Hadapi Belgia, Timnas Italia Diantara 3-5-2 dan 4-3-3

Hadapi Belgia, Timnas Italia Diantara 3-5-2 dan 4-3-3

187
0
SHARE
Hadapi Belgia, Timnas Italia Diantara 3-5-2 dan 4-3-3
Hadapi Belgia, Timnas Italia Diantara 3-5-2 dan 4-3-3

Jelang Laga Kontra Belgia, Timnas Italia Belum Temukan Formasi yang Cocok

Rebutbola – Laga Belgia vs Italia, akan menjadi pembuka dari serangkaian pertandingan di Grup E, yang merupakan Group of Deat pada pagelaran Euro 2016 Prancis kali ini. Stade de Lyon akan menjadi saksi partai panas ini yang akan dilangsungkan pada (13/06) pukul 02.00 WIB dini hari.

Jelang duel berat nanti, kami akan membahas tentang formasi yang akan digunakan Antonio Conte untuk anak asuhnya dipertandingan pada Selasa dini hari nanti. Pasalnya mantan arsitek Juventus ini, pada beberapa laga kualifikasi Euro dan partai persahabatan sebelum mentas di Prancis, selalu menggunakan formasi yang berbeda-beda.

Dalam laga terakhir sebelum berangkat ke Prancis. Tim negeri pizza itu kembali menggunakan pakem formasi lama mereka 3-5-2 dan berhasil merebut kemenangan 2-0 atas timnas Finlandia, namun perlu dicatat, Finlandia bukanlah negara superior dalam kancah dunia sepak bola dan berbeda jauh jika dibandingkan oleh timnas Italia yang sudah menjuarai Piala Dunia sebanyak empat kali.

Selebrasi Gol Mario Gotze saat Kalahkan Italia 4-1

Jika 3-5-2 itu sukses dengan tim yang berbeda level, nah justru hasil berbeda 180 derajat didapat oleh Conte. Gli Azzuri hancur lebur dibantai timnas Jerman 4-1, kekalahan ini adalah kekalahan pertama kali timnas Italia atas Der Panzer sejak pertama kali bertemu.

Pada kedua laga tersebut terdapat hal yang menarik untuk dibahas yaitu, Antonio Conte selalu merubah formasi tiga bek tersebut menjadi formasi dengan 4-3-3.

Pelatih yang musim depan akan menangani Chelsea ini selalu melakukan evolusi formasi pada laga berlangsung. Hal ini bisa menjadi bumerang bagi Conte bila tidak cermat. Terbukti saat dibantai Jerman, para pemain timnas Italia seakan tidak padu saat mereka merubah taktik dibabak kedua, mereka harus merasakan tambahan 2 gol.

Banyak pemain Italia yang belum terbiasa dengan formasi offensive ini, dikarenakan sangat sedikit tim di Liga Italia yang menggunakan formasi tersebut. Sementara tidak lebih dari setengah punggawa tim Azzuri bermain dikompetisi lokal. Sang juara bertahan Serie A, Juventus saja menggunakan formasi 3-5-2.

Menurut kami formasi 3-5-2 adalah pakem yang cocok pada laga menghadapi Belgia nanti. Hal ini dikarenakan timnas Italia sangat kekurangan gelandang berkualitas untuk bertarung bila menggunakan 4-3-3. Pada skuat tim negeri pizza tidak ada Claudio Marchsio, Marco Veratti, dan Andrea Pirlo, yang bisa mengakomodir lapangan tengah dengan baik.

Rebutbola.com