Mengintip Kekuatan Timnas Italia

Mengintip Kekuatan Timnas Italia

483
0
SHARE
Mengintip Kekuatan Timnas Italia

Seberapa Besar Kekuatan Italia di Euro 2016?

Rebutbola – Italia berada di Grup E bersama Belgia, Irlandia dan Swedia dalam pentas Euro 2016 Prancis ini. Tim asuhan Antonio Conte masuk dalam jajaran tim favorit di pesta sepakbola akbar negara-negara Eropa kali ini.

Sejak babak kualifikasi, Italia sudah menunjukkan kelasnya sebagai tim elit. Tergabung di Grup H, Gli Azzurri berhasil memuncaki klasemen dengan total 24 poin dari 10 laga. Italia mengungguli Kroasia, Norwegia, Bulgaria, Azerbaijan dan Malta.

Di bawah asuhan Antonio Conte, Italia berambisi membawa pulang mahkota Euro tahun ini yang terakhir kali diraih pada 1968 silam dan di Euro terakhir pada 2012 kemarin, Italia hanya menempati posisi runner-up setelah di partai final dikalahkan Spanyol.

Ada 23 nama pemain yang dibawa Conte ke Prancis, sejumlah nama memang telah menjadi langganan timnas, meski nama gelandang Andrea Pirlo kini tidak ikut serta.

Rebutbola akan mengulas seberapa besar armada Gli Azzuri dalam ajang empat tahunan benua Eropa ini.

Gianluigi Buffon - photo
Gianluigi Buffon – photo

Kiper

Pada posisi ini ditempati oleh posisi sang kapten, Gianlugi Buffon. Walaupun usianya sudah menginjak 38 tahun, tetapi tempat kiper Juventus masih tidak tergantikan, justru diumur tuanya ini Buffon sedang berada dipuncak performanya.

Ada nama-nama seperti Salvatore Sirigu (PSG) dan Federico Marchetti (Lazio) yang akan menjadi cadangan Buffon.

Sebenarnya masih tersisa satu kiper muda AC Milan yang menyita pehatian musim ini, yaitu Gianluigi Donnarumma. Kiper ini bisa menjadi pilihan lain untuk dimasukkan dalam skuat final Italia. Namun, Conte tampaknya belum mau memasukkan nama Donnarumma sebelum kiper muda tersebut memperkuat timnas Italia U-21 lebih dulu untuk memperbanyak pengalaman.

Bek

Andrea Barzagli (Juventus), Leonardo Bonucci (Juventus), Giorgio Chiellini (Juventus), Matteo Darmian (Manchester United), Mattia De Sciglio (AC Milan), Angelo Ogbonna (West Ham) dipercaya mampu mengamankan lini pertahanan.

Conte benar-benar mengagumi kerja keras, kualitas dan fleksibilitas bek tangguh tersebut untuk menjaga lini pertahanan Italia, terutama pada trio milik Juvntus.

Gelandang

Di lini tengah, Conte akan sempat pusing menentukan pilihan. Pasalnya cederanya Marco Veratti (PSG) dan Claudio Marchisio (Juventus) membuat pelatih 47 tahun itu harus mencari pennganti yang sepadan. Pelatih yang sukses membawa Juventus juara Serie A sebanyak tiga kali itu juga tidak membawa Andrea Pirlo (New York FC).

Nama-nama seperti Antonio Candreva, Stephan El Shaarawy dan Alessandro Florenzi juga masuk dalam skuat.

Kemampuan Candreva yang juga bisa bermain di lini tengah serta Florenzi yang bisa dimainkan di posisi bek membuat Conte mempunyai banyak pilihan. Sementara Daniele de Rossi akan menjadi komando dilini tengah.

Penyerang

Graziano Pelle dan Eder mungkin akan menjadi nama yang sudah dipastikan jadi pilihan utama, namun nama-nama lain seperti Ciro Immobile (Torino) dan Simone Zaza (Juventus) dirasa mampu melapisi lini depan Azzuri.

Sementara nama lain, Lorenzo Insigne (Napoli) akan dikhususkan sebagai super sub.

Rebutbola.com