Direnovasi, GBK Ingin Tiru Queen Elizabeth Park

Direnovasi, GBK Ingin Tiru Queen Elizabeth Park

1182
0
SHARE
Direnovasi, GBK Ingin Tiru Queen Elizabeth Park
SUGBK Inside - photo

Jelang Asian Games 2018 GBK Mulai Lakukan Renovasi

RebutBola – Pemerintah Indonesia akan melakukan renovasi atas Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta menyambut event Indonesia sebagai tuan rumah pagelaran olah raga Asian Games pada 2018.

“Pada prinsipnya dari semua yang dilaporkan termasuk persiapan Asian Games baik di Jakabaring, DKI Jakarta, dan Jawa Barat siap sesuai dengan ‘schedule’ dan termasuk renovasi GBK karena GBK adalah cagar budaya atau ‘heritage’,” kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung ditemui usai Rapat Terbatas mengenai proses renovasi Gelora Bung Karno di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/5).

Presiden Joko Widodo dalam rapat tersebut meminta agar pagar yang terpasang di Senayan dicabut untuk menghilangkan sekat kawasan.

Pramono mengatakan Presiden menilai pagar tersebut membuat pergerakan masyarakat di GBK menjadi terhambat.

Saat kunjungan ke London, Inggris, dua minggu lalu, Presiden sempat melihat langsung Queen Elizabeth Park, tempat penyelenggaraan Olimpiade London tahun 2012.

“Saya melihat, saat ini, kawasan Olympic Park tersebut, setelah Olimpiade berakhir bukan hanya jadi pusat olahraga tapi telah menjadi area publik, public space bagi masyarakat London”, ujar Presiden seperti yang dikutip dalam rilis Biro Pers Kepresidenan.

“Untuk yang berkaitan dengan estetika dan kandungan dalam negeri untuk renovasi GBK, Presiden betul-betul menekankan dapat diperhatikan,” jelas Seskab.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Pupera) Basuki Hadimuljono mengatakan pemerintah akan memberikan perbaikan untuk memfasilitasi warga difabel yang menonton pertandingan dalam proyek yang menghabiskan dana sebesar Rp 1,5 Triliun.

GBK Outside
GBK Outside – photo

Menurut Basuki, bangunan GBK saat ini belum memperhatikan fasilitas untuk penyandang difabel dan lansia.

Menteri mengatakan sudah berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama untuk bisa merenovasi bangunan cagar budaya tersebut.

“Tapi tadi pak gubernur sudah sampaikan, ajukan saja IMBnya nanti kita bahas di tim ‘heritage’ untuk dapat kita setujui,” kata Basuki menjelaskan terkait koordinasi dengan pemerintah DKI Jakarta.

Pengosongan cabang olah raga Selain itu Basuki menjelaskan pada awal Juni 2016 pekerjaan akan dimulai dan direncanakan seluruh kawasan GBK sudah bisa direnovasi pada Juli atau Agustus 2017.

Pemerintah juga akan melakukan pengosongan kawasan GBK dari kantor-kantor cabang olahraga untuk melakukan pembenahan tersebut.

“Kecuali dari cabang olah raga angkat besi yang akan mengikuti ‘Olympic’ di Brazil nanti masih minta sampai Juni. Jadi yang lain sudah mulai dikosongkan,” kata Basuki.

RebutBola.com