Amerika Serikat 1-0 Paraguay, Tuan Rumah Melaju ke Fase Gugur

Amerika Serikat 1-0 Paraguay, Tuan Rumah Melaju ke Fase Gugur

78
0
SHARE

Dempsey Bawa Negeri Paman Sam Lolos dari Fase Grup

Rebutbola – Amerika Serikat kokoh di puncak klasemen (6) Grup A Copa America 2016 setelah mampu mengalahkan Paraguay dengan skor akhir 1-0, di Lincoln Financial Field, Philadelphia. Dengan hasil ini, Amerika Serikat berhasil lolos ke fase gugur bersama Kolombia (6) di peringkat kedua. Sementara Paraguay (1) harus angkat kaki dari turnamen ini bersama dengan Kostarika (4) di peringkat ketiga.

Amerika Serikat mencoba mendominasi pertandingan sejak awal babak pertama. Namun, Paraguay pun tak mau kalah dengan mengandalkan serangan balik. Jual beli serangan pun terjadi di menit-menit awal laga.

Sebuah kesempatan didapat tuan rumah melalui tendangan bebas menyusul handball Da Silva saat berusaha menghentikan pergerakan Clint Dempsey. Dempsey yang bertindak sebagai algojo tendangan bebas mampu menempatkan bola dengan baik ke sudut gawang lawan. Namun belum berbuah gol karena bola masih dapat diselamatkan oleh kiper Paraguay.

Usaha demi usaha dilakukan AS untuk membuka keunggulan. Pada puncaknya, sepakan terarah Dempsey setelah menerima umpan matang Gyasi Zardes tak mampu dibendung oleh penjaga gawang Justo Villar. Bola pun melesat deras ke gawang tim tamu. Skor 1-0 untuk keunggulan Amerika hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, laga berjalan cukup keras. Bek Amerika, De Andre Yedlin terpaksa keluar dari lapangan setelah menerima kartu kuning dua kali. Pertama karena melanggar Almiron, dan semenit kemudian saat menjatuhkan Samudio.

Unggul jumlah pemain membuat tim asuhan Ramon Diaz memanfaat kesempatan dengan memborbardir pertahanan AS. Peluang emas didapatkan oleh Almiron dkk ketika Benitez melepaskan tendangan akurat ke gawang AS. Namun penyelamatan gemilang Brad Guzan membuat sang tamu gagal menyamakan kedudukan.

Hingga peluait panjang dibunyikan skor bertahan 1-0 untuk keunggulan AS.

Unggul jumlah pemain di babak kedua sebenarnya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Paraguay. Namun rapatnya barisan pertahanan tuan rumah membuat mereka harus pulang lebih awal karena tidak mampu menyamakan atau membalikkan kedudukan.

Susunan Pemain

Amerika Serikat: Brad Guzan, Fabian Johnson, John Brooks, Geoff Cameron, DeAndre Yedlin, Alejandro Bedoya, Michael Bradley, Jermaine Jones, Bobby Wood, Clint Dempsey, Gyasi Zardes

Paraguay: Justo Villar, Gustavo Gomez, Paulo Da Silva, Miguel Samudio, Miguel Almiron, Fabian Balbuena, Victor Ayala, Celso Ortiz, Dario Lezcano, Dario Lezcano, Arnaldo Sanabria

Rebutbola.com