Kemenangan Kontroversial Chili Atas Bolivia 2-1

Kemenangan Kontroversial Chili Atas Bolivia 2-1

241
0
SHARE

Penalti Kontroversial, Buat Bolivia Takluk Atas Chili 2-1

Rebutbola – Chili mampu menjaga asa peluang mereka ke perempatfinal usai taklukan Bolivia di babak kualifikasi grup D dengan skor tipis 2-1, Arturo Vidal kembali menjadi pahlawan juara bertahan Copa America tahun lalu lewat dua golnya ke gawang Bolivia.

Bertanding di Bertanding di Gillette Stadium, Foxborough, Massachusetts, Sabtu (11/6) pagi wib, Bolivia mampu mengejutkan Chili di menit ke enam, sayang Yasmani Duk yang mendapat umpan terobosan dinyatakan terperangkap offside.

Setelah itu Chili tampil terus menekan hingga peluang terbaik mereka di babak pertama datang di menit 39, sayang sepakan Alexis Sanchez masih mampu dihalau pemain Bolivia di bibir garis gawang, dan babak pertamapun berakhir dengan hasil imbang 0-0.

Di paruh kedua Chili bergerak cepat, dengan memaksimalkan kesalahan tim lawan, Mauricio Pinilla mampu memberikan umpan manis yang langsung disambar oleh Arturo Vidal untuk menjadi gol bagi Chili. Tertinggal 1-0, Bolivia memasukan nama Jhasmani Campos untuk menambah daya gedor dan hasilnya pun nyata, tiga menit usai masuk kelapanan, Campos mampu membuat pendukung Chili terdiam lewat sepakan tendangan bebas yang meluncur ke pojok gawang Claudio Bravo.

Usai menyamakan skor 1-1, Chili kembali mengambil alih pertandingan, gempuran demi gempuran yang dilesakan Alexis Sanchez dan kawan-kawan masih belum bisa menembus jala Carlos Lampe yang bermain cukup baik dalam pertandingan ini.

Ketika waktu memasuki babak injury time sebuah keputusan kontroversial diberikan oleh wasit yang memberikan hadiah penalti usai pemain Bolivia ditenggarai handball, keputusan wasit pun mendapat protes keras namun wasit tetap pada keputusannya.

Arturo Vidal yang maju sebagai eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan dengan sukses mempercundangi Lampe sehinggga skor berubah menjadi 2-1 dan menjadi skor akhir pada pertandingan tersebut.

Dengan kemenangan ini maka Chili masih menjaga peluang mereka untuk lolos ke perempat final dengan poin 3, dan Bolivia tersungkur didasar grup dengan poin 0. Sementara itu Argentina dan Panama sama-sama memiliki poin 3.

Chili sebenarnya mampu tampil dominan dalam pertandingan tadi, namun buruknya penyelesaian akhir menjadi pekerjaan rumah sendiri bagi sang pelatih. Bolivia dikatakan mungkin kurang beruntung terkait hadiah penalti yang diberikan kepada Chili, terlepas dari itu anak-anak Bolivia bermain sanat baik dan mampu membuat juara bertahan cukup frustasi untuk membongkar pertahanan mereka.

Susunan Pemain

Chili (4-4-3): Claudio Bravo, Gonzalo Jara, Eugenio Mena, Gary Medel, Jean Beausejour, Pablo Hernandez, Charles Aranguiz, Arturo Vidal, Fabian Orellana, Alexis Sanchez, Mauricio Pinilla

Pelatih : Juan Antonio Pizzi

Bolivia (5-4-1): Carlos Lampe, Mario Saavedra, Edward Zenteno, Ronald Eguino, Luis Gutierrez, Marvin Bejarano, Raul Castro, Alejandro Melean, Martin Smedberg-Dalence, Juan Carlos Arce, Yasmani Duk

Pelatih: Julio César Baldivieso

Rebutbola.com