwa mereka bisa mengalahkan siapa pun. Salah satu buktinya adalah mereka mampu lolos ke Euro 2016 dengan memperoleh kemenangan atas tim yang bertabur bintang Liga Premier, Belgia.

Ada dua nama yang kerap dielu-elukan di negara ini untuk dibawa ke Prancis nanti. Siapa lagi kalau bukan punggawa Arsenal, Aaron Ramsey dan bintang Real Madrid, Gareth Bale. Dua pemain ini akhirnya akan mendapatkan kesempatan untuk dapat menunjukkan apa yang bisa mereka lakukan untuk negaranya di turnamen besar.

Selain itu, tim ini dinahkoadi oleh mantan pemain berkebangsaan Wales, Chris Coleman. Semasa menjadi pemain, Coleman memulai karier sebagai pemain junior Manchester City. Pernah bermain untuk beberapa klub Liga Inggris, ia juga pernah membela tim nasional Wales sebanyak 32 kali dan mencetak 4 gol.

Wales berada di Grup B bersama dengan Rusia, Slovakia dan Inggris. Tim yang dinahkodai oleh Chris Coleman ini akan mengandalkan pemain kunci seperti Bale dan Ramsey agar mereka dapat lolos dari fase grup. Meski didaulat sebagai tim kuda hitam, Si Naga akan mencoba peruntungan mereka dengan memecah dominasi Inggris dan Inggris di fase grup.

Berikut merupakan skuat sementara Wales untuk Euro 2016:

Kiper: Wayne Hennessey (Crystal Palace), Daniel Ward (Liverpool), Owain Fon Williams (Inverness Caledonian Thistle).

Bek: Ben Davies (Tottenham), Neil Taylor (Swansea), Chris Gunter (Reading), Ashley Williams (Swansea), James Chester (WEst Bromwich Albion), Ashley Richards (Fulham), Paul Dummett(Newcastle United), Adam Henley (Blackburn), Adam Matthews(Sunderland), James Collins (West Ham United).

Gelandang: Aaron Ramsey (Arsenal), Joe Ledley (Crystal palace), David Vaughan (Nothingham Forest), Joe Allen (Liverpool), David Cotterill (Birmingham), Jonathan Williams (Crystal Palace), George Williams (Fulham), Andy King (Leicester City), Emyr Huws (Wigan), Dave Edwards (Wolverhampton).

Penyerang: Hal Robson-Kanu (Reading), Sam Vokes (Burnley), Tom Bradshaw (Walsall), Tom Lawrence (Leicester City), Simon Church (Nottingham Forest), Wes Burns (Walsall), Gareth Bale (Real Madrid).

Turki

Ini Dia 3 Tim Kuda Hitam yang Layak Diperhitungkan di Euro 2016
Arda Turan, Turki

Turki mungkin lolos ke Euro sebagai tim yang duduk di urutan ketiga fase grup babak kualifikasi. Namun kita mungkin harus berpikir dua kali untuk meremehkan tim ini karena mereka memiliki skuad dengan kualitas yang mumpuni.

Prestasi terbaik tim ini ialah peringkat ke-3 pada Piala Dunia di Jepang dan Korea Selatan pada 2002. Selain itu (sampai saat ini), tim ini bisa mencapai babak semi-final pada Euro 2008.

Negara ini berisi nama-nama populer seperti punggawa Borussia Dortmund, Nuri Sahin, spesialis tendangan bebas, Hakan Çalhanoğlu dan gelandang Barcelona, Arda Turan yang akan menjadi titik pusat dari laga-laga yang akan mereka hadapi.

Tim asuhan Fatih Terim ini satu grup dengan Spanyol, Republik Ceko dan Kroasia yang berada di Grup D. Fatih Terim mengatakan bahwa timnya “tidak takut siapa pun” dan mereka dengan tegas percaya bahwa timnya akan mencapai tingkat yang lebih tinggi dalam turnamen kali ini.

Guna mempersiapkan diri jelang Euro, Arda Turan dkk melakoni dua laga persahabatan. Mereka berhasil menang 2-1 atas Swedia pada Maret lalu. Namun mereka harus kalah 1-2 atas Inggris pada 22 Mei.

Berikut merupakan skuat sementara Turki untuk Euro 2016:

Kiper: Ali Sasal Vural (Eskisehirspor), Harun Tekin (Bursaspor), Onur K?vrak (Trabzonspor), Volkan Babacan (Istanbul Basaksehir).

