Lima Partai Final Tak Terlupakan di Kompetisi EURO

Lima Partai Final Tak Terlupakan di Kompetisi EURO

397
0
SHARE
Hitung-Hitungan Tim yang akan Lolos 16 Besar EURO
Trophy EURO

Mulai dari Gol di Menit Akhir Sampai Adu Penalti Menjadi Bagian dari Partai Final Tak Terlupakan

Rebutbola –Sebuah partai penentu siapa jawara yang sesungguhnya selalu menjadi laga yang paling ditunggu oleh semua pecinta sepakbola, pastinya kedua tim yang akan bertanding di partai tersebut akan tampil habis-habisan demi titel menjadi seorang juara.

Begitu pula yang terjadi dengan beberapa partai final di ajang EURO CUP, banyak hal-hal yang tak terduga dapat terjadi di final, mulai dari banyaknya jumlah gol yang tercipta, gol dimenit-menit krusial, hingga sampai berlanjut kebabak adu penalti.

Lima Partai Final Tak Terlupakan di EURO CUP
Prancis menjadi Juara EURO 2000

Nah Rebuters, kami sudah merangkum lima partai final tak terlupakan dari ajang EURO CUP, dilansir dari berbagai sumber :

  • Final EURO 1960 Prancis, Uni Soviet vs Yugoslavia

Ini adalah gelaran pertama piala Eropa yang hanya berisikan empat tim yaitu Prancis, Yugoslavia, Uni Soviet, dan Republik Ceko. Stadion Parc Des Princes menjadi saksi bisu kemenangan Uni Soviet usai mengalahkan Yugoslavia lewat skor 2-1.

  • Final EURO 1976 Yugoslavia, Jerman Barat vs Republik Ceko

Republik Ceko yang diplot sebagai kuda hitam mampu membenamkan juara bertahan Jerman barat dalam adu penalti, yang menjadi partai final ini amat dikenang adalah sistem adu penalti yang pertama kali baru diperkenalkan, dan bukan itu saja muncul istilah tendangan Panenka yang diciptakan oleh pemain Ceko, Antonio Panenka kala berhasil menjadi pahlawan lewat gol penentu kemenangan dibabak adu penalti.

  • Final EURO 1996 Inggris, Jerman vs Republik Ceko

Ini menjadi EURO pertama dengan format 16 tim dan dimana sistem golden goal diterapkan, dan yang keluar menjadi pemenang adalah Jerman yang berhasil mengandaskan perlawanan Republik Ceko. Jerman yang tertinggal terlebih dahulu mampu comeback lewat dua gol dari Olivier Bierhoff yang menjadikan gelar piala Eropa ketiga bagi timnas Jerman.

  • Final EURO 2000 Belanda-Belgia, Prancis vs Italia

Berlangsung di Stadion De Kuip, Rotterdam Belanda, Prancis yang berlabel sebagai juara dunia 1998 berambisi untuk mendapatkan gelar raja Eropa. Namun di final mereka bertemu tim kuat Italia yang diisi oleh deretan para bintang Serie A, apalagi Gli Azzurri kala itu dilatih oleh Dino Zoff yang terkenal dengan formasi Cattenacio 3-5-2. Jalannya pertandingan sungguh terasa membosankan hingga sampai akhirnya di menit 80, Marco Delvecchio mencetak gol untuk italia. Dan mulai dari sinilah drama itu terjadi, hanya tinggal menunggu peluit wasit berbunyi, Italia akan merengkuh kemenangan namun sayang Sylvain Wiltrod menjadi petaka Italia lewat gol penyeimbang, hingga pertandingan pun berlanjut ke babak perpanjangan waktu. Benar saja Prancis pun berhasil membalikan keadaan sekaligus keluar sebagai pemenang setelah David Trezeguet mencetak Golden Goal di babak perpanjangan waktu.

  • Final EURO 2004 Portugal, Portugal vs Yunani

Mungkin partai final ini diibaratkan seperti dongeng bajak laut yang menemukan harta karun yang harus berhadapan dengan para monster. Yunani, tim yang tak pernah diperhitungkan untuk menjadi juara mampu mengejutkan Eropa setelah mengandaskan tuan rumah Portugal dengan skor tipis 0-1 melalui gol Angelos Charisteas. Jelas kemenangan itu menjadi hal yang menyakitkan bagi tuan rumah yang gagal mempersembahkan gelar juara dirumah sendiri.

Rebutbola.com