Kisah 5 Pesepakbola Muslim Taat Agama

Kisah 5 Pesepakbola Muslim Taat Agama

810
0
SHARE
Kisah 5 Pemain Bola Muslim Taat

Pesepakbola Muslim: Kisah Ribery, Ozil, Abidal dan 2 Pemain Lainnya Sebagai Seorang Muslim

Rebutbola Dalam menyambut bulan ramadhan yang penuh keberkahan ini, rebutbola berbagi sedikit kisah pengalaman pesepakbola muslim yang diharapkan bisa menambah keimanan kita sebagai penggemar sepakbola.

Franck Ribery

Franck Ribery, terkenal sebagai pesepakbola yang taat dalam menjalankan ibadahnya sebagai seorang muslim. Ia berusaha mungkin menjauhi berbagai hal yang dilarang oleh agamanya sendiri, salah satunya minum-minuman beralkohol. Pemain berkebangsaan Prancis ini sangat membenci alkohol.

Kisah 5 Pemain Bola Muslim Taat
Ribery disiram dengan Beer oleh Boateng

Hal ini dapat dilihat ketika Bayern Munchen tengah merayakan kemenangan pada tahun 2013 lalu. Rekan setimnya, Jerome Boateng menyiramnya dengan bir yang membuatnya tidak ingin berbicara lagi dengan Boateng. Saking bencinya dengan minuman yang mengandung alkohol, Ribery membuat sebuah kafe/bar dengan menyediakan minuman yang tidak mengandung alkohol atau non alkohol. Dan di bar yang berada di Perancis, itu ia beri nama “O” Shahiz yang merupakan gabungan dari nama kedua putrinya, Shahinez dan Hizya.

Selain itu, untuk menunjang aktivitas latihan dan ibadah selama di Alianz Arena, Ribery dengan dibantu oleh para fans yang beragama Islam, terutama dari negara Turki yang berjumlah hampir 200 ribu orang mengajukan usul membangun masjid agar dapat memudahkan ibadah pemain dan suporter yang beragama Islam. Usul itu pun diterima dan terdapat masjid di Allianz Arena untuk memudahkan masyarakat muslim beribadah.

Kolo Toure

Kisah 5 Pemain Bola Muslim Taat
Toure di sesi latihan Liverpool

Menjadi bintang di lapangan hijau tak membuat Kolo Toure silau. Mantan bek Manchester City itu tetap meluangkan waktu untuk membagi ilmu agamanya. Sebuah kepedulian yang patut di contoh setiap Muslim.

Karena itu, tidak heran bila libur jadwal latihan dan bertanding, pemain berkebangsaan Pantai Gading itu akan meluangkan waktu meluncur ke Kota London. Tujuannya tidak lain untuk mengajarkan Al-Quran kepada murid-muridnya yang beragama Islam di masjid London, yang berdekatan dengan Stadion Emirates, markas Arsenal, mantan klub Kolo Toure.

Siapa sangka di balik penampilan sangarnya di lapangan, Toure adalah sosok yang lembut dan penuh pengabdian terhadap Islam. Kendati begitu, Kolo tidak memungkiri ia sering bolong dalam menunaikan puasa Ramadhan ketika timnya bertanding. Latihan berat yang dijalani saat masih berseragam City, memaksa sang pemain membatalkan puasanya. Namun, ia selalu mengganti puasa Ramadhan di lain hari. “Itu adalah konsekuensi sebagai seorang Muslim,” tuturnya.

Zinedine Zidane

Kisah 5 Pemain Bola Muslim Taat
Zidane dalam konferensi pers sebagai pelatih Real Madrid

Zidane memiliki pengalaman spiritual ke Tanah Suci. Pemain Terbaik Dunia tiga kali tersebut termasuk muslim yang memiliki keimanan cukup mapan. Ketika divonis cedera otot dan harus mendapat perawatan dari tim medis, Zidane diperintahkan untuk istirahat demi masa pemulihan. Tapi bukannya malah berbaring dan mengikuti terapi kesehatan, waktu luang itu dimanfaatkannya untuk pergi haji.

Zidane melakukan ritual haji pada 29 Januari 2004, bersama istri dan anak-anaknya. Zidane dan keluarga mendarat di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, dan kemudian melanjutkan perjalanannya ke Madinah. Di sana ia disebutkan sempat melakukan ziarah ke makam Rasulullah SAW.

Mesut Ozil

Kisah 5 Pemain Bola Muslim Taat
Ozil terlihat berdoa sebelum laga dimulai

Salah satu pemain timnas Jerman yang beragama Islam adalah Mesut Ozil. Ia tidak meninggalkan kebiasaanya berdoa dan membaca Al-Quran sebelum turun ke lapangan. Sesibuk apapun ia selalu berusaha untuk membaca AlQur’an.

ebiasaan Ozil membaca Al-Quran pun diketahui oleh mantan rekan setimnya di Real Madrid, Cristiano ronaldo. Bahkan Ronaldo sering bertanya kepada Ozil beberapa kandungan surat-surat Al-Quran dan berusaha menghafalnya di waktu senggang. Pemain berusia 28 tahun itu mengaku damai dan hatinya menjadi tenteram bila mendengar Ozil sedang mengaji.

“Banyak yang tidak mempercayai bahwa saya mengagumi Al-Quran, tapi memang begitulah kenyataannya, setiap Ozil membaca Al-Quran, saya senantiasa merasa damai, dan hati saya pun menjadi tenang,” ungkap mantan kekasih Irina Shayk itu seperti dikutip dari harian Spanyol, Marca, Rabu (1/5/13).

Sebagai seorang Muslim, Mesut Ozil merasakan bulan Ramadhan saat ini memberikan banyak keberkahan tersendiri, karena dibulan Ramadhan tahun inilah pamornya makin berkibar dipentas sepakbola Eropa.

Eric Abidal

Kisah 5 Pesepakbola Muslim Taat
Abidal membaca Al-Quran di waktu senggangnya

Penggemar La Liga Spanyol pasti mengenal sosok Eric Abidal. Pemain ini adalah mantan punggawa Barcelona beragama muslim. Bek andal ini terkenal akan ibadahnya, membaca Al-Quran sebelum bertanding.

Di setiap sesi latihan klub sepakbola Barcelona, mantan pemain berkebangsaan Prancis ini sering terlihat membawa tas kecil, mungkin banyak yang mengira isi tasnya sama seperti teman-teman di klubnya: sepatu dan perlengkapannya yang menunjang untuk latihan. Sebenarnya yang ia bawa dan membedakan isi tas kecilnya dengan pemain bola lain adalah Alqur’an, yang sering dibaca di waktu-waktu senggangnya.

Rebutbola.com