Bek: Gokhan Gonul (Fenerbahçe), , Ahmet Çalik (Gençlerbirligi), Caglar Soyuncu (Altsnordu), Hakan Balta (Galatasaray), Mehmet Topal (Fenerbahçe), Semih Kaya (Galatasaray), Serdar Aziz (Bursaspor), Caner Erkin (Fenerbahçe), Ismail Koyba?? (Besiktas).

Gelandang: Emre Mor (Nordsjælland), Gokhan Tore (Besiktas), Volkan (Fenerbahçe), Yasin Oztekin (Galatasaray), Hakan Çalhanogu (Bayer Leverkusen), Mahmut Tekdemir (Istanbul Bayaksehir), Nuri ?ahin (Borussia Dortmund), Oguzhan Özyakup (Besiktas), Ozan Tufan (Fenerbahçe), Selçuk (Galatasaray), Alper Potuk (Fenerbahçe), Arda Turan (Barcelona), Olcay (Besiktas).

Penyerang: Burak (Beijing Guoan), Cenk Tosun (Besiktas), Mevlut Erdinç (Guingamp), Yunus Malli (Mainz).

Polandia

Ini Dia 3 Tim Kuda Hitam Euro yang Layak Diperhitungkan di Euro 2016
Robert Lewandowski, Polandia

Polandia tengah berada dalam performa yang kurang maksimal dalam satu dekade terakhir. Mereka hanya tampil dalam dua turnamen besar dalam 10 tahun terakhir, termasuk tereliminasi dalam babak penyisihan grup Euro 2012 ketika mereka ditunjuk sebagai tuan rumah.

Namun lolos ke Euro 2016 kali ini dapat dibilang sebagai hal yang positif bagi mereka. Polandia finish di urutan kedua babak kualifikasi dan berhasil memperoleh kemenangan 2-0 atas juara Piala Dunia, Jerman. Mereka lolos ke Grup C bersama Jerman, Ukraina dan Polandia.

Penampilan mengesankan ditunjukkan oleh beberapa punggawa mereka seperti kiper Roma, Wojciech Szczesny, winger yang terkenal dengan kecepatannya, Jakub Blaszczykowski dan bek tangguh Lukasz Piszczek.

Meskipun demikian, sektor serangan lah yang merupakan ancaman terbesar bagi tim lawan. Pertama, mereka punya mesin gol Ajax, Arkadiusz Milik yang telah mencetak 21 gol di Eredivisie musim ini. Selain itu mereka memiliki bomber Bayern Munchen, Robert Lewandowski yang dianggap salah satu striker terbaik di dunia dengan torehan 30 gol di Bundesliga.

Jika dua pemain ini dapat membawa mereka ke Prancis, tidak ada alasan mengapa bagi Polandia untuk tidak melangkah lebih jauh ke perempat final.

Mereka akan melakoni laga persahabatan kontra Belanda pada 2 Juni jelang Euro mendatang.

Berikut merupakan skuad sementara Polandia untuk Euro 2016:

Kiper: Artur Boruc (AFC Bournemouth), Lukasz Fabianski (Swansea City), Wojciech Szczesny (AS Roma), Przemyslaw Tyton (Stuttgart)

Bek: Thiago Cionek (Palermo), Pawe? Dawidowicz (Benfica), Kamil Glik (Torino), Artur Jedrzejczyk (Legia Warszawa), Michal Pazdan (Legia Warszawa), Lukasz Piszczek (Borussia Dortmund), Maciej Rybus (Terek Grozny), Bartosz Salamon (Cagliari), Jakub Wawrzyniak (Lechia Gdansk)

Gelandang: Jakub Blaszczykowski (Fiorentina), Kamil Grosicki (Rennes), Tomasz Jodlowiec (Legia Warszawa), Bartosz Kapustka (Cracovia), Grzegorz Krychowiak (Sevilla), Karol Linetty (Lech Poznan), Krzysztof Maczynski (Wis?a Krakow), Slawomir Peszko (Lechia Gdansk), Filip Starzynski (Zaglebie Lubin), Pawel Wszolek (Verona), Piotr Zielinski (Empoli)

Penyerang: Robert Lewandowski (Bayern München), Arkadiusz Milik (Ajax Amsterdam), Artur Sobiech (Hannover), Mariusz Stepinski (Ruch Chorzow)

Jika tim kuda hitam seperti Yunani saja yang satu grup dengan Portugal, Rusia dan Spanyol di pentas Euro 2004 dapat lolos ke fase berikutnya dan bahkan bisa memenangkan Kejuaraan Euro, mengapa mereka tidak? Bravo Kuda Hitam Euro!

Rebutbola.com