Inggris 1-1 Rusia, Mitos Laga Pembuka The Three Lions Berlanjut

Inggris 1-1 Rusia, Mitos Laga Pembuka The Three Lions Berlanjut

114
0
SHARE

Berezutski Perpanjang Rekor Buruk The Three Lions di Laga Pembuka

Rebutbola – Inggris dan Rusia harus puas berbagi angka setelah keduat tim meraih hasil imbang pada laga pertama Grup B Euro 2016, Minggu (12/6), di Velodrome. Dengan hasil ini, The Three Lions dan Rusia berada di posisi kedua dan ketiga Grup B dengan poin yang sama (1), sedangkan Wales (3) bercokol di puncak grup setelah menang 2-1 atas Slowakia (0).

Di awal laga, Inggris cukup mendominasi jalannya pertandingan. Mereka hampir saja berhasil unggul andai saja tendangan keras Adam Lallana pada menit ke-6 tidak mampu dihalau kiper Igor Akinfeev. Berawal dari umpan matang Sterling di kotak penalti, Lallana mengontrol bola dan langsung melesakkan sepakan keras ke gawang lawan. Namun kiper Slowakia cukup tangguh untuk mementahkan sepakan sang pemain.

Inggris terus menebar teror lewat beberapa kali percobaan. Salah satunya sepakan Harry Kane di luar kotak penalti yang melambung tinggi. Akhirnya di menit ke-27 Kane mampu membobol gawang Akinfeev setelah menerima umpan dari Dele Alli. Sayangnya, gol tersebut harus dianulir wasit karena striker Tottenham itu terlebih dahulu berada pada posisi off side.

The Three Lions terus menerus memborbardir lini pertahanan Rusia. Namun tak satu pun usaha mereka yang berbuah gol. Skor kacamata hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Rusia memulai laga dengan cukup baik. Inggris cukup ketar-ketir di menit-menit awal babak kedua. Pada menit ke-58, Eric Dier nyaris mencetak gol bonuh diri. Bek muda Spurs itu coba menghalau sepak pojok Rusia namun tandukannya malah mengarah ke gawang. Beruntung, Joe Hart dengan sigap berhasil menepis bola.

Rusia mulai berani meladeni permainan agresif Inggris. Tim Beruang Merah beberapa kali sanggup merepotkan Tim Tiga Singa. Fyodor Smolov hampir memberikan keunggulan bagi timnya. Sayang, tembakan keras yang ia lepaskan dari depan kotak penalti masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Hart.

Jual beli serangan dilakukan oleh kedua tim. Dan akhirnya tim asuhan Roy Hodgson membuka keunggulan. Berawal freekick akibat dari dijatuhkannya Wayne Rooney oleh Giorgi Schennikov di depan areal penalti Rusia. Dier sebagai algojo tendangan bebas berhasil melesakkan bola ke arah sisi kiri gawang Rusia. Bola meluncur deras tanpa bisa dihentikan Akinfeev. Sebuah gol cantik dari sang bek muda. 1-0 untuk keunggulan Inggris.

Unggul satu gol tidak membuat Inggris menurunkan tensi serangannya. Berulang kali mereka mengancam gawang Rusia. Hingga menit ke-90, mereka masih unggul atas lawannya. Nampaknya Rooney dkk akan mengakhiri laga dengan kemenangan. Namun malang bagi mereka. Di menit-menit waktu tambahan, Rusia akhirnya mampu menyamakan kedudukan. Tandukan kencang Vasili Berezutski berhasil mengoyak jala Inggris. Hart hanya bisa terpana melihat bola menerjang gawangnya. Kelengahan The Three Lions di penghujung laga harus dibayar mahal. Peluit panjang pun berbunyi. Skor berakhir imbang 1-1.

Inggris secara kesuluruhan sebenarnya mendominasi laga kali ini. Namun kurangnya penyelesaian akhir yang baik dan lengahnya mereka di akhir laga membuat tim asuhan Roy Hodgson harus puas berbagi angka.

Hasil ini juga membuat The Three Lions melanjutkan rekor buruk mereka yang tak pernah menang di laga pembuka Kejuaraan Eropa.

Susunan pemain Inggris vs Rusia:

Inggris (4-3-3): Joe Hart, Kyle Walker, Chris Smalling, Gary Cahill, Danny Rose, Eric Dier, Dele Alli, Wayne Rooney (Jack Wilshere 80′), Sterling (James Milner 88′), Adam Lallana, Harry Kane

Rusia (4-2-3-1): Igor Akinfeev, Igor Smolnikov, Vitali Berezutsky, Sergei Ignashevich, Georgi Schennikov; Roman Neustadter (Denis Glushakov 82′), Aleksandr Golovin (Roman Sikorov 78′); Aleksandr Kokorin, Oleg Shatov, Fyodor Smolov (Pavel Mamayev 87′); Artem Dzyuba

(yud)

Rebutbola.com