Deretan Suporter Anarkis dalam Sejarah EURO

Deretan Suporter Anarkis dalam Sejarah EURO

487
0
SHARE
Deretan Suporter Anarkis dalam Sejarah EURO
Kerusuhan fans dalam sejarah EURO

3 Suporter Negara Ini Pernah Melakukan Tindakan Anarkis Di EURO

Rebutbola – Sepakbola memang tak lepas dari yang namanya Suporter, aksi-aksi mereka dalam mendukung tim kesayangannya tak jarang membuat semangat para pemain terbakar.

Namun, aksi fanatik yang ditunjukan beberapa suporter kerap berubah menjadi dukungan yang berlebihan, bahkan menjadi alasan utama penyebab kerusuhan. Bukan hal yang mengherankan memang, tak hanya di kompetisi lokal Indonesia, di ajang bergengsi sekelas EURO pun ternyata ada fans yang seperti itu.

Berikut 3 negara dengan fans Anarkis di gelaran EURO

Rusia

Deretan Suporter Anarkis dalam Sejarah EURO
Rusia

Rusia menjadi Timnas dengan suporter anarkis. Masih melekat di benak kita saat fans garis keras Inggris dan Rusia bentrok di Kota Marseille. Ternyata hal tersebut bukanlah kali pertama mereka melakukan aksii anarkis.

Pada gelaran EURO 2012, fans ini juga melakukan keributan yang sama dengan fans tim lain. Kala itu, Polandia yang mejadi sasaran mereka.

Akibat ulah mereka, Federasi Sepak bola Polandia dan Rusia harus membayar denda €30 ribu (Rp356,6 juta) terkait kerusuhan yang ditimbulkan kedua pendukung mereka di Euro 2012.

Sanksi tersebut dijatuhkan badan sepak bola tertinggi Eropa (UEFA) menyusul terjadinya keributan di Euro 2012 saat partai antara Polandia melawan Rusia, Rabu (13/6).

Inggris 

Suporter-Inggris-Kembali-Buat-Kerusuhan-di-Perancis
Suporrter Inggris saat bentrok dengan Rusia

 

Inggris menjadi tim kedua yang berstatus paling anarkis., menyusul insiden fans mereka di gelaran EURO tahun ini. Pada saat itu, Hooligans menyulut keributan di pusat kota Marseille, mabuk-mabukan dan berkoar tanpa tau maksud dan tujuan mereka.

Deretan Suporter  Anarkis dalam Sejarah EURO
Suporter Inggris Kerusuhan hari ketiga

Hal tersebut sontak mengganggu para suporter yang beristirahat disekitaran lokasi keributan. Akhirnya kerusuhan tak bisa terhindarkan.

Tak hanya berlangsung sehari, kerusuhan tahun ini bahkan memakan waktu hingga tiga hari berturut-turut. Hal itu membuat UEFA memberikan ultimatum keras kepada tim nasional Inggris. Rooney dkk terancam didepak dari ajang ini jika para suporter mereka kembali berulah.

Polandia

Kerusuhan Fans Polandia
Kerusuhan Fans Polandia

Sama halnya dengan Rusia, fans Polandia Nampak senang jika bermasalah dengan suporter lawan. Tercatat sudah dua kali mereka berbuat kerusuhan di ajang EURO ini.

Pada gelaran EURO 2008, Polandia terlibat baku hantam dengan fans garis keras Jerman. sejumlah suporter Jerman terlihat mabuk di jalan-jalan Klagenfurt. Sebagian dari mereka mulai mengejek dan memancing keributan dengan suporter Polandia. Kedua suporter saling melempar plastik berisi bir.

Tahun berikutnya, 2012 Fans ini kembali berulah. Musuhnya adalah Rusia. Insiden ini lebih buruk dari insiden tahun sebelumnye bersama fans jerman. Dan menyebabkan federasi sepak bola Polandia mendapatkan sanksi €30 ribu (Rp356,6 juta)

Rebutbola.com