Perancis 2-1 Rumania, Dimitri Payet Jadi Kunci Kemenangan

Perancis 2-1 Rumania, Dimitri Payet Jadi Kunci Kemenangan

157
0
SHARE

Gol Dimitri Payet Dimenit Akhir Pertandingan Buat Prancis Buka Kemenangan Dilaga Perdana

Rebutbola – Laga perdana pembukaan EURO 2016 antara tuan rumah Prancis vs Rumania dimenangkan oleh tuan rumah lewat skor tipis 2-1. Dimitri Payet keluar sebagai MOTM pada pertandingan kali ini lewat satu assist dan gol penentu kemenangan tim tuan rumah. Dengan kemenangan ini Prancis pun merangsek ke puncak klasemen sementara grup A dan Rumania sendiri berada diurutan terakhir, sementara itu pertandingan antara Albania vs Swiss sendiri baru akan digelar nanti malam pukul 20.00.

Jalannya pertandingan sendiri,  tuan rumah yang mengusung formasi 4-4-3 langsung sukses memberi tekanan kepada tim lawan, namun peluang pertama justru didapat Rumania pada menit ke empat. Berawal dari service tendangan sudut, Bogdan Stancu merangsek dari ruang kosong dan langsung menyambar bola, beruntung Hugo Lloris mampu menepis bola tersebut.

Setelah itu, Prancis tampak kembali tampil menekan dan hampir saja Antoine Griezmann menorehkan namanya dipapan skor andai bola yang ia sambar tidak menghantam tiang gawang. Pertandingan pun berjalan menarik tim tuan rumah terus menggempur pertahanan Rumania, namun kedisiplinan pemain Rumania cukup membuat pemain Prancis kebingungan, hingga babak pertama habis skor masih sama kuat 0-0.

Usai turun minum, Prancis kembali melancarkan tekanan melalui umpan-umpan Dimitri Payet dan Olivier Giroud. Dan benar saja dimenit 57 melalui umpan Dimitri Payet, Olivier Giroud dengan tenang menyambar bola itu dengan sundulan ke arah gawang kosong setelah kiper Rumania salah memperhitungkan arah bola.

Usai gol pertama, Rumania pun tampil balik menekan melalui sisi kiri pertahanan Prancis, dan hasilnya di menit-64 Rumania mendapat hadiah penalti usai Stancu dijatuhkan diareal penalti oleh Patrice Evra, dan ia juga yang bertindak menjadi eksekutor. Dengan tenang Stancu merobek jala Lloris yang gagal membaca arah bola.

Skor 1-1 pun nampaknya akan menjadi hasil akhir, namun beruntung Prancis memiliki pemain serba bisa Dimitri Payet, 1 menit sebelum waktu normal berakhir sebuah tendangan keras yang ia lesakkan dari luar kotak penalti tak mampu dihadang oleh kiper Rumania dan membuat skor berubah menjadi 2-1 untuk tuan rumah.

Hingga babak perpanjangan waktu tidak ada gol tercipta dan Prancis pun resmi menyegel kemenangan perdana di grup A atas Rumania dengan skor akhir 2-1.

Formasi yang diusung Didier Deschamps 4-4-3 mampu dikonversi baik oleh anak-anak les bleus, buktinya mereka mampu menekan lawan disepanjang pertandingan, namun Deschamps juga harus memikirkan sisi kiri pertahanan yang sangat mudah dieksploitasi dalam laga tadi.

Susunan Pemain

Prancis (4-4-3): 1. Hugo Lloris; 19. Bacary Sagna, 4. Adil Rami, 21. Laurent Koscielny, 3. Patrice Evra; 15. Paul Pogba, 5. N’Golo Kante, 14. Blaise Matuidi; 7. Antoine Griezmann, 9. Olivier Giroud, 8. Dimitri Payet.

Pelatih : Didier Deschamps

Rumania (4-4-3): 12. Ciprian Tatarusanu; 22. Cristian Sapunaru, 6. Vlad Chiriches, 21. Dragos Grigore, 3. Razvan Rat; 10. Nicolae Stanciu, 5. Ovidiu Hoban, 8. Mihai Pintilii; 20. Adrian Popa, 14. Florin Andone, 19. Bogdan Stancu.

Pelatih: Anghel Iordanescu

Rebutbola.com