Fakta Unik dan Catatan Menarik: Prancis vs Rumania

Fakta Unik dan Catatan Menarik: Prancis vs Rumania

474
0
SHARE
Fakta Unik dan Catatan Menarik Prancis vs Rumania
Paul Pogba dan Didier Deschamps di sesi latihan timnas Prancis

Prancis vs Rumania: Prancis Selalu Menjuarai Turnamen Internasional yang Dihelat di Negaranya

RebutbolaPrancis vs Rumania – Sebagai tuan rumah, Prancis akan mencoba peruntungan mereka dalam turnamen besar saat melakoni laga pembuka kontra Rumania di babak penyisihan Grup A Euro 2016, Sabtu (11/6) dini hari.

Selain dipastikan mendapatkan dukungan penuh dari fans yang hadir di Stade de France, Prancis juga mencatat raihan hasil uji coba yang positif. Mereka pastinya menyongsong laga ini dengan kepercayaan diri tinggi karena punya sejarah positif ketika ditunjuk sebagai tuan rumah dalam suatu turnamen internasional.

Sementara itu, Rumania tak kalah optimis dalam pentas Euro kali ini. Meskipun dalam lima laga uji coba hanya dua kali menang, dua kali kalah dan sekali imbang, mereka tak bisa diremehkan mengingat mereka tak terkalahkan dan hanya kebobolan dua gol di babak kualifikasi Euro 2016.

Fakta Unik dan Catatan Menarik Prancis vs Rumania
David Silva (Spanyol) vs Mihai Pintilii (Rumania) dalam laga persahabatan

Dilansir dari Eurosport dan BBC, berikut kami sajikan data dan fakta laga Prancis vs Rumania:

Prancis vs Rumania

  • Prancis tidak terkalahkan dalam delapan pertandingan kompetitif terakhir melawan Rumania (M3-S5).
  • Secara kesuluruhan, Prancis sudah menghadapi Rumania sebanyak 15 kali, dengan menang 7 kali, seri 5 kali, dan kalah 3 kali
  • Prancis tak terkalahkan dalam 10 pertandingan terakhir mereka melawan Rumania: M5-S5. Kekalahan terakhir mereka melawan Rumania pada 8 April 1972, skor berakhir 2-0 dalam pertandingan persahabatan di Bucharest.
  • Empat dari lima pertemuan terakhir antara Prancis dan Rumania berakhir imbang. Satu-satunya pengecualian adalah kemenangan 2-0 Prancis pada tanggal 9 Oktober 2010 di babak kualifikasi Euro 2012 di Stade de France.
  • Prancis hanya kalah sekali dari delapan pertandingan kandang mereka melawan Rumania (M5-S2). Kekalahan satu-satunya adalah di pertemuan pertama mereka di Prancis, di mana Rumania menang 2-1 di Parc des Princes dalam pertandingan persahabatan pada 22 Maret 1967.
  • Ini adalah ketiga kalinya Prancis dan Rumania bertemu di Kejuaraan Eropa. Pada tanggal 9 Juni 2008, mereka bermain imbang 0-0 dalam pertandingan penyisihan grup pertama. Kedua tim tidak melaju ke babak selanjutnya setelah finish di belakang Belanda dan Italia.
  • Tepat 20 tahun yang lalu, pada tanggal 10 Juni 1996, Prancis mengalahkan Rumania 1-0 lewat gol Christophe Dugarry. Pelatih Prancis saat ini, Didier Deschamps bermain 90 menit penuh dalam pertandingan itu. Prancis finish di urutan pertama Grup, sedangkan Rumania berada di urutan keempat.
  • Prancis paling banyak bertemu di Kejuaraan Eropa dengan Spanyol (4), sedangkan Rumania paling banyak bertemu di Kejuaraan Eropa dengan Prancis sebanyak 3 kali.

Prancis

  • Prancis selalu memenangkan turnamen internasional yang dihelat di negaranya sendiri, yaitu Euro 1984 dan Piala Dunia 1998.
  • Prancis hanya menang satu dari delapan pertandingan terakhir mereka di Kejuaraan Eropa (2-0 vs Ukraina pada tanggal 15 Juni 2012), seri dua dan kalah lima kali.
  • Mereka juga gagal mencetak gol dalam lima dari delapan laga terakhir mereka di Kejuaraan Eropa.
  • Ini kali keduanya bagi Didier Deschamps memimpin Prancis pada turnamen besar, setelah Piala Dunia 2014 (perempat finalis). Dia memegang ban kapten ketika Prancis menjuarai Euro pada tahun 2000.

Rumania

  • Rumania tersingkir di fase grup di turnamen terakhir yang dihelat di Prancis.
  • Satu-satunyanya kemenangan mereka dalam 13 laga di Kejuaraan Eropa adalah saat melawan Inggris pada bulan Juni 2000 (3-2).
  • Rumania hanya memperoleh satu kali clean sheet dalam 13 pertandingan terakhir mereka (0-0 vs Prancis pada bulan Juni 2008).
  • Mereka tidak pernah memenangkan pertandingan pembukaan mereka di Kejuaraan Eropa (S3, K1).
  • Anghel Iordanescu mengambil alih Rumania pada turnamen besar untuk keempat kalinya setelah Piala Dunia 1994, Euro 1996 dan Piala Dunia 1998. Kinerja terbaiknya saat mencapai perempat-final di Amerika Serikat 1994.
Rebutbola.com