Tidak Ada Perpanjangan Waktu di Copa America 2016

Tidak Ada Perpanjangan Waktu di Copa America 2016

414
0
SHARE
Copa America 2016
Copa America 2016

Peraturan Terbaru Dibabak Perempatfinal dan Semifinal Adalah Tidak Adanya Perpanjangan Waktu

Rebutbola –  Copa America edisi 2016 merupakan gelaran khusus untuk merayakan 100 tahun sejarah berdirinya turnamen tersebut, sehingga dinamakan Centenario.

Gelaran Copa kali ini juga semakin terasa spesial karena bukan hanya zona Conmebol saja yang mengikui ajang tersebut melainkan zona Concacaf pun diundang, bahkan USA yang berada di zona Concacaf dipercaya menjadi tuan rumah di edisi spesial kali ini.

Untuk memperingati edisi tersebut maka dibuatlah sejumlah peraturan baru dalam kompetisi kali ini.

Kemarin, kita sudah bahas peraturan tentang wasit boleh memberikan hadiah penalti jika melakukan protes yang berlebihan, dan saat ini ada regulasi baru terkait babak perpanjangan waktu.

Di Copa America 2016, Hina Wasit Siap-Siap Dapat PenaltiUntuk di babak perempatfinal dan semifinal babak perpanjangan waktu 2×15 menit akan dihapus, misalnya jika kedua klub bermain imbang sampai waktu 90 menit berakhir di babak perempatfinal dan semifinal, maka untuk menentukan pemenang langsung diadakan babak adu penalti.

Namun peraturan itu tidak berlaku untuk babak final, dibabak final peraturan perpanjangan waktu 2×15 menit kembali berlaku.

Alasan IFAB dan panitia Copa memberlakukan aturan baru ini adalah memberikan waktu istirahat kepada pemain yang lebih lama, apalagi cuaca di Amerika Serikat sendiri kali ini memasuki musim panas.

Selain aturan itu, panitia juga mengeluarkan aturan mengenai kartu kuning dimana setiap pemain yang mendapatkan dua kartu kuning di babak penyisihan grup dan perempatfinal, maka mereka dilarang bermain satu pertandingan.

Pemutihan akan dilakukan setelah perempatfinal. Pemain yang mendapatkan kartu merah di semifinal, maka ia tidak bermain di final.

Rebutbola.com