Piala Eropa 2016 di Bulan Ramadhan Bagi Pemain Muslim

Piala Eropa 2016 di Bulan Ramadhan Bagi Pemain Muslim

2905
0
SHARE

Para Pemain Muslim di Piala Eropa 2016

RebutBola – Marhaban ya Ramadhan, pada awal bulan Juni ini bertepan dengan bulan suci bagi umat muslim diseluruh dunia. Tidak terkecuali dengan para pesepak bola profesional dibelahan bumi ini, pagelaran Piala Euro 2016 di Prancis bertepatan dengan bulan puasa.

Bagaimana para pemain muslim mempersiapkan diri mereka untuk menghadapi pegelaran kompetisi antar negara di benua biru di tengah-tengah bulan ramadhan ini. Apakah diantara mereka ada yang berpuasa atau tidak ? Ini dia kami akan rangkum beberapa pemain muslim yang berlaga di edisi Euro kali ini.

Mesut Ozil

Mesut Ozil
Mesut Ozil Berdoa Sebelum Bertanding – photo

Mesut Ozil, yang belum lama menunaikan ibadah haji mengaku bahwa dirinya tidak mungkin menjalankan ibadah puasa di tengah padatnya sesi latihan dan pertandingan di Prancis nanti.

“Cuaca terlalu hangat di musim panas dan kami memiliki sesi pelatihan dan pertandingan yang internsif. Oleh karena itu, saya tidak mungkin berpuasa,” ucap Oezil, seperti dilansir situs DFB saat wawancara dengan Express.

Hal ini juga sudah diperbolehkan oleh Dewan Pusat Muslim di Jerman, bahwa diperbolehkan tidak berpuasa dan menggantinya di hari lain bagi para pesepakbola profesional dan atlet profesional di Jerman.

Sami Khedira

Sami Khedira
Sami Khedira – photo

Sama dengan sang kompatriotnya di timnas Jerman. Sami Khedira memutuskan tidak akan menunaikan ibadah puasa pada tahun ini, gelandang yang sukses memberikan gelar Copa Italia dan Serie A bersama Juventus. Hal ini dilakukannya karena untuk menjaga kondisi fisiknya yang baru saja sembuh dari cedera betis yang didapat saat melawan AC Milan di final Copa Italia.

Marouane Fellaini

Maraoune Fellaini
Maraoune Fellaini – photo

Gelandang Manchester United ini adalah seorang muslim yang cukup taat menjalankan ibadah, tetapi pada tahun ini dirinya akan absen untuk menjalankan ibadah puasa dikarenakan dirinya harus membela Belgia untuk berlaga di Euro 2016.

Hal ini juga pernah dilakukan oleh gelandang berambut kribo ini pada Piala 2014 lalu di Brazil, akan tetapi Fellaini akan mengganti puasanya ini dengan membayar fidyah kepada fakir misikin.

Arda Turan

Arda Turan Berdoa Sebelum Masuk Lapangan
Arda Turan Berdoa Sebelum Masuk Lapangan – photo

Arda Turan bukanlah satu-satunya pemain timnas Turki yang beragama islam, namun kontribusinya yang besar bagi tim bulan sabit yang membuat kami akan sedikit membahasnya. Dikarenakan timnas Turki seluruhnya beragama islam bisa jadi gelandang Barcelona itu akan menjalankan ibadah puasa pada pagelaran Euro ini.

Hal ini pernah dilakukan oleh timnas Aljajair pada pagelaran Piala Dunia 2014 di Brazil. Seluruh pemain tim asal benua Afrika tersebut menjalankan ibadah puasa dan mampu lolos hingga ke babak perempat final.

Granit Xhaka & Xerdan Shaqiri

Xerdan Shaqiri (depan) & Granit Xhaka (belakang) - photo
Xerdan Shaqiri (depan) & Granit Xhaka (belakang) – photo

Dua rissing star timnas Swiss ini adalah senjata andalan negara yang terkenal dengan arloji nya ini pada pagelaran Euro 2016 ini. Pada bulan puasa kali ini, nampaknya kedua gelandang muda ini akan tidak menjalankan ibadah puasa seperti yang pernah mereka lakukan di Piala Dunia 2014 Brazil silam, selain itu juga pelatih Vladimir Petkovic tidak menganjurkan para pemainnya yang muslim untuk berpuasa agar tetap tampil maksimal pada kompetisi ini.

Paul Pogba

Paul Pogba
Paul Pogba Seusai Sholat Jumat di Dubai – photo

Gelandang yang nyetrik dengan rambut mowhacknya ini merupakan salah satu dari empat pemain Prancis yang beragama muslim pada pagelaran Euro kali ini. Playmaker yang bersinar bersma Juventus ini nampak akan mengikuti jejak rekan se timnya Sami Khedira untuk tidak berpuasa pada pagelaran ini. Dikarenakan ingin fokus pada kompetisi ini.

Sebelum terkenal Pogba sendiri pernah melakukan ibadah umroh ke tanah suci